Sponsors Link

20 Obat Tradisional Ginjal Kotor Super Ampuh

Sponsors Link

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang harus kita perhatikan keadaannya. Layaknya komponen sepeda motor, ginjal bekerja secara sistematis dan kadang kala harus bekerja ekstra keras untuk menjalankan fungsi yang dimiliki olehnya. Oleh karena kerasnya kerja ginjal, ada banyak hal yang bisa terjadi. Baik dari sakit ginjal, atau mungkin sekedar infeksi ringan yang bisa sembuh kembali. Tapi apapun yang terjadi, apabila ginjalmu mulai kotor, maka kamu harus segera membersihkannya agar zat racun yang ada di dalam ginjalmu bisa keluar dengan optimal. Oleh karenanya, obat tradisional untuk ginjal kotor yang akan kita bahas kali ini sangat patut untuk kamu konsumsi. Baca juga: Obat Tradisional Batu Ginjal

ads

Sebelum itu, tahukah kamu mengapa kita harus menjaga kebersihan ginjal kita? Memangnya bila ginjal kita kotor apa yang akan terjadi pada diri kita? Yang pertama tentunya fungsi ginjal akan mengalami gangguan. Ginjal yang kotor tidak akan mampu melakukan penyaringan dengan maksimal serta akan bekerja terlalu keras untuk melakukan filtrasi karena ada banyak sekali zat-zat kotor yang ada di dalam ginjal. Akibatnya, lama-kelamaan dapat terjadi infeksi ginjal atau penumpukan zat kotor yang berbahaya bagi ginjal karena bisa menyebabkan penyakit lain berbahaya seperti batu ginjal atau radang ginjal. Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal

Mengingat arti penting ginjal di atas, maka dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara mengobati ginjal kotor yang dapat kamu lakukan secara mandiri, tanpa menggunakan bahan-bahan kimiawi yang mungkin susah untuk dicari. Kamu tidak perlu khawatir, walaupun terkesan kamu perlu mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk mengobati penyakit ginjal, namun cara untuk mengobati ginjal kotor yang satu ini bisa kamu lakukan tanpa perlu membeli obat-obatan kimiawi lainnya. Kamu hanya perlu mengonsumsi beberapa jenis makanan atau minuman di bawah ini untuk membersihkan ginjal kotor yang kamu alami. Selain itu, perlu kamu ketahui diketahui kondisi ginjal kotor yang sudah parah mungkin memerlukan penanganan lanjutan yang harus dilakukan oleh dokter yang profesional dan ahli di bindangnya.

Jadi, setelah membaca keterangan di atas kamu ingin tahu bagaimana cara memberihkan ginjalmu yang kotor secara tradisional? Berikut ini beberapa obat tradisional ginjal kotor yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan ginjalmu yang kotor dengan cara membersihkannya.

Baca juga:

1. Jus lemon

Buah lemon adalah salah satu buah yang mengandung banyak vitamin C. Selain itu, kadar antioksidan di dalam buah lemon juga cukup tinggi sehingga dapat mengurangi penumpukan batu ginjal. Oleh karena itu, apabila kamu mengonsumsi jus lemon dengan teratur, ginjal akan terbantu dalam membersihkan zat-zat yang berpotensi untuk menumpuk dan menjadi batu ginjal seperti oksalat. Bila kamu mau, kamu bisa meminum jus lemon secara teratur setiap hari agar khasiatnya dapat dirasakan setiap saat. Baca juga: Minuman Pembersih Ginjal

2. Meminum jus lemon dan cuka sari apel

Nah, untuk yang satu ini, sedikit berbeda dengan obat tradisional di atas. Jus lemon yang dicampur dengan cuka sari apel juga dapat membantumu membersihkan ginjalmu yang sedang kotor. Khasiatnya secara umum sama seperti yang akan kamu dapatkan bila kamu mengonsumsi jus lemon dengan teratur. Hanya saja, adanya cuka sari apel ini akan membuat rasa jus lemon yang kamu buat sedikit berbeda dari biasanya. Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

Ramuan ini bisa kamu gunakan sebagai varian dari sekedar meminum jus lemon dengan teratur. Dengan tambahan sari cuka apel yang ada di dalamnya, rasa ramuan ini akan membuatmu senang mengonsumsi ramuan ini dengan teratur.

Sponsors Link

3. Jus Cranberi

Buah cranberi adalah salah satu buah yang berasal dari golongan beri-berian, yang dapat membantumu untuk membersihkan dan menjaga kesehatan ginjalmu. Buah ini punya banyak khasiat untuk tubuh kita, termasuk dapat mengobati ginjal kotor.

Ada banyak cara mengonsumsi buah cranberi, dan semuanya sama-sama memiliki manfaat yang sama selama tidak ada bahan lain yang kamu campurkan pada ramuan cranberi yang kamu buat. Kamu bisa memakannya mentah atau membuat jus cranberi. Sekedar saran nih, lebih baik kamu memilih buah yang masih segar agar kandungan mineral yang ada masih melimpah sehingga dapat berkhasiat dengan sempurna untuk membantu membersihkan ginjal anda yang kotor.

Baca juga:

ads

4. Air Putih

Air putih? Serius? Iya serius. Bila kita berbicara tentang ginjal, sama saja kita sedang membicarakan mineral yang satu ini. Air adalah zat yang sangat penting bagi tubuh kita, termasuk ginjal. Kekurangan air membuat kinerja ginjal tidak maksimal dan dapat membuat racun akan tersisa di sekitar ginjal. Oleh karena itu, meminum air putih dengan cukup adalah syarat utama agar selalu terjadi sirkulasi cairan di dalam tubuh anda sehingga racun dapat dikeluarkan dengan teratur. Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Bengkak

Dengan meminum air secukupnya, kinerja ginjalmu akan semakin baik dan kebersihannya juga semakin meningkat. Mulai dari sekarang, baik kamu sakit atau tidak, minumlah air dengan cukup agar ginjalmu selalu bersih.

5. Jus Bit

Apakah kamu tahu buah bit? Belum pernah dengar? Sebaiknya kamu segera cari tahu tentang buah ini deh. Asal kamu tahu saja, ada banyak sekali kandungan nutrisi yang ada pada buah Bit yang dipercaya ampuh untuk mengurangi kadar asam di dalam urine. Oleh karena itu, meminum jus bit secara rutin bisa membantu meningkatkan fungsi ginjal. Baca juga: Penyebab Radang Ginjal

Memang sih, buah bit adalah salah satu buah yang mungkin jarang kita makan. Namun demikian, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan kita, termasuk memelihara kesehatan ginjal. Salah satu faktor yang membuat buah bit sangat baik untuk ginjal adalah karena terdapat senyawa fitokimia yang dapat membersihkan dan membantu mengobati ginjal yang kotor.

Selain kandungan fitokimianya, buah bit juga dipercaya dapat mengurangi kadar asam di dalam urin sehingga menjaga kondisi ginjal dan saluran kandung kemih pada umumnya. Dengan kata lain, meminum buah bit sangat baik untuk ginjal anda.

Baca juga:

6. Apel

Sejak dulu, buah apel sudah banyak dikenal oleh masyarakat kita. Orang tua terdahulu mungkin memakan buah ini dengan jarang, akan tetapi khasiat yang ada di dalamnya membuat buah apel menjadi salah satu kandidat yang paling cocok untuk dijadikan obat tradisional plus herbal yang bisa mengobati ginjalmu. Mengapa demikian?

Apel adalah salah satu dari sekian banyak buah yang mengandung zat-zat bermanfaat. Beberapa di antaranya antara lain flavonoiod, antioksidan, vitamin, dan lain-lain. Semua senyawa yang dikandung dalam apel sangat baik untuk tubuh kita.

Pada ginjal yang kotor, kandungan antioksidan apel dapat membantu mengurangi tingkat racun agar tidak semakin berkembang karena oksidasi sehingga dapat dibersihkan oleh ginjal, dengan cara dibarengi dengan konumsi air yang cukup. Dengan demikian, lambat laun tingkat racun yang ada di dalam ginjal juga akan semakin berkurang.

7. Buah Semangka

Semangka adalah salah satu buah dengan kandungan air yang sangat tinggi. Buah semangka juga sangat efektif dalam membantu menghancurkan batu ginjal yang ada di dalam ginjal dan mengotori ginjalmu. Apabila ginjalmu kotor karena adanya batu ginjall, maka sebaiknya kamu mengonsumsi semangka untuk membantu menghancurkan batu ginjal yang ada di dalam ginjalmu tersebut. Lambat laun, batu ginjal yang hancur tersebut akan dikeluarkan oleh tubuhmu lewat saluran kemih.

Namun demikian, kalau kamu sudah punya riwayat diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsi semangka karena kandungan gula didalamnya juga cukup tinggi. Sekalipun kamu tidak memiliki riwayat diabetes sekalipun, sebaiknya tetap mengimbangi konsumsi semangka dengan olahraga yang rutin agar kadar gula darah tetap dapat seimbang.

Selain 7 obat tradisional di atas, kamu juga bisa memanfaatkan ramuan lain yang ada di bawah ini lo. Penasaran kan? Berikut ini beberapa ramuan tradisional untuk ginjal kotor yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan ginjalmu yang sedang kotor:

  1. Kunyit
  2. Seledri
  3. Parsley
  4. Mentimun
  5. Melon
  6. Blueberi
  7. Pir
  8. Kangkung
  9. Kumis Kuing
  10. Akar alang-alang
  11. Daun Alpukat
  12. Daun Tempuyung
  13. Daun Sirsak
Sponsors Link

Baca juga:

Penyebab ginjal kotor

Mengobati ginjal kotor tapi tidak menghindari penyebab ginjal kotor sama saja kita menyelesaikan satu masalah tapi membiarkan masalah yang lain tetap muncul. Oleh karena itu, kamu juga harus mengetahui apa sih yang menyebabkan terjadinya ginjal kotor. Dengan mengetahui penyebab ginjal kotor ini kamu dapat menghindari apa yang membuatmu ginjalmu jadi cepat kotor.

Beberapa sebab ginjal anda dapat menjadi kotor antara lain adalah karena hal-hal sebagai berikut:

  • Obat-obatan AINS atau Anti-Inflamasi Non-Steroid
  • Obat-obatan aminoglikosid
  • Obat-obatan analgesik yang tidak ramah ginjal
  • Konsumsi jamu pegal linu berlebihan
  • Jamu pelangsing
  • Makanan berkadar garam tinggi
  • Mengonsumsi kafein berlebihan
  • Makanan dengan pemanis buatan seperti aspartam, sakarin, siklamat, dan lainnya

Itulah beberapa obat tradisional ginjal kotor yang dapat anda lakukan secara mandiri. Selamat menjaga kesehatan ginjal anda!

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal