Sponsors Link

20 Obat Tradisional Ginjal Kronis Tanpa Cuci Darah

Sponsors Link

Pernahkah terbesit dalam pikiranmu, apa manfaat ginjal yang sehat buat kita? Kalau kamu belum tahu, ginjal yang sehat memberikan kita banyak manfaat lo. Misalnya, sistem metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga kita pun bisa bekerja dengan nyaman dan akhirnya duit pun juga banyak. Selain itu, punya ginjal yang sehat secara umum membuat badan kita berfungsi secara optimal. Tetapi, bagaimana bila kamu mengalami penyakit gagal ginjal kronis? Bila itu terjadi, maka mungkin kamu akan memerlukan obat tradisional ginjal kronis. Baca juga: Obat Tradisional Batu Ginjal

ads

Walaupun terlihat harapan hidupmu sudah tidak ada, namun sebenarnya kamu masih bisa mengobatinya dengan cangkok ginjal. Bila tidak, kamu masih bisa mempertahankan diri sebelum menemukan donor dengan memakai obat tradisional ginjal kronis sebagai salah satu solusinya. Untuk membuatmu tambah yakin akan pentingnya fungsi ginjal bagi kita, ada baiknya kita bahas lebih dalam tentang betapa pentingnya ginjal bagi manusia secara umum. Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal

Ginjal adalah organ dalam yang letaknya berada di sekitar punggung bagian bawah. Organ yang mungil ini banyak berperan dalam sistem metabolisme tubuh kita. Dengan ginjal yang sehat, produksi urin akan lancar. Urin yang diproduksi serta keluar dengan lancar berarti racun akan sering keluar dari tubuh kita, karena urin akan membawanya keluar dari tubuh kita. Adanya ginjal juga bisa membuat gizi terserap dengan lebih baik serta tekanan darah kita dapat optimal. Sementara saat kita sakit ginjal, akan ada beberapa hal tertentu yang tidak bisa atau tidak dapat kita lakukan. Dampak negatif yang paling kasat mata bila kita sakit ginjal adalah aktivitas kita akan terganggu. Baca juga: Obat Tradisional Gagal Ginjal

Ada berbagai jenis atau variasi penyakit yang bisa diderita oleh ginjal kita. Beberapa penyakit itu ada yang mematikan, ada yang dapat sembuh dengan sendiri. Beberapa penyakit yang mungkin akan menuntut pengobatan yang intensif antara lain batu ginjal, ginjal bocor, ginjal bengkak, ginjal kotor, radang ginjal, infeksi ginjal, sampai kanker ginjal. Dari berbagai macam jenis penyakit ginjal tersebut, salah satu penyakit ginjal yang bakal membuat kamu sangat kepayahan adalah ginjal kronis.

Ginjal kronis adalah salah satu tahapan dari penyakit ginjal yang mungkin bisa dibilang paling berbahaya. Berbagai penyakit lain seperti batu ginjal, infeksi ginjal, diabetes, gagal ginjal, dan lain sebagainya, bisa mengarah pada penyakit gagal ginjal kronis atau disebut pula ginjal kronis ini. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan cangkok ginjal untuk memastikan kesembuhanmu. Namun demikian, sementara waktu berjalan, tidak ada salahnya kamu mencoba beberapa obat tradisional yang dapat membantu meringankan serta mengatasi penyakit ginjal kronis yang kamu alami.

Ada berbagai jenis obat yang tersedia di pasaran untuk membantu mengatasi masalah ginjal kronis. Bebeapa penyakit tersebut ada yang bersifat tradisional atau modern. Obat tradisional, walaupun dari namanya terdengar seperti ketinggalan jaman, namun jangan salah sangka ya. Obat tradisional banyak dipakai untuk mengobati berbagai macam penyakit dan memang terbukti ampuh dan dapat dijelaskan secara ilmiah.

Oleh karena itu, salah satu solusi yang bisa kamu terapkan untuk membantu meringankan penyakit ginjal kronis yang kamu alami adalah dengan mengonsumsi obat tradisional ginjal kronis. Namun demikian, perlu disadari bahwa penyakit ginjal kronis bukanlah penyakit ginjal yang bisa diatasi secara mandiri seutuhnya. Kamu harus tetap senantiasa melakukan check up dengan dokter untuk memantau perkembangan yang terjadi pada ginjalmu.

Baca juga:

DI bawah ini akan kita bahas beberapa obat tradisional atau resep tradisional yang bisa kamu gunakan untuk mengobati ginjalmu yang sedang mengalami gejala ginjal kronis. Sekali lagi, penggunaan obat-obat di bawah ini sebaiknya tetap kamu konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan yang kamu percayai ya. Sebenarnya, obat tradisional untuk ginjal kronis tidak jauh berbeda dengan ramuan untuk mengatasi gagal ginjal, karena ginjal kronis hanyalah gagal ginjal yang lebih parah. Berikut beberapa jenis obat tradisional untuk ginjal kronis yang bisa kamu coba buat di rumah sendiri.

Sponsors Link

1. Palasa

Palasa adalah salah satu jenis tumbuhan yang biasanya dibuat sebagai ramuan tradisional untuk mengatasi masalah urin oleh orang-orang terdahulu alias nenek moyang kita. Sampai saat ini, tanaman ini juga masih dipakai oleh para peramu obat tradisonal dan herbal untuk mengatasi masalah urin. Selain itu, palasa juga digunakan sebagai salah satu suplemen alami untuk membantu proses eksresi yang dikerjakan oleh ginjal kita. Baca juga: Minuman Pembersih Ginjal

Bunga-bunga dari tanaman Palasa juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit hepatitis secara efektif. Khasiat ini membuat palasa menjadi salah satu pilihan yang baik untuk pengobatan hepatitis. Bila kamu mengonsumsi palasa secara rutin maka ginjalmu akan tersembuhkan, dan karena itu kamu juga bisa terhindar atau mengobati penyakit hepatitis.

Cara untuk memanfaatkan palasan sebagai obat tradisional untuk ginjal kronismu cukup sederhana, sebagaimana cara memanfaatkannya untuk mengatasi gagal ginjal. Kamu cukup perlu membuat sayur sup dengan bunga palasa sebagai salah satubahan masakannya, kemudian makanlah sekitar 100ml sekitar dua atau tiga kali sehari selama kamu menderita penyakit ginjal kronis. Semoga dengan demikian lambat laun ginjalmu bisa berfungsi kembali.  Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

ads

2. Rujak Polo (Tribullus terestris)

Rujak Polo mungkin tidak banyak dikenal banyak orang. Bahkan dari namanya saja justru terkesan seperti nama wayang dibandingkan nama tanaman bukan? Tapi jangan salah, tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia. Rujak Polo atau Tribullus terestis ini juga bisa membantumu mengatasi gagal ginjal serta gagal ginjal kronis.

Konon, katanya rujak polo sudah banyak dipakai selama berabad-abad untuk mengobati berbagai macam hal sejak jaman peradaban Yunani menjadi peradaban yang paling maju. Selain di peradaban Yunani, rujak polo juga digunakan di dalam pengobatan Ayurvedi. Di dalam pengobatan tersebut, rujak polo digunakan sebagai ramuan untuk menjaga efektivitas produksi urin serta beberapa fungsi ginjal yang lain. Selain itu, rujak polo juga bisa dimanfaatkan untuk meringankan nyeri di sekitar ginjal.

Baca juga:

Mengapa rujak polo bisa begitu bermanfaat? Sebabnya tak lain dan tak bukan adalah karena kandungan yang ada di dalamnya memang sangat luar biasa. Di dalam rujak polo, terdapat senyawa-senyawa analgesik yang mampu meringankan nyeri. Selain itu, senyawa yang sangat baik untuk penyembuhan sel tubuh seperti sapnon, alkaloid karbolin, dan senyawa-senyawa penyembuhan lainnya sangat banyak terkandung di dalam tanaman ini. Oleh karena itulah rujak polo cukup efektif untuk membantu mengembalikan fungsi ginjal dan menyembuhkan sel-sel yang terluka.

Bila kamu ingin memanfaatkan rujak pola sebagai obat ginjal kronismu, kamu bisa mengambil ekstrak yang beradal dari bibit, akar, atau daun rujak polo. Hal itu dikarenakan ekstrak yang diambil dari bibit, akar, atau daun rujak polo memiliki kandungan antimikrobial yang efektif dan dapat membantu infeksi di saluran urin. Sifat diuretik dan kemampuan penyembuhan dari rujak polo juga menjadi asalah satu rujak polo sangat efektif untuk menangani gagal ginjal atau gagal ginjal kronis.

Baca juga:

3. Cendana Merah

Cendana merah adalah salah satu tanaman lain yang sangat baik untuk gagal ginjal dan penyakit-penyakit ginjal lainnya. Di dalam cendana merah terdapat senyawa antimikrobial serta memiliki sifat diuretik yang baik sehingga meningkatkan produksi urin. 

Selain mengatasi masalah ginjal, cendana merah juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah rematik, kulit, peradangan, dan kulit pecah-pecah. Namun demikian perlu kamu sadari bahwa meminta saran dokter sebelum mengonsumsi cendana merah sangat dianjurkan untuk dilakukan, agar bisa dipastikan tidak ada dampak negatif saat kamu berusaha untuk mengonsumsi cendana merah sebagai obat tradisional untuk ginjal kronis yang kamu alami. Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Bengkak

Cara memanfaatkan cendana merah ini cukup sederhana. Kamu hanya perlu meminum air rebusan daun atau ekstrak cendana merah lainnya secara berkala.

Selain 3 obat tradisional, kamu juga bisa memilih beberapa opsi obat tradisional ini bila kamu sulit menemukan 3 ramuan di atas. Beberapa obat tradisional lain yang bisa kamu coba untuk mengobati ginjal kronismu antara lain:

  1. Akar Marshmallow
  2. Teh solido atau teh goldenrod
  3. Aloe Vera
  4. Jeruk
  5. Lemon
  6. Mengonsumsi cukup air
  7. Ramuan soda kue
  8. Asparagus
  9. Semangka
  10. Jahe
  11. Buah cery
  12. Buah Blueberi
  13. Cinnamon
  14. Kacang merah
  15. Minyak zaitun
  16. Orthosiphonstamineus
  17. Bawang merah dan bawang putih

Baca juga:

Sponsors Link

Penyebab gagal ginjal kronis

Untuk bisa selamat dari ginjal kronis, tidak ada cara lain selain menghindari penyebab ginjal kronis dan memiliki gaya hidup yang sehat. Ada banyak penderita gagal ginjal yang umurnya masih muda. Hal itu menunjukkan bahwa tidak hanya orang tua saja yang rentan terhadap gagal ginjal. Oleh karena itu, sebaiknya kamu juga mengetahui apa penyebab gagal ginjal kronis sehingga kamu bisa menghindarinya sebisa yang kamu lakukan. Beberapa penyebab gagal ginjal kronis antara lain adalah:

  • Kerusakan kandung kemih
  • Minimal change disease
  • Infeksi ginjal
  • Focal segmental glomerulosclerosis
  • Amiloidosis
  • Diabetes
  • Gagal jantung
  • Darah beku
  • Gagal ginjal
  • Ginjal bocor
  • Ginjal bengkak
  • Terlalu banyak memakan makanan bergaram tinggi
  • Terlalu banyak memakan makanan berkalium tinggi

Itulah beberapa obat tradisional ginjal kronis dan beberapa sebab mengapa ginjal kronis. Tentunya kita semua berharap tidak ada satu orang pun yang mengalami penyakit ginjal kronis ini karena mahalnya biaya perawatan serta hal-hal lain yang mungkin tidak bisa disebutkan di sini. Semoga dengan membaca artikel ini kamu bisa menemukan obat yang tepat dan tidak terjangkit ginjal kronis untuk sisa akhir hidupmu. Selamat merawat kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal