Sponsors Link

5 Obat Untuk Infeksi Ginjal di Apotik yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Seluruh organ yang ada di dalam tubuh memiliki fungsi dan tugas masing masing. Bahkan setiap organ yang ada di dalam tubuh bisa dikatakan istimewa karena satu sama lain memiliki fungsi yang berbeda dan saling mempengaruhi. Dalam artian, jika satu organ terkena penyakit, maka yang lain akan terkena dampaknya pula.

ads

Salah satu organ yang harus selalu dijaga kesehatannya adalah ginjal. Seperti yang diketahui, penyakit ginjal bisa datang dengan mudah tetapi sulit untuk disembuhkan. Datangnya penyakit ini kadang tidak disadari, sehingga ketika diperiksakan ke dokter ternyata kondisinya sudah sangat parah. Jika kondisi ginjal terganggu, maka sudah pasti kesehatan organ lain juga ikut terganggu.

Di antara banyaknya penyakit yang bisa menyerang ginjal, infeksi ginjal adalah satu yang harus diwaspadai. Penyebab infeksi ginjal yang paling utama adalah bakteri jahat yang tumbuh dan berkembang di dalam ginjal. Bakteri ini biasanya berasal dari infeksi saluran kemih yang sering terjadi.

Parahnya lagi, infeksi ginjal bisa terjadi pada siapa saja. Banyak kasus infeksi ginjal pada pria, infeksi ginjal pada wanita, bahkan infeksi ginjal pada ibu hamil. Infeksi ginjal bisa menyerang kedua sisi ginjal atau hanya salah satunya saja. Masyarakat awam tidak akan bisa mendiagnosa infeksi ginjal, sehingga seseorang harus menemui dokter ahli untuk memastikan penyakitnya, apakah infeksi ginjal atau bukan.

Jika infeksi belum terlalu parah, dokter biasanya akan memberikan obat infeksi pada pasien. Obat ini tentu saja berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri sekaligus mengembalikan fungsi ginjal seperti semula. Ini dia jenis obat infeksi ginjal di apotik yang harus dibeli dengan resep dokter.

1. Kortimoksazol

Kortimoksazol adalah obat yang hanya bisa dibeli dengan menggunakan resep dokter. Obat ini adalah antibiotik yang ampuh menyembuhkan infeksi ginjal. Manfaat utama obat ini adalah mencegah dan mengobati infeksi dalam tubuh yang disebabkan bakteri. Namun bagi penderita yang memiliki alergi sebaiknya tidak menggunakan obat ini, Dosis yang disarankan berbeda untuk setiap orang, tergantung seberapa parah penyakitnya. Efek samping yang mungkin terjadi adalah sakit kepala, mual, muntah, dan diare. Obat ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp 2.000 per tablet.

2. Ciprofloxacin

Obat ini termasuk ke dalam anti kuinolon yang tidak bisa dibeli sembarangan tanpa resep dokter. Kandunga ciproflaxacin aman untuk dikonsumsi anak anak sampai dewasa. Obat ini bekerja dengan baik mengatasi infeksi di beberapa bagian tubuh yang disebabkan bakteri, termasuk ginjal. Ibu hamil dan seseorang dengan alergi harus meminum obat ini dengan pengawasan dokter. Efek samping yang dimiliki obat ini adalah mual, sering kentut, sakit kepala, dan nyeri. Harga satuan yang disarankan sekitar Rp 70.000 untuk satu strip.

3. Ceftriaxone

Sama seperti obat sebelumnya, ceftriaxone adalah anti biotik yang berfungsi mengobati infeksi pada ginjal yang disebabkan oleh bakteri. Karena sangat efektif untuk menyembuhkan infeksi ginjal, obat ini aman dikonsumsi anak anak hingga dewasa, dan harus dibeli dengan resep dokter.

Kandungan bahan kimia dalam obat ini sangat tinggi, sehingga tidak boleh diberikan pada wanita hamil dan menyusui. Penggunaannya pun harus di bawah pengawasan dokter. Obat ini memiliki efek samping seperti menyebabkan diare, sariawan, sakit tenggorokan, dan tubuh mudah lelah. Obat ini dijual dengan harga terjangkau, hanya Rp 20.000 saja.

4. Amoxcilin

Amoxcilin bisa mengobati infeksi ginjal dengan efektif karena termasuk antibiotik penicilin. Obat ini dibeli dengan resep dokter, tidak boleh diberikan pada ibu hamil dan ibu menyusui.

Sponsors Link

Efek samping yang mungkin muncul dari konsumsi amoxcilin adalah mual, muntah, diare, sakit kepala, hingga muncul ruam di kulit.Amoxcilin dijual dengan harga Rp 40.000 di apotik. Obat ini tidak boleh dibeli sembarangan tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

5. Trimethoprim

Obat infeksi ginjal di apotik yang satu ini ampuh meredakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Efek samping yang mungkin muncul adalah nafsu makan menurun, terjadi perubahan rasa pada lidah, mual, muntah, sakit kepala, dan diare. Obat ini dijual dengan harga Rp 2.000 per tablet.

Penderita infeksi ginjal harus tahu metode perawatan infeksi ginjal yang tepat dan aman. Perawatan tersebut meliputi berbagai macam hal, termasuk menjauhi semua pantangan makanan infeksi ginjal, karena jika dikonsumsi bisa menyebabkan kondisi ginjal semakin parah dan infeksi semakin menyebar luas. Sebaliknya, ada banyak makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal karena kandungan di dalamnya bisa membantu membunuh bakteri yang ada dalam ginjal. Selain dengan obat, cara menyembuhkan infeksi ginjal secara alami menggunakan obat obatan tradisional juga bisa dilakukan.

Infeksi ginjal adalah penyakit yang bisa dibilang parah. Oleh karena itu lakukan cara merawat ginjal agar tetap sehat dan jauh dari segala macam penyakit, termasuk infeksi ginjal. Perbanyak konsumsi buah yang baik untuk fungsi ginjal agar kerja ginjal dapat maksimal. Sementara itu hentikan berbagai kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal. Salah satunya adalah merokok, karena hubungan merokok dengan gagal ginjal yang sangat erat. Juga menjauhi minuman bersoda, karena minuman tersebut termasuk minuman penyebab gagal ginjal yang cukup parah.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan