Sponsors Link

Obat Tradisional Gagal Ginjal Kronis yang Alami dan Aman

Sponsors Link

Gagal ginjal kronis merupakan salah satu penyakit ginjal yang banyak mendapat perhatian saat ini. Pasalnya, gagal ginjal kronis sangat mempengaruhi kondisi dari penderitanya. Banyak penderita yang berakhir harus melakukan cuci darah dua sampai tiga kali setiap minggunya agar tubuhnya dapat berfungsi dengan baik. Walau sebenarnya, rutinitas tersebut mungkin sangat melelahkan dan menguras energi serta biaya.

ads

Sebelum kita mengetahui mengenai obat tradisional gagal ginjal kronis, akan lebih baik kita mengetahui beberapa fakta mengenai gagal ginjal kronis.

Penyebab Gagal Ginjal Kronis

Gagal ginjal kronis merupakan gangguan ginjal yang menyebabkan ginjal tidak dapat melakukan fungsi sebagaimana semestinya. Ginjal merupakan organ penting tubuh yang berfungsi melakukan penyaringan kotoran untuk akhirnya dibuang melalui urin. Namun, apabila ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya, maka kotoran tersebut akan terus tertahan di dalam tubuh dan akhirnya dapat menjadi racun yang membahayakan.

Mungkin gangguan bukanlah kata yang paling tepat untuk mendeskripsikan penyakit gagal ginjal kronis, melainkan kerusakan. Hal ini karena penurunan fungsi ginjal terjadi secara bertahap dan berlangsung lama sehingga saat teridentifikasi kondisi sudah sampai tahap kronis atau kerusakan sudah parah. Inilah mengapa gagal ginjal kronis sulit disembuhkan sehingga banyak penderitanya berakhir melakukan cuci darah.

Berbeda dengan gagal ginjal akut dimana kerusakan terjadi secara mendadak dan dapat langsung teridentifikasi, sehingga penderita mendapat penanganan cepat. Pada gagal ginjal kronis, gejala awal tidak terlalu terasa sehingga banyak diabaikan. Kebanyakan penderitanya baru mengetahui penyakit gagal ginjal kronis ketika sudah pada stadium lanjut. Dan dari stadium lanjut akan berubah menjadi stadium akhir apabila ginjal sudah tidak dapat berfungsi sama sekali.

Beberapa penyebab gagal ginjal kronis, diantaranya :

  • Penyakit diabetes

Tingginya kadar glukosa dalam darah akan mengganggu kemampuan ginjal  untuk menyaring limbah dan kotoran. 1-2 dari 5 pengidap diabetes tipe 1 dan 1 dari 3 pengidap diabetes tipe II mengalami penyakit gagal ginjal. Fakta ini menunjukkan bahwa diabetes memiliki peranan besar dalam kerusakan ginjal. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel kami mengenai hubungan diabetes dan penyakit gagal ginjal kronik.

  • Tekanan darah

Adanya tekanan darah tinggi akan mengganggu kinerja ginjal sehingga tidak dapat melakukan proses penyaringan dengan baik. Apabila hal ini terus berlangsung, maka adanya hipertensi akan merusak ginjal dan menekan pembuluh darah di dalamnya.

Gejala Gagal Ginjal Kronis

Seperti yang sebelumnya disinggung, gejala gagal ginjal kronis tidak terlalu menonjol ketika masih di tahap awal sehingga gagal ginjal kronis cukup sulit untuk terdeteksi. Hal ini karena tubuh kita dapat menolerasi penurunan fungsi ginjal walau kerusakan sudah semakin besar, sehingga banyak penderita baru mengetahui penyakitnya ketika sudah parah. Biasanya, penyakit gagal ginjal kronis baru dapat dipastikan ketika pasien sudah melakukan tes urin dan darah. Apabila hasilnya positif, maka ia perlu terus memantau fungsi ginjal agar tidak menjadi lebih serius.

Sponsors Link

Berikut ini merupakan gejala-gejala yang sering dirasakan penderita gagal ginjal kronis :

  • Intensitas buang air kecil bertambah, terutama di malam hari
  • Kulit gatal
  • Adanya kandungan protein dan darah dalam urin
  • Mudah merasa lelah dan lemah
  • Mual dan muntah
  • Kehilangan berat badan
  • Ketajaman mental menurun
  • Rasa nyeri pada dada
  • Tekanan darah yang sulit dikendalikan
  • Kram otot
  • Sesak napas

Selain bagi Anda yang merasakan gejala-gejala tersebut, sebaiknya bagi Anda yang memiliki riwayat kesehatan keluarga yang mengidap penyakit gagal ginjal juga perlu mengecek ke dokter untuk memastikan kesehatan ginjal Anda.

ads

Obat Tradisional Gagal Ginjal Kronis

Sebenarnya, gagal ginjal kronis cukup sulit untuk disembuhkan. Bahkan dokter mengatakan bahwa belum ada pengobatan yang efektif untuk gagal ginjal kronis. Tetapi, berikut ini kami berikan beberapa rekomendasi obat tradisional yang dapat membantu memulihkan kondisi ginjal.

  • Racikan Kaktus Ekor Tikus, Bunga Paruh Burung, Daun Mahkota Dewa, Daun Penahong, Buah Kelapa Kuning dan Kuning Telur Ayam Kampung

Untuk membuat ramuan penyakit gagal ginjal ini, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan :

  1. Pertama, peras kaktus ekor tikus dan ambil sarinya untuk dicampur dengan kuning telur ayam kampung setengah matang.
  2. Peras buah kelapa kuning dan panaskan airnya di dalam panci.
  3. Campurkan daun penahong dan daun mahkota dewa.
  4. Kemudian, satukan ketiga campuran di atas dan ramuan tradisional gagal ginjal siap dikonsumsi
  • Daun Sukun

Daun sukun dapat menjadi salah satu alternatif untuk memulihkan kondisi ginjal. Daun sukun mengandung asam amino esensial yang dapat membantu pembenahan sel-sel rusak pada ginjal. Kandungan polifenolnya juga dapat mencegah munculnya kanker serta mencegah kerusakan pada ginjal. Selain kedua zat tersebut, daun sukun juga memiliki kandungan kalium dan vitamin B2 yang dapat bermanfaat bagi tubuh.

Berikut ini merupakan langkah-langkah merebus daun ginjal untuk obat tradisional gagal ginjal :

  1. Siapkan 5-10 lembah daun suku dan cuci sampai bersih.
  2. Masukkan sekitar dua liter air ke dalam panci beserta daun sukun yang telah dicuci.
  3. Rebus air sampai airnya menyusut menjadi 1 liter.
  4. Setelah ini, diamkan sampai dingin kemudian konsumsi air rebusan daun sukun secara rutin
  • Mahkota dewa

Tanaman yang berasal dari papuan ini memiliki banyak kandungan aktif yang sangat bermanfaat bagi tubuh, diantaranya adalah alkaloid, saponin, falvonoid, tanin, fegnol, lignan, sterol, dan minyak atrisi.

Perpaduan kandungan tersebut dapat melancarkan peredaran darah dan sangat membantu bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi. Seperti yang kita ketahui, tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyebab gagal ginjal. Selain itu, mahkota dewa juga dapat menstabilkan tekanan darah sehingga dapat membantu memulihkan kondisi ginjal.

  • Kulit manggis

Siapa yang tidak tahu kulit manggis? Tanaman obat seribu manfaat ini dapat menjadi obat herbal yang multikhasiat. Kulit manggis memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk kesehatan , salah satunya adalah memulihkan kondisi penyakit kronis. Untuk lebih lengkapnya, baca artikel manfaat buah manggis untuk ginjal.

Sponsors Link

Antioksidan dalam kulit manggis akan membantu kinerja ginjal dalam melakukan penyaringan limbah dan kotoran sehingga kerja ginjal tidak terlalu berat dan mencegah bertambah parahnya kondisi ginjal. Senyawa dalam kulit manggis juga membantu melancarkan aliran darah.

Untuk membuat obat tradisional dari kulit manggis ini, pertama siapkan kulit manggis yang telah dibersihkan. Jemir sampai kering di bawah terik matahari. Kemudian tumbuk sampai halus. Dan seduh hasil tumbukkan dengan air panas. Obat tradisional siap untuk dikonsumsi. Konsumsi secara rutin supaya hasil lebih terasa bagi tubuh.

Sekian artikel mengenai obat tradisional untuk gagal ginjal kronis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu pembaca. Terima kasih.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan