Sponsors Link

18 Alternatif Obat Sakit Ginjal Paling Ampuh dari Bahan Herbal

Sponsors Link

Ginjal merupakan dua organ di sekitar pinggang yang memiliki fungsi untuk membuang limbah sisa metabolisme sehingga darah menjadi lebih bersih. Ginjal yang mengalami gangguan bisa menyebabkan seseorang kehilangan kemampuan membersihkan darah dari limbah, sehingga akan berbahaya bagi metabolisme secara keseluruhan dari tubuh tersebut. Maka dari itu, jika sakit ginjal sudah terjadi, diperlukan informasi mengenai obat sakit ginjal paling ampuh yang bisa membantu mengurangi gejala dari sakit ginjal itu sendiri. Berikut beberapa obat yang direkomendasikan.

ads
  1. Daun sukun

Daun sukun adalah salah satu bahan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk obat sakit ginjal secara alami dan juga aman. Daun sukun mengandung beberapa senyawa yang cocok untuk gagal ginjal kronis yang masih belum parah. Caranya adalah rebus 5 lembar daun sukun pada air 4 gelas. Rebus hingga menjadi setengah gelas. Minum air rebusannya setelah makan.

  1. Daun sirsak

Daun sirsak juga merupakan salah satu bahan alami yang biasa dijadikan obat sakit ginjal paling ampuh. Cara kerjanya adalah untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada ginjal. Caranya adalah rebus 7 lembar daun sirsak dan 5 lembar daun sirih merah pada 4 gelas air. Rebus hingga air rebusan menjadi setengahnya. Konsumsi air rebusan selagi hangat selama 2 kali sehari.

  1. Kumis kucing

Kumis kucing juga merupakan salah satu bahan alami yang aman digunakan untuk Pengobatan Gagal Ginjal Selain Cuci Darah. Bagian yang digunakan adalah daunnya. Caranya adalah dengan merebus daun kumis kucing pada 3 gelas air. Terus rebus hingga airnya tinggal 1,5 gelas saja. Saring dan konsumsi air rebusannya sebanyak 3 kali sehari.

  1. Daun sendok

Walau belum ada penelitian yang benar-benar meneliti khasiat daun sendok untuk sakit ginjal, namun nyatanya daun sendok ini memang sering digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk obat sakit ginjal paling ampuh. Caranya adalah dengan menghaluskan 7 lembar daun sendok dan peras untuk mendapatkan sarinya. Campur  dengan madu kuarng lebih 1 sendok teh saja. Konsumsi ramuan ini sebanyak 3 kali sehari untuk mengatasi batu ginjal.

  1. Tanaman tanjung

Tanaman tanjung merupakan salah satu tanaman yang sering dijadikan alternatif pengobatan batu ginjal. Caranya adalah dengan mengambil sari tanaman tanjung yang sudah dihaluskan sebelumnya. Sari itu kemudian bisa dikonsumsi untuk membantu menghancurkan batu ginjal.

  1. Daun meniran

Daun meniran yang merupakan salah satu tanaman obat ini juga kerap kali direkomendasikan untuk pasien sakit ginjal, terutama batu ginjal. Caranya adalah dengan menghaluskan 8 lembar daun meniran dengan air 1 gelas. Lalu, ramuan itu perlu disaring untuk kemudian airnya dikonsumsi secara rutin 2 kali sehari.

Sponsors Link

  1. Rumput upas

Rumput upas adlaah salah satu tanaman yang memiliki senyawa aktif yang bisa membantu mengatasi batu ginjal. Caranya adalah dengan mencuci 10 gram rumput upas untuk kemudian direbus bersama 4 gelas air. Sisakan air rebusannya menjadi 2 gelas saja. Setelah itu, konsumsi air rebusannya pada pagi dan malam hari.

  1. Mentimun

Buah mentimun juga kerap kali menjadi salah satu alternatif tanaman alami untuk obat sakit ginjal paling ampuh. Mentimun adalah salah satu Buah untuk Batu Ginjal yang bisa membantu mengatasi gangguan tersebut. Namun mentimun kurang cocok bagi penderita yang memiliki tekanan darah rendah.  Caranya adalah dengan mengonsumsinya secara teratur.

ads
  1. Temulawak

Temulawak yang sering dijadikan salah satu bahan pengobatan herbal ini juga memiliki khasiat untuk mengatasi sakit ginja, terutama ginjal bocor. Temulayaj bisa dikonsumsi dengan cara meminum air rebusannya sebanyak 3 kali sehari. Jangan lupa untuk menyaring air rebusan temulawak agar tidak mengganggu sistem pencernaan.

  1. Rumput mutiara

Rumput mutiara adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat. Salahs atu manfaatnya adalah untuk menjaga kesehatan gnjal. Rumput mutiara bisa dikonsumsi dengan cara merebusnya dengan air. Air rebusan tersebut kemudian bisa dikonsumsi. Untuk hasi terbaik, bisa juga ditambah dengan daun sendok dan daun kumis kucing sebagai bahan tambahannya.

  1. Bawang putih

Jika sakit ginjal yang diderita adalah sakit ginjal karena infeksi atau sakit ginjal bocor, maka bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebaagai obat sakit ginjal yang sesuai dan mudah didapatkan. Hal ini dikaernakan bawang putih bisa membantu mengatasi inflamasi yang ada di dalam tubuh. Selain itu bawang putih juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan juga membantu mengatasi kolesterol.

  1. Mahkota dewa

Daun mahkota dewa adalah alternatif pengobatan sakit ginjal secara alami berikutnya. Penyakit ginjal yang bisa diatasi dengan mahkota dewa adalah penyakit ginjal bocor. Caranya adalah dengan merebus daun mahkota dewa. Kemudian, air rebusan daun mahkota dewa bisa dikonsumsi secara teratur.

  1. Daun alpukat

Daun alpukat bisa juga digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat Obat Gangguan Ginjal pada penderita sakit ginjal. Caranya adalah dengan merebus kurang lebih 10 lembar daun alpukat dengan 4 gelas air. Kemudian sisakan air rebusannya menjadi 2 gelas saja dan konsumsi di pagi dan malam hari.

  1. Daun sambiloto

Daun sambiloto juga merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah sangat sering dijadikan pengobatan terhadap beberapa penyakit. Daun ini juga bisa meredakan gejala sakit ginjal. Caranya adalah dengan merebus 7 lembar daun sambiloto dengan 4 glas air. Sisakan air rebusan menjadi setengahnya. Konsumsi air rebusan daun sambiloto pada pagi dan malam hari.

Sponsors Link

  1. Daun keji beling

Daun keji beling bisa juga digunakan untuk membantu meredakan gejala sakit ginjal. Bahan yang perlu disiapkan adalah daun keji beling,daun kumis kucing, dan daun meniran serta akar meniran. Caranya adalah dengan merebus semua bahan dengan 3 gelas air. Sisakan air rebusannya menjadi 2 gelas dan konsumsi ramuan ini secara teratur.

  1. Guarana

Selain Cara Mengobati Gagal Ginjal Secara Medis, gagal ginjal juga bisa diatasi dengan bantuan obat herbal. Guarana merupakan salah satu obat herbal yang sering dijadikan alternatif pengobatan gagal ginjal. Guarana ini bisa dijadikan obat dengan cara mengonsumsi obat herbal yang dibuat dari tanaman ini. Guarana memang berasal dari hutan Amazon dan sering kali masuk ke Indonesia sebagai obat herbal yang sudah jadi. Obat ini berkhasiat untuk mengatasi gejala lemah, lesu, capek, dan anemia dari penderita gagal ginjal.

  1. Kaktus ekor tikus

Kaktus ekor tikus adalah salah satu jenis tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi sakit ginjal. Caranya adalah dengan mengambil sari-sari dari kaktus tersebut lalu dicampur dengan kuning telur. Gunakan telur ayam kampung yang mentah, lalu konsumsilah secara teratur. Obat ini cocok untuk mengatasi ginjal bocor.

  1. Akasia

Oabat sakit ginjal berikutnya adalah akasia. Akasia adalah tanaman yang juga sering dijadikan alternatif pengobatan penyakit ginjal. Caranya adalah dengan menggunakan serat akasia yang bisa didapatkan dari air rebusan akasia kering. Rebus akasia kering pada 4 gelas air dan sisakan air rebusannya menjadi 2 gelas saja. Minum sebanyak 2 kali sehari.

Itulah beberapa alternatif obat sakit ginjal paling ampuh dari bahan-bahan herbal yang direkomendasikan. Untuk lebih jelasnya mengenai khasiat dari berbagai bahan herbal yang disebutkan di atas, tanyakan dulu dengan dokter Anda, apakah bahan tersebut cocok untuk Anda atau tidak, mengingat jenis penyakit ginjal juga berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Selain itu, hindari juga beberapa Pantangan Makanan Penderita Ginjal agar gejala sakit ginjal tidak bertambah parah. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan