Sponsors Link

27 Obat Tradisional Ginjal Bocor Paling Ampuh

Sponsors Link

Semua orang pasti ingin memiliki ginjal yang sehat sehingga mereka bisa beraktivitas dengan normal dan lancar, tanpa ada halangan apa pun. Pekerjaan bisa jadi semakin produktif, karya semakin banyak, dan tentunya duit juga akan mengalir dengan lebih lancar. Selain manfaat itu, punya ginjal yang sehat sebenarnya sangat penting untuk tubuh kita juga lo. Bagaimana bila ginjal kamu bocor? Wah, sudah pasti kamu membutuhkan obat tradisional ginjal bocor sebagai salah satu solusinya. Baca juga: Obat Tradisional Batu Ginjal

ads

Sebentar-sebentar, kita kembali lagi membahas tentang ginjal yang sehat. Dengan ginjal yang sehat, produksi urin akan lancar. Urin yang lancur dan rutin keluar berarti racun akan sering keluar dari tubuh kita. Sementara itu, gizi yang melimpah juga akan terserap dengan sempurna ke seluruh tubuh kita. Sementara saat kita sakit, baik itu sakit ginjal ataupun sakit organ tubuh yang lain, akan ada hal-hal tertentu yang tidak bisa atau tidak dapat kita lakukan. Paling minim kita jadi tidak bisa beraktivitas dengan lincah dan giat seperti biasanya. Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal

Sebagamana yang telah kita ketahui pada umumnya, ada berbagai jenis penyakit ginjal yang berpotensi menyerang ginjal kita. Dari penyakit batu ginjal, ginjal bocor, ginjal bengkak, ginjal kotor, radang ginjal, infeksi ginjal, sampai kanker ginjal. Wuih, dari nama-namanya saja sudah menakutkan kan? Salah satu penyakit ginjal yang bakal membuat kamu terus meringis adalah ginjal bocor. Ginjal bocor adalah salah satu jenis penyakit ginjal yang dapat menyebabkan komplikasi lanjutan seperti gagal ginjal atau kekurangan protein. Oleh karena itu, kamu harus segera mengobati ginjalmu apabila mengalami indikasi terkena ginjal bocor. Ciri-ciri Ginjal Bocor

Namun berobat memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Salah satu kendala pengobatan sakit ginjal bocor biasanya adalah biaya yang mahal dan penebusan obat yang lama. Bila kamu tidak menemukan dokter yang baik, biasanya akan susah untuk mendapatkan obat penyakitmu dengan cepat tanpa tambahan biaya-biaya yang lain. Oleh karena itu, salah satu solusi yang bisa kamu terapkan untuk mengobati ginjalmu yang sedang terluka adalah dengan memanfaatkan obat tradisional ginjal bengkak. Dengan obat tradisional untuk ginjal bocor ini kamu dapat mengobati batu ginjal secara mandiri tanpa harus per ke dokter terlebih dahulu. Tapi ingat, bukan berarti pengobatan dari dokter tidak penting lo ya.

Baca juga:

Jadi apa saja obat tradisional atau resep tradisional yang bisa kamu gunakan untuk mengobati ginjalmu yang sedang mengalami kebocoran alias kehilangan kemampuan filtrasinya? Simak di bawah ini ya.

1. Mengonsumsi Biji Rami

Pernah dengar tanaman bernama Rami? Rami lo ya, bukan Rani. Kalau belum pernah dengar, tanaman ini memiliki biji yang dapat digunakan sebagai salah obat alami dan tradisional untuk ginjal yang sedang mengalami kebocoran. Biji rami ini mengandung asam alfalinoleat serta lignan, yang dapat mendukung kinerja ginjal agar dapat kembali seperti sedia kala.

Lignan adalah nama salah satu senyawa yang berasal dari dinding sel tumbuhan. Lignan mengandung fitoestrogen yang membantu mengatur produksi hormon estrogen di dalam tubuh. Manfaat lignan cukup banyak, antara lain mampu menjaga kesehatan payudara untuk wanita, mampu menjaga kesehatan prostat untuk laki-laki, mendukung kerja jantung, mendukung metabolisme glukosa darah, menjadi antioksidan serta antiinflammasi di berbagai jaringan dalam tubuh.

Sementara itu, asam linoleat adalah salah satu asam lemak omega-6 yang juga baik bagi tubuh kita. Lemak omega-6, seperti lemak omega-3, juga sangat baik untuk tubuh kita. Jadi dengan mengonsumsi si biji rami ini kita bisa sehat banget pastinya. Baca juga: Minuman Pembersih Ginjal

2. Mengonsumsi Buah Manggis

Buah yang satu ini mungkin sudah sering kamu dengar namanya. Tapi tahukah kamu, bahwa manggis itu buah yang memiliki banyak khasiat? Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, memperbaiki kondisi lambung, dan berbagai manfaat penting lainnya, manggis juga dapat membantu mendukung penyembuhan ginjal yang sedang mengalami kebocoran. Semua itu bukan terjadi tanpa sebab pastinya. Usut punya usut, ternyata salah satu senyawa yang membuat manggis dapat membantu ginjal adalah xanthone. Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

Waduh nama apalagi ini? Tenang saja, kamu tidak perlu menghafalkannya kok. Tapi cukup kamu tahu saja bahwa senyawa xanthone merupakan sebuah senyawa yang dapat mengatasi radikal bebas dengan efektif, sehingga dapat membersihkan tubuh dari zat berbahaya ataupun racun yang menjadi penyebab bocornya ginjal. Dengan demikian ginjal dapat kembali pulih dengan lebih cepat.

Sponsors Link

Selain kandungan xanthone yang tinggi, manggis juga dapat memperlancar aliran darah. Bila aliran darah lancar, maka dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Ginjal pun akan bekerja dengan lebih ringan. Selain itu, manggis juga dapat menjaga tingkat kolesterol agar tetap stabil, yang tentunya sangat baik untuk tubuh kita. Singkatnya, makan manggis dengan cukup, maka kamu pasti akan sehat.

Baca juga:

3. Daun Kumis Kucing

Dari sononya, kumis kucing mengandung berbagai zat yang bermanfaat untuk ginjal. Senyawa seperti kalium, glikosida orthosiphon, saponin, dan lainnya dapat kamu temui di tanaman yang satu itu. Senyawa-senyawa tersebut dapat melarutkan pembentukan batu ginjal, sehingga dapat membantu menyembuhkan ginjalmu yang sedang bengkak karena adanya batu ginjal di saluran kemih atau di dalam ginjal itu sendiri. Dengan demikian batu ginjal yang sudah terbentuk akan terhancurkan dan mengalir melalui saluran ureter. Selain itu, kumis kucing juga sangat penting untuk membantu merawat ginjal yang sedang mengalami kebocoran lo.

ads

Kumis kucing juga memiliki kemampuan untuk melarutkan oksalat, garam fosfat, dan lain sebagainya, yang menjadi penyebab munculnya batu ginjal. Dengan demikian, akan mencegah batu ginjal terbentuk lagi. Ketiadaan batu ginjal menjadi hal yang penting untuk memastikan bahwa ginjal kamu tidak bengkak karena adanya batu yang menyumbat di salah satu saluran yang ada. Tapi jauh daripada sekedar mencegah batu ginjal muncul lagi, kumis kucing juga akan membantu ginjalmu untuk memulihkan dirinya sehingga kemampuan filtrasinya akan kembali lagi. Dengan kata lain, ginjalmu tidak akan bocor lagi. Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Bengkak

4. Mengonsumsi Daun Sukun Kering

Tahu tanaman Sukun? Biasanya tanaman ini tidak banyak tumbuh di banyak tempat. Hanya saja bila kamu menemukan tanaman sukun, jangan disia-siakan begitu saja! Kenapa? Karena daun sukun kering merupakan salah satu bagian dari dari tanaman sukun yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan manusia. Manfaat kesehatan yang dihasilkan dari mengonsumsi daun sukun kering antara lain adalah menurunkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi, mengurangi potensi terkena penyakit jantung, membantu menghambat pertumbuhan sel kanker, sampai membantu mengobati ginjal bocor. Nah tuh, kurang bermanfaat apa lagi coba?

Baca juga:

Untuk membantu penyembuhan ginjal bocor yang sedang kamu rasakan menggunakan daun sukun kering, caranya juga relatif mudah kok. Kamu hanya perlu merebus beberapa lembar daun sukun kering dengan air lalu meminum air rebusan tersebut sebanyak kurang lebih dua kali sehari. Rasanya memang agak aneh buat kamu yang belum terbiasa. Tapi kamu harus bisa menahannya ya. Oleh karena bila kamu malah meminum dengan menambahkan gula atau semacamnya, malah bisa memperparah keadaan ginjalmu. Sabar bro!

5. Mengonsumsi Ramuan Temulawak

Pernah makan atau minum temulawak? Biasanya jenis tanaman ini dibuat jamu tradisional dan di jual oleh mbok-mbok jamu di berbagai tempat. Tapi semua itu memang terjadi bukan karena temulawak itu sekedar enak lo. Temulawak merupakan salah satu tanaman tradisional dan obat herbal yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan manusia. Selain sebagai obat untuk mengobati asam lambung, temulawak juga dapat menjadi tanaman obat untuk membantu mengatasi ginjal bocor. Biasanya para sopir-sopir kendaraan umum mengonsumsi jamu ini bila mereka merasa capek. Setelah minum jamu, rasanya jadi segar bugar (walau kalau terlalu banyak sangat riskan menyebabkan penyakit ginjal sih).

Kamu bisa mencoba ramuan tradisional temulawak untuk mengatasi sakit ginjal bocormu. Caranya sederhana kok. Kamu bisa mengonsumsi temulawak dengan cara merebusnya kemudian meminum air rebusan temulawak tadi sebanyak kurang lebih 3 kali sehari. Sebelum meminumnya, kamu bisa menyaring air rebusan tersebut terlebih dahulu sehingga tidak ada ampas temulawak yang dapat mengganggu pencernaanmu atau membuat apa yang kamu minum terasa makin tidak enak.

Selain 5 ramuan di atas, kamu juga bisa mencoba beberapa obat tradisional di bawah ini lo. Apa saja itu?

  1. Rumput mutiara
  2. Daun alpukat
  3. Daun sirsat
  4. Kulit manggis
  5. Kubis
  6. Meniran
  7. Bawang putih
  8. Kembang kol
  9. Paprika merah
  10. Daun sendok
  11. Mahkota dewa
  12. Kaktus ekor tikus
    Sponsors Link

  13. Uva ursi
  14. Seledri
  15. Teh basil
  16. Jus seledri
  17. Jus basil
  18. Keji keling
  19. Mengkudu
  20. Daun dadap
  21. Daun gempur batu
  22. Putih semangka

Baca juga:

Penyebab ginjal bocor

Sementara itu, mengobati ginjal bocor tidak akan banyak berarti bila kamu terus mengalami masalah kebocoran ginjal karena tidak mengetahui sebab-sebab mengapa ginjal bengkak. Oleh karena itu penting untuk mengetahui apa saja penyebab ginjal bocor yang bisa kamu hindari untuk mengatasi masalah ginjal bocor. Beberapa sebab terjadinya ginjal bengkak antara lain:

  1. Kerusakan kandung kemih
  2. Minimal change disease
  3. Infeksi ginjal
  4. Focal segmental glomerulosclerosis
  5. Amiloidosis
  6. Diabetes
  7. Gagal jantung
  8. Darah beku

Itulah beberapa obat tradisional ginjal bocor dan beberapa sebab mengapa ginjal bengkak bisa terjadi padamu. Semoga dengan membaca artikel ini kamu bisa menemukan obat yang tepat dan tidak terjangkit ginjal bengkak untuk sisa akhir hidupmu. Selamat merawat kesehatan ginjalmu!

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan