Sponsors Link

7 Obat Untuk Penyakit Ginjal Polikistik

Sponsors Link

Penyakit ginjal polikistik bisa menyebabkan banyak kista yang tubuh di bagian organ ginjal dan kista tersebut terisi dengan cairan. Apabila jumlah kista terlalu banyak dan tumbuh terlalu besar, maka bisa menyebabkan ginjal rusak. Penyakit kista ginjal polikistik akan secara perlahan bisa menggantikan sebagian besar ginjal, mengurangi fungsi ginjal serta bisa menyebabkan gagal ginjal bahkan menjadi penyebab utama keempat dari gagal ginjal. Jika memang anda atau orang terdekat anda mengalami gangguan ginjal ini, maka beberapa obat untuk penyakit ginjal polikistik dari dokter atau alami berikut mungkin bisa digunakan.

1. Skleroterapi

Obat untuk penyakit ginjal polikistik pertama yang bisa dilakukan adalah skleroterapi. Skleroterapi ini dilakukan dengan cara drainase atau mengalirkan isi dari kista. Pasien akan diberikan anestesi lokal supaya tidak merasa sakit dan dokter akan memasukkan jarum berukuran tipis ke dalam kista ginjal lewat kulit memakai ultrasound sebagai panduan serta mengalirkan semua cairan yang ada di dalam kista tersebut.

Selain itu, dokter terkadang juga akan mengisi kista dengan larutan alkohol khusus sesudahnya untuk mencegah pertumbuhan kista kembali. Pasien kemudian sudah bisa pulang pada hari yang sama sesudah tindakan selesai dilakukan.

2. Operasi

Kista yang berukuran lebih besar serta bisa mempengaruhi fungsi ginjal harus dihilangkan dengan prosedur pembedahan. Pasien akan diberikan anestesi umum lalu dokter bedah akan mengangkat kista ginjal kanan atau kiri lewat operasi laparoskopi dengan membuat beberapa buah sayatan kecil.

Dengan laparoskopi tersebut, maka dokter bisa melakukan operasi memakai kamera serta instrumen kecil. Dokter akan melakukan drainase pada kista lalu dinding kista akan dipotong atau dibakar. Pasien nantinya harus tinggal di rumah sakit selama 1 hingga 2 hari sesudah pembedahan dilakukan.

3. Diet Rendah Sodium

Diet rendah sodium bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit ginjal polikistik. Ginjal memegang peran penting untuk menghilangkan cairan dari dalam tubuh. Pada saat anda mengkonsumsi natrium berlebihan, maka tubuh akan mulai menahan cairan yang kemudian menambah tekanan pada bagian organ ginjal.

Untuk itu, hindari makanan yang banyak mengandung sodium seperti makanan kaleng, makanan laut, garam dan juga daging yang diawetkan.

4. Diet Rendah Lemak dan Tinggi Serat

Diet rendah lemak dan tinggi serat juga bisa dilakukan untuk pengobatan penyakit ginjal polikistik. Gaya makan ini bisa mengurangi tekanan darah, berdampak pada fungsi ginjal dan juga bisa meminimalisir terjadinya komplikasi yang terkait dengan penyakit ginjal polikistik.

Selain itu, kurangi juga asupan protein karena bisa membebani ginjal dan membuat ginjal bekerja semakin keras. Makanan tinggi protein yang harus dihindari diantaranya adalah ayam, telur, ikan, daging, krim dan juga keju.

5. Minum Air Cukup

Minum air dalam jumlah cukup bisa membantu untuk mengobati penyakit ginjal polikistik. Ada banyak manfaat air minum seperti salah satunya untuk masalah ginjal ini. Minuman pembersih ginjal ini akan memungkinkan ginjal melakukan tugasnya dengan baik dan disarankan untuk minum sebanyak 4 liter air setiap hari. Jumlah air minum ini akan menghasilkan sekitar 1.5 liter urine untuk membuang racun dari dalam tubuh.

Jika anda ingin minum cairan lain, maka pertimbangkan untuk minum jus cranberry yang sudah terbukti bisa mengatasi berbagai masalah ginjal serta kemih.

6. Minum Teh Herbal

Teh herbal sangat bagus untuk mengatasi penyakit ginjal polikistik dan juga untuk tubuh secara menyeluruh. Minuman yang baik untuk ginjal yang bisa anda minum diantaranya adalah teh peterseli, chamomile dan marshmallow sebanyak 2 cangkir setiap hari.

7. Minyak Biji Rami

Minyak biji rami yang dikonsumsi setiap hari yang dikombinasikan dengan diet buah buahan dan sayuran juga sudah terbukti bisa mengobati penyakit ginjal polikistik. Pastikan juga anda mengkonsumsi minyak biji rami dan sekitar 9 porsi berbagai sayuran dan buah per hari dalam diet anda.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan