Sponsors Link

20 Obat Tradisional Batu Ginjal Alami yang Ampuh

Sponsors Link

Memiliki ginjal yang sehat dan berkualitas, dengan kinerja harian yang tangguh dan konsisten adalah dambaan semua umat manusia. Dengan ginjal yang sehat, ada banyak kenikmatan yang bisa kita rasakan. Sementara bila kita mengalami sakit, baik itu pada ginjal ataupun pada organ tubuh yang lain, pasti ada hal-hal tertentu yang tidak bisa atau tidak dapat kita lakukan. Paling minim kita jadi tidak bisa beraktivitas dengan lincah dan giat seperti biasanya. Di sisi lain ada banyak jenis pengobatan, termasuk obat tradisional batu ginjal. Memangnya ginjal kita bisa sakit?

ads

Kita ketahui bersama bahwa ada banyak penyakit ginjal yang berpotensi untuk menyerang umat manusia. Dari penyakit batu ginjal, ginjal bocor, ginjal bengkak, ginjal kotor, radang ginjal, infeksi ginjal, sampai kanker ginjal. Semua penyakit ginjal tersebut tidak ada yang membuat tubuh kita jadi lebih nyaman atau jadi lebih mudah untuk dibuat bekerja. Batu ginjal adalah salah satu jenis penyait ginjal yang paling berbahaya. Oleh karena itu, kamu harus segera mengobati ginjalmu apabila mengalami indikasi terkena batu ginjal.

Sementara itu, salah satu kendala pengobatan biasanya adalah biaya yang lama dan proses administratif yang berkepanjangan. Bila kamu tidak memiliki dokter yang sudah akrab atau bahasa lainnya memiliki link para dokter terkait, biasanya akan susah untuk mendapatkan obat penyakitmu dengan cepat dan tanpa tambahan lain-lain. Oleh karena itu, salah satu solusi yang bisa kamu terapkan untuk mengobati ginjalmu yang sedang terluka adalah dengan memanfaatkan obat tradisional batu ginjal. Dengan obat tradisional untuk batu ginjal ini kamu dapat mengobati batu ginjal secara mandiri tanpa harus per ke dokter terlebih dahulu. Tapi ingat, bukan berarti pengobatan dari dokter tidak penting lo ya.

Baca juga:

Jadi apa saja obat tradisional atau resep tradisional yang bisa kamu gunakan untuk mengobati ginjalmu yang sedang menderita batu ginjal? Simak di bawah ini ya.

1. Jus Lemon segar

Buah lemon memiliki tingkat keasaman dan kandungan yang cukup baik untuk menghancurkan batu ginjal yang ada di dalam ginjalmu. Kamu bisa mengonsumsi buah lemon untuk menghancurkan batu ginjal dengan cara membuat jus darinya lalu meminumnya sedikit-sedikit sampai habis.

2. Minyak zaitun yang penuh khasiat

Minyak zaitun sudah lama dikenal sebagai salah satu jenis zat yang penuh khasiatnya untuk berbagai macam keadaan tubuh kita. Selain sebagai salah satu obat untuk ginjal bocor, minyak zaitun juga berkhasiat untuk menjaga kebugaran badan. Dalam merawat ginjal, kamu dapat memanfaatkan minyak zaitun sebagai salah satu ramuan untuk menghancurkan batu ginjal.

Bila perlu, kamu dapat meminum minyak zaitun bersamaan dengan jus lemon dalam takaran 2 ons dengan 2 ons. Setelah itu lanjutkan dengan meminum air segar setelah 30 menit meminum ramuan tersebut. Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

3. Cuka apel yang murni tanpa tambahan apapun

Untuk menambah khasiat ramuan dari minyak zaitun dan jus lemon di atas, kamu bisa menambahkan cuka apel murni sebagai ramuan tambahan untuk membuat kinerja ramuan lemon plus minyak zaitun di atas menjadi lebih efektif. Caranya adalah setelah 30 menit kamu meminum ramuan tersebut, kamu bisa meminum jus lemon kembali dengan tambahan cuka apel sebanyak satu sendok teh. Kurangilah jumlah jus yang kamu minum pada bagian ini sampai kurang lebih setengah dari jus lemon yang telah kamu minum sebelumnya. Baca juga: Minuman Pembersih Ginjal

4. Mengonsumsi uva ursi

Apakah kamu memiliki tanaman uva ursi di sekitar pekarangan rumahmu? Bila iya, maka jangan dibuang! Rawat saja agar tumbuh dengan baik sehingga kamu bisa memanfaatkannya sebagai salah satu obat untuk mengatasi batu ginjal yang sedang kamu derita.

Tahukah kamu, uva ursi adalah salah satu jenis tanaman yang telah lama dikenal sangat baik untuk kesehatan ginjal dan kandung kemih. Banyak penelitian yang mencoba untuk menguak sejauh apa khasiat atau efek samping dari penggunaan tanaman ini untuk berbagai pengobatan atau sekedar sebagai salah satu konsumsi sehari-hari.

Sponsors Link

Di dalam uva ursi terkandung banyak senyawa penting seperti tanin, flavonoid, piceosides, triterpen, dan lain sebagainya. Dengan kandungan tersebut uva ursi dapat menjadi anti bakteri yang efektif untuk sistem kemih kita. Selain itu, uva ursi juga memiliki sifat diuretik untuk melawan batu ginjal. Bila kamu belum puas, uva ursi juga dapat mengatasi peradangan kronis dari kandung kemih atau ginjal sehingga kesehatan saluran kemih serta ginjal anda akan terjaga dengan baik.

Mengonsumsi uva ursi sebanyak kruang lebih 500mg tiga kali sehari sangat direkomendasikan untuk mengatasi batu ginjal. Bila kamu menderita batu ginjal, cobalah untuk mengonsumsi uva ursi setiap hari dan amati apakah terjadi pengurangan ukuran batu ginjal yang kamu miliki. Kemungkinan besar, ukuran batu ginjalmu akan berkurang bahkan bisa jadi hancur lebur bila belum sampai pada tingkat yang parah. Baca juga: Makanan untuk Penderita Kista Ginjal

ads

5. Akar dandelion

Akar organik dandelion merupakan salah satu alat untuk membersihkan ginjal serta mendukung fungsi ginjal sehari-hari. Kamu bisa mengonsumsi akar dandelion dalam jumlah kurang lebih 500 mg dengan jatah konsumsi sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Mengecil

6. Kidney Beans atau kacang merah mentah

Tahukah kamu, diam-diam si kacang yang biasanya kita lahap begitu saja saat menyantap soto ini sebenarnya sangat baik untuk ginjal anda. Kandungan magnesium yang tinggi di dalam kacang merah dapat membantu mengatasi penyakit batu ginjal. Secara tradisional, kacang merah ini sudah lama dipakai untuk mengobati berbagai penyakit termasuk ginal.

Bila kamu ingin lebih manjur, kamu dapat memanfaatkan kacang merah ini setelah direbus dengan air, kemudian diambil airnya untuk kemudian digunakan untuk melapisi bagian sekitar ginjalmu dari luar untuk membantu meringankan sakit yang dirasa karena terdapat batu ginjal di dalamnya. Baca juga: Makanan Perusak Ginjal

7. Teh Horsetail

Horsetail atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan tanaman paku ekor kuda ini mengandung manfaat yang cukup besar untuk ginjal anda. Bahkan, teh paku ekor kuda sangat efektif berperan sebagai diuretik yang membantu tubuh anda mengikat air yang berlebihan dari dalam tubuh serta asam urat dari dalam ginjalmu.

Anjuran konsumsi teh paku ekor kuda adalah sekitar tiga sampai 4 gelas sehari atau bila itu terlalu merepotkan, kamu bisa meminum satu pil herbal paku ekor kuda seberat dua gram satu hari sebagai ganti nutrisi dari teh tersebut.

Bila kamu mengonsumsi paku ekor kuda secara rutin, maka sudah pasti keadaan ginjalmu juga akan ikut membaik. Batu ginjalmu pasti dapat teratasi dan lambat laun kamu akan kembali sehat seperti sedia kala.

Baca juga:

8. Jus Buah Delima

Buah delima adalah salah satu jenis makanan yang mengandung banyak dampak positif untuk kesehatan kita. Secara spesifik, biji buah delima dan jus buah delima dapat disebut sebagai salah satu obat alami sekaligus tradisional untuk batu ginjal. Kemungkinan besar hal itu disebabkan karena rasa asam serta adanya sifat astringen pada bagian-bagian tersebut. Kamu bisa mengonsumsi buah delima secara langsung atau membuatnya menjadi sebuah jus lalu meminumnya kapan saja.

Selain 8 obat di atas, ada pula obat-obat tradisional lain yang bisa kamu gunakan untuk menangani batu ginjal. Obat-obat tersebut antara lain:

  1. Seledri
  2. Teh basil
  3. Jus seledri
  4. Jus basil
  5. Keji keling
  6. Kumis kucing
  7. Mengkudu
  8. Daun tempuyung
  9. Daun dadap
  10. Daun gempur batu
  11. Daun alpukat
  12. Buah manggis

Baca juga:

[AdSense-C

Penyebab batu ginjal

Sementara itu, mengobati tidak akan banyak berarti bila kamu terus mengalami batu ginjal. Oleh karena itu penting untuk mengetahui apa saja penyebab batu ginjal yang bisa kamu hindari untuk mengatasi masalah batu ginjal. Walaupun secara medis sulit untuk menentukan apa sebab terjadinya batu ginjal yang berlaku di semua orang, namun beberapa kemungkinan sebab terjadinya batu ginjal antara lain adalah:

  1. Memakan terlalu banyak makanan tinggi kalsium
  2. Memakan terlalu banyak makanan yang mengandung oksalat
  3. Memakan terlalu banyak makanan tinggi asam urat
  4. Faktor genetika alias karena keturunan
  5. Tidak sempurnanya pembentukan urin sehingga gagal menghasilkan zat pemisah antara zat-zat kristal yang ada di saluran kemih
  6. Infeksi ginjal
  7. Kurang banyak minum air
  8. Memakan terlalu banyak makanan tinggi protein tanpa diimbangi dengan minum air yang cukup
  9. Ginjal mengalami masalah terlalu banyak memproduksi asam amino sistinuria

Itulah beberapa obat tradisional untuk batu ginjal dan beberapa sebab bagaimana batu ginjal bisa terjadi padamu. Semoga dengan membaca artikel ini kamu bisa menemukan obat yang tepat dan tidak terjangkit batu ginjal untuk sisa akhir hidupmu. Selamat merawat kesehatan ginjalmu!

Baca juga:

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan