Sponsors Link

20 Obat Tradisional Gagal Ginjal Kronis, Akut Tanpa Cuci Darah

Sponsors Link

Memiliki ginjal yang sehat dan berkualitas, dengan kinerja harian yang tangguh dan konsisten adalah dambaan semua umat manusia. Fungsi organ yang kecil ini memang sangat penting, di antaranya menyaring sisa-sisa metabolisme dari darah, membantu mengontrol tekanan darah, membantu produksi sel darah merah dan menyeimbangkan elektrolit di dalam tubuh kita.

ads

Dengan ginjal yang sehat, ada banyak kenikmatan yang bisa kita rasakan. Sementara bila kita mengalami sakit, baik itu pada ginjal ataupun pada organ tubuh yang lain, pasti ada hal-hal tertentu yang tidak bisa atau tidak dapat kita lakukan. Paling minim kita jadi tidak bisa beraktivitas dengan lincah dan giat seperti biasanya. Di sisi lain ada banyak jenis pengobatan, termasuk obat tradisional gagal ginjal. Memangnya ginjal kita bisa sakit?

Ada banyak penyakit ginjal yang berpotensi untuk menyerang ginjal kita. Dari penyakit batu ginjal, ginjal bocor, ginjal bengkak, radang ginjal, infeksi ginjal, sampai kanker ginjal. Semua penyakit ginjal tersebut tidak ada yang membuat tubuh kita jadi lebih nyaman atau jadi lebih mudah untuk dibuat bekerja. Gagal ginjal adalah salah satu jenis penyait ginjal yang paling berbahaya. Pada tahap tertentu ginjal yang sudah mengalami kegagalan tidak dapat disembuhkan lagi, dan harus dilakukan pencangkokan ginjal bila kamu ingin terus melanjutkan hidupmu dengan sempurna. Oleh karena itu, kamu harus segera mengobati ginjalmu apabila mengalami indikasi terkena gagal ginjal.

Namun kenyataan tak seindah harapan. Salah satu kendala pengobatan biasanya adalah biaya yang lama dan proses administratif yang berkepanjangan. Bila kamu tidak memiliki dokter yang sudah akrab biasanya akan susah untuk mendapatkan obat penyakitmu dengan cepat tanpa biaya tambahan lain-lain. Oleh karena itu, salah satu solusi yang bisa kamu terapkan untuk mengobati ginjalmu yang sedang terluka adalah dengan memanfaatkan obat tradisional gagal ginjal. Dengan obat tradisional untuk batu ginjal ini kamu dapat mengobati gagal ginjal secara mandiri tanpa harus per ke dokter terlebih dahulu. Tapi ingat, bukan berarti pengobatan dari dokter tidak penting lo ya. Apalagi bila penyakit gagal ginjalmu sudah sangat parah. Kamu tidak bisa lepas dari dokter.

Baca juga:

Jadi apa saja obat tradisional atau resep tradisional yang bisa kamu gunakan untuk mengobati ginjalmu yang sedang menderita gagal ginjal? Simak di bawah ini ya.

1. Butea Monosperma

Butea MonospermaButea Monosperma, sebuah tanaman yang memiliki bunga indah berwarna merah ini juga dikenal dengan sebutan flame of the forest atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan nama Palash adalah salah satu jenis tumbuhan yang biasanya digunakan oleh para peramu obat tradisonal dan herbal untuk mengatasi masalah urin. Palash juga dapat membantu eksreksi yang dilakukan oleh ginjal kita.

Manfaat lain dari Palash adalah, bunga-bunga dari tanaman Palash sangat efektif untuk mengobati penyakit hepatitis. Sambil mengobati ginjal Anda juga bisa mengobati penyakit hepatitis bila Anda mengonsumsi Palash secara rutin. Untuk dapat mengobati gagal ginjal atau penyakit ginjal lainnya dengan Palash, kamu bisa memasak sayur sup dengan bunga Palash sebagai salah satu bahan masakannya. Setelah itu, kamu bisa mengonsumsi sekitar 100 ml dari sup ini sekitar dua atau tiga kali sehari sebagai bentuk pengobatan untuk ginjalmu. Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

2. Rujak Polo (Tribullus terestris)

Rujak Polo (Tribullus terestris)Apakah kamu tahu ada sebuah tanaman yang bernama Rujak Polo? Wuih, dari namanya saja sudah keren kan? Benar saja, tak cuma namanya yang keren, tapi tanaman ini juga memiliki banyak khasiat untuk kita. Rujak polo ini memiliki nama latin Tribullus terestis, dengan bahasa Inggris Land caltrops.

Sejak jaman Yunani masih ada, konon kabarnya rujak polo sudah banyak dipakai selama berabad-abad untuk mengobati berbagai macam hal. Di dalam pengobatan Ayurvedi misalnya, rujak polo digunakan untuk menjaga efektivitas fungsi dari produksi urin dan juga kinerja ginjal yang lainnya. Selain itu, rujak polo juga bisa kamu manfaatkan untuk meringankan nyeri di sekitar ginjal.

Kandungan yang ada di rujak polo antara lain senyawa-senyawa analgesic yang mampu meringankan nyeri. Sapnon, alkaloid karbolin, dan senyawa-senyawa penyembuhan lainnya sangat banyak terkandung di dalam tanaman rujak polo. Oleh karena itulah rujak polo cukup efektif untuk membantu mengembalikan fungsi ginjal dan menyembuhkan sel-sel yang terluka.

Ekstrak yang diambil dari bibit, akar, atau daun rujak polo memiliki kandungan antimikrobial yang efektif dan dapat membantu infeksi di saluran urin. Sifat diuretif dan kemampuan penyembuhan dari rujak polo juga membantu menjadikan rujak polo sangat efektif untuk menangani gagal ginjal. 

Sponsors Link

3. Cendana Merah

Cendana MerahApakah kamu tahu apa itu cendara merah? Tanaman ini biasa disebut dengan nama Red Sandalwood dalam bahasa Inggris. Sementara nama latinnya adalah Santalum album. Cendana merah sangat baik untukmu yang sedang mengalami gagal ginjal dan penyakit-penyakit ginjal lainnya.

Di dalam cendana merah terkandung senyawa antimikrobial serta memiliki sifat diuretik yang baik sehingga meningkatkan produksi urin karena air lebih mudah terikat.

  • Untuk mengonsumsi cendana merah, kamu bisa melakukan beberapa langkah sederhana berikut ini:
  • Ambil beberapa daun dari tanaman cendana merah
  • Taruh di dalam segelas air
  • Rebus selama beberapa menit
  • Minum air rebusan cendana merah tersebut sekali dalam satu hari

Selain mengatasi masalah ginjal, cendana merah juga akan membantumu mengatasi masalah kulit, peradangan, rematik, dan kulit pecah-pecah. Namun perlu kamu sadari bahwa meminta saran dokter sebelum mengonsumsi cendana merah juga penting agar bisa dipastikan tidak ada dampak negatif lain pada tubuhmu. Tapi secara umum, mengonsumsi cendana merah sangat baik untuk kesehatanmu. Baca juga: Makanan untuk Penderita Kista Ginjal

ads

4. Jus buah

Buah-buahan adalah makan alami yang memiliki berbagai macam jenis. Dari segala jenis buah yang bisa kamu temui, kebanyakan sangat baik untuk kesehatan kita, termasuk dalam membantu mengatasi masalah ginjal. Pasien dengan penyakit ginjal, sangat disarankan untuk meminum jus buah karena bayak mengandung nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa-senyawa lain yang mampu membantumu untuk menghilangkan racun, partikel-partikel jahat, serta bakteri atau virus yang menyerang tubuhmu.

Untuk masalah ginjal, secara tradisional kamu bisa meminum jus jeruk, jus lemon, anggur, apel dan lain-lain.

Baca juga:

5. Akar Marshmallow

Akar MarshmallowAkar tanaman marshmallow sudah banyak digunakan untuk mengatasi masalah kulit, meringankan sakit tenggorokan, mengurangi sakit atau memar di membran mucus dan lain sebagainya.

Namun demikian, ada manfaat lain yang mungkin belum kamu ketahui dari akar marshmallow, yaitu tentang kemampuannya membantu menjaga kesehatan ginjal. Baca juga: Makanan Perusak Ginjal

Akar marshmallow memiliki sifat diuretik, yang dapat membantu meningkatkan produksi urin sehingga tubuh dapat mengeluarkan racun dan zat-zat berbahaya lainnya dari ginjal dan dari saluran kandung kemih secara umum.

Beberapa penleitian menunjukkan bahwa akar marshmallow juga mengandung banyak antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh kita serta melindungi dari tubuh dari radikal bebas yang secara tidak langsung juga akan membantu melindungi kesehatan ginjal kita. Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Mengecil

6. Teh Kamomil

Teh kamomil atau disebut juga dengan chamomile sudah lama diminum karena mengandung manfaat yang banyak untuk kesehatan kita. Teh kamomil mengandung senyawa antibakteri dan antioksidan yang membantu tubuh kita untuk meningkatkan kekuatan imun. Kamu tidak akan mudah sakit bila mengonsumsi teh ini secara rutin.

Berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai meminum teh kamomil secara rutin sangat disarankan untuk dilakukan terlebih dahulu. Baca juga: Minuman Pembersih Ginjal

Selain 6 ramuan tradisional di atas, kamu juga bisa menggunakan ramuan lain untuk membantu menyembuhkan gagal ginjal yang sedang kamu derita. Beberapa ramuan lain yang bisa kamu pakai antara lain:

  1. Teh solido atau teh goldenrod
  2. Mengonsumsi Aloe Vera
  3. Makan buah dan tanaman dengan banyak vitamin C seperti jeruk
  4. Mengonsumsi cukup air
  5. Meminum ramuan soda kue
  6. Mengonsumsi Asparagus
  7. Memakan semangka
  8. Meminum jahe
  9. Makan buah cery
  10. Mengonsumsi cinnamon
  11. Makan kacang merah secukupnya
  12. Mengonsumsi minyak zaitun
  13. Mengonsumsi teh jawa atau orthosiphonstamineus
  14. Memakan bawang merah dan bawang putih

Baca juga:

Sponsors Link

Penyebab gagal ginjal

Agar kamu tidak mengalami gagal ginjal, atau bisa menghindari gagal ginjal bila kamu sudah mengalaminya, maka sebaiknya kamu juga memahami penyebab kegagalan ginjal. Dengan mengetahui penyebab kegagalan ginjal maka kamu dapat menghindari potensi terkena gagal ginjal kembali. Sehingga apa sajakah penyebab gagal ginjal itu?

  • Penyakit diabetes
  • Dehidrasi
  • Infeksi ginjal
  • Kista ginjal
  • Kerusakan glomerulus
  • Refluks
  • Konsumsi obat berlebihan
  • Hipertensi
  • Gangguan fungsi hati

Itulah beberapa obat tradisional gagal ginjal yang bisa kamu racik sendiri di rumah. Dengan menggunakan ramuan tersebut, semoga kamu bisa kembali sehat dan dapat beraktivitas seperti sedia kala ya!

Baca juga:

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan