Sponsors Link

Obat Sakit Ginjal Tradisional yang Aman dan Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Dewasa ini sepertinya berbagai penyakit serius semakin marak bermunculan, mulai dari diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, penyakit ginjal, dan masih banyak lagi. Menilik mengenai faktor penyebabnya, kita dapat menyimpulkan bahwa faktor terbesar adalah karena pola hidup yang tidak sehat, seperti seringnya konsumsi makanan yang instan, asupan gula berlebih, dan kurangnya olahraga.

ads

Berbicara mengenai penyakit ginjal, sebenarnya terdapat berbagai macam penyakit ginjal yang umumnya dikeluhkan. Dan apabila kita ingin mengobatinya, maka langkah pertama yang perlu kita perhatikan adalah jenis penyakit ginjal yang diderita. Hal ini karena masing-masing membutuhkan pengobatan yang berbeda.

Berikut ini kami jelaskan berbagai jenis penyakit ginjal beserta obat sakit ginjal tradisional :

  1. Infeksi ginjal

Penyakit ginjal pertama yang umum dialami adalah infeksi ginjal. Infeksi ginjal merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya bakteri pada ginjal. Bakteri ini masuk dari luar tubuh melalui kulit di sekitar uretra, kemudian masuk ke dalam kandung kemih, dan akhirnya menuju ginjal. Wanita memiliki ukuran uretra yang lebih pendek dari laki-laki dan inilah yang menyebabkan wanita cenderung lebih mudah terserang infeksi ginjal.

Adanya infeksi pada ginjal biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan nyeri. Dan bakteri yang umumnya menyerang adalah bakteri yang berasal dari kotoran manusia, yaitu bakteri E. coli. Beberapa gejala pada infeksi ginjal diantaranya adalah munculnya darah atau nanah pada urin, rasa sakit pada bagian samping perut, mudah kelelahan, mual dan muntah, diare, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa obat tradisional untuk infeksi ginjal :

  • Kunyit

Kunyit dapat menjadi salah satu obat tradisional untuk ginjal. Hal ini karena kunyit mengandung polifenol yang dapat berperan sebagai anti-bakteri untuk menangkal infeksi pada ginjal. Cara membuat obat sakit ginjal tradisional dari kunyit cukup mudah, yaitu hanya dengan merebus dan langsung dapat dikonsumsi.

  • Jahe

Selain kunyit, jahe juga dapat menjadi alternatif lainnya sebagai obat tradisional infeksi ginjal. Jahe memiliki senyawa gingerol yang dapat berfungsi sebagai anti-bakteri untuk menangani infeksi ginjal.

  • Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki pH yang cukup asam sehingga dapat menghilangkan bakteri yang masuk, hal ini menjadikan cuka sari apel dapat menjadi salah satu pilihan obat tradisional untuk mengatasi infeksi ginjal.

  1. Batu ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang bekerja setiap hari untuk melakukan penyaringan limbah dan kotoran di dalam tubuh. Namun terkadang, kotoran dan limbah tersebut sulit dikeluarkan karena tidak dapat larut. Penyebab kondisi seperti ini adalah kurangnya cairan untuk melarutkan, sehingga limbah tertahan di dalam ginjal dan membentuk batu ginjal.

Sponsors Link

Adanya batu ginjal ini biasanya akan menimbulkan rasa nyeri pada penderitanya. Batu ginjal juga dapat tersangkut di saluran ureter sehingga membuat penderitanya tidak dapat buang air kecil. Batu ginjal yang berukuran kecil masih dapat diatasi dengan cara banyak minum air putih sehingga batu dapat tergolong keluar. Namun apabila batu sudah membesar, batu tersebut perlu dihancurkan dengan metode yang direkomendasikan oleh dokter.

ads

Untuk mengatasi batu ginjal, berikut ini obat tradisional yang dapat Anda coba :

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak khasiat. Dan minyak zaitun juga dinilai dapat menjadi ramuan untuk menghancurkan batu ginjal. Untuk mengkonsumsinya, sediakan minyak zaitun dan jus lemon masing-masing sebanyak 5 ons untuk kemudian diminum bersamaan. Jangan lupa minum air putih setelah 30 menit meminum ramuan minyak zaitun.

  • Kacang merah mentah

Alternatif selanjutnya untuk batu ginjal adalah mengkonsumsi kacang merah mentah. Di dalam makanan ini terdapat kandungan magnesium yang tinggi yang dapat membantu mengatasi batu ginjal.

  1. Gagal ginjal akut

Gagal ginjal akut merupakan kondisi penurunan ginjal yang terjadi secara mendadak, akibatnya ginjal tidak dapat melakukan penyaringan kotoran. Apabila tidak segera diatasi, gagal ginjal akut dapat menjadi sangat membahayakan karena limbah yang tertumpuk di dalam tubuh dapat berubah menjadi racun bagi tubuh.

Penyebab gagal ginjal akut yang paling umum adalah karena adanya komplikasi dari penyakit serius lainnya.  Selain itu gagal ginjal akut dapat disebabkan oleh aliran darah ke ginjal terhambat dan adanya cedera pada ginjal itu sendiri.

Gejala yang biasa menyerang penderita gagal ginjal akut diantaranya, berkurangnya produksi urin, mual dan muntah, berkurangnya nafsu makan, tingginya tekanan darah, sesak nafas, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa obat tradisional yang banyak direkomendasikan untuk gagal ginjal akut :

  • Rujak polo

Rujak polo dipercaya dapat menjaga efektivitas fungsi ginjal dalam memproduksi urin. Selain itu, rujak polo juga memiliki kandungan senyawa analgesik dapat meringankan nyeri.

  • Cendana merah

Cendana merah merupakan tanaman yang memiliki kandungan senyawa antimikrobial dan memiliki sifat diuretik yang memudahkan pembentukan urin sehingga dapat meningkatkan produksi urin. Untuk mengkonsumsinya, pertama rebus daun cendana merah dengan air secukupnya. Baru kemudian minum air rebusan secara teratur.

  1. Gagal ginjal kronis

Gagal ginjal kronis merupakan salah satu penyakit yang sangat serius. Pasalnya, apabila seseorang telah teridentifikasi menderita penyakit gagal ginjal kronis, itu tandanya fungsi ginjal sudah mengalami penurunan yang cukup parah. Tidak seperti gagal ginjal akut yang biasanya langsung terdeteksi, gagal ginjal kronis tidak memberikan gejala awal yang cukup menonjol sehingga kebanyakan penderitanya mengabaikan. Inilah mengapa biasanya kebanyakan penderita gagal ginjal kronis mengetahui kondisinya ketika sudah sampai tahap lanjut.

Dan apabila kondisi semakin parah, seseorang akan dikatakan masuk stadium akhir apabila ginjalnya tidak berfungsi sama sekali. Hal yang bisa dilakukan dalam keadaan ini adalah melakukan cuci darah secara rutin atau melakukan tranplantasi ginjal.

Sponsors Link

Sampai saat ini, belum ada pengobatan yang dapat benar-benar menyembuhkan penyakit gagal ginjal kronis. Dan berikut ini adalah obat tradisional yang dapat membantu memulihkan kondisi penderita gagal ginjal kronis :

  • Daun binahong

Daun binahong merupakan tanaman yang memiliki kandungan yang dapat memperbaiki fungsi ginjal dan menurunkan kadar kreatinin, dimana adanya kreatinin berlebih merupakan salah satu indikasi adanya kerusakan pada ginjal. Tidak hanya itu, daun binahong juga dapat melancarkan aliran darah. Untuk mengkonsumsinya, rebus daun binahong bersama segelas air sampai mendidih. Minum secara rutin setiap hari.

  • Daun keji beling

Daun keji beling memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya B1, B2, asam silat, vitamin C, fosfor, ferum, natrium, dan kalsium. Dan campuran dari kandungan tersebut dinilai dapat memulihkan kondisi ginjal yang rusak.

Sekian artikel mengenai obat sakit ginjal tradisional. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :