Sponsors Link

27 Obat Penyakit Ginjal Herbal dan Medis yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Sakit ginjal bisa terjadi karena banyak hal. Bisa karena pola hidup yang buruk atau bisa juga karena efek samping dari penyakit tertentu. Bahkan sakit ginjal juga bisa terjadi karena efek samping dari obat-obatan tertentu yang dikonsumsi dalam jangka panjang. Jika seseorang terserang penyakit ginjal, maka pengobatan biasanya dilakukan pada penyebabnya dan juga dengan tujuan untuk mencegah semakin parahnya gangguan ginjal yang terjadi. Salah satu cara pengobatan ginjal adalah dengan cuci darah. Namun pengobatan penyakit ginjal ini sendiri bisa juga dilakukan dengan Pengobatan Gagal Ginjal Selain Cuci Darah, salah satunya dengan dengan obat-obatan herbal yang lebih alami.

ads

Berikut ini ada beberapa jenis obat penyakit ginjal herbal dan tradisional yang bisa digunakan untuk membantu meringankan gejala penyakit ginjal.

  1. Daun keji beling

Nama daun ini mungkin masih asing di telinga. Namun, daun yang termasuk tanaman perdu ini merupakan salah satu bahan alami yang bisa membantu menurunkan risiko gangguan ginjal. Daun ini biasanya disarankan juga pada orang dengan penyakit diabetes. Caranya adalah dengan menyeduh daun keji beling hingga menjadi minuman herbal seperti teh dengan dicampur bersama daun kumis kucing, kunyit, dan juga batang meniran. Rebus kesemua bahan pada air hingga volume air tinggal 3/4 nya. Lalu konsumsi air rebusan herbal ini. Daun ini juga biasa dijadikan obat-obatan yang bisa dikonsumsi untuk meringankan sakit ginjal, terutama untuk gangguan batu ginjal.

  1. Daun dadap

Daun dadap merupakan salah satu daun yang sering dijadikan obat herbal bagi wanita untuk memperlancar ASI dan haid. Daun dadap rupanya juga bisa memperbesar potensi penyembuhan batu ginjal. Caranya adalah dengan mengolahnya menjadi menu masakan sayur dan mengonsumsinya secara rutin. Atau bisa juga dengan membeli obat herbal yang mengandung daun dadap, cocor bebek, dan juga kunyit.

  1. Daun gempur batu

Daun gempur batu adalah tanaman yang memiliki kalium tinggi sehingga bisa membantu menghancurkan batu ginjal. Daun ini jug abisa membantu meringankan penyakit ginjal yang berat maupun yang ringan. Daun gempur batu juga cukup banyak dijadikan obat herbal yang bisa dikonsumsi oleh penderita ginjal. Biasanya, ramuan ini dicampur dengan semanggi hitam dan juga daun kembang buang. Jika ingin membuat sendiri ramuannya, campurkan ketiga bahan lalu rebus sampai air menyusut setengah. Lalu konsumsi sebanyak 2 kali sehari.

  1. Daun alpukat

Obat penyakit ginjal berikutnya adalah daun alpukat. Daun tanaman alpukat memiliki ukuran yang cukup besar. Ramuan herbal dari daun alpukat bisa juga membantu meringankan gejala sakit ginjal. Caranya adalah dengan merebis 7 lembar daun alpukat dengan air 100 ml. Kemudian konsumsi air rebusan itu 2 kali dalam sehari.

  1. Rambut jagung

Rambut jagung merupakan salah satu bahan alami yang bisa juga digunakan untuk membantu meredakan gejala dari sakit ginjal. Caranya adalah siapkan rambut jagung, daun kumis kucing, dan juga akar alang-alang. Cuci bersih semua bahan tersebut dan rebus ke dalam 600 ml air. Rebus terus hingga air menjadi setengahnya. Konsumsi selagi hangat sebanyak 100 ml (3 kali dalam sehari).

  1. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang memang memiliki banyak khasiat untuk mengobati penyakit-penyakit, salah satunya adalah sakit ginjal ini. Caranya adalah dengan mencampurkan bawang putih dengan jeruk nipis dan bawang bombai. Cuci dan haluskan ketiga bahan. Kemudian minum ramuan tradisional ini sebanyak 3 kali setiap harinya, masing-masing 1 sendok makan saja.

  1. Daun sukun

Tanaman sukun, terutama daunnya juga bisa membantu mengobati sakit ginjal yang diderita oleh seseorang. Daun sukun mengandung beberapa senyawa yang sangat baik untuk ginjal dan penyakit diabetes serta penyakit kardiovaskuler. Caranya adalah cuci beberapa daun sukun dan kemudian rebus hingga mendidih. Saring dan konsumsi 2 kali dalam sehari.

  1. Mahkota dewa

Tanaman yang satu ini juga sudah cukup lama dikenal masyarakat sebagai tanaman herbal. Mahkota dewa memiliki senyawa yang baik untuk proses detoksifikasi pada tubuh, sehingga bisa membantu kinerja ginjal. Selain itu, tanaman ini juga bisa memperkuat sistem imun pada tubuh. Caranya adalah dengan dengan menjadikan mahkota dewa sebagai teh herbal yang dikonsumsi bersama dengan temulawak dan akar alang-alang.

Sponsors Link

  1. Daun binahong

Obat penyakit ginjal berikutnya adalah dengan memanfaatkan daun binahong. Daun ini memiliki banyak khasiat untuk bisa membantu meringankan penyakit ginjal. Caranya adalah dengan merebus daun binahong sebanyak 10-15 gram dengan segelas air. Lalu konsumsi air rebusan daun binahong selagi hangat. Atau bisa juga dengan menjadikannya teh herbal, yaitu dengan mengeringkannya dengan oven, dan bisa diseduh kapan saja sebelum makan.

  1. Daun sirsak

Daun sirsak juga sering dijadikan obat sakit ginjal yang cukup mudah didapatkan. Daun sirsak juga bisa dibuat sendiri ramuannya dengan cukup mudah untuk bisa menjadi ramuan herbal penyakit ginjal. Cara Mengobati Ginjal dengan Daun Sirsak adalah rebus 3-5 lembar daun sirsak pada air hingga mendidih. Kemudian saring air rebusan dan minum selagi hangat. Konsumsi sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

  1. Minyak zaitun

Penyakit ginjal juga bisa diredakan gejalanya dengan memanfaatkan khasiat dari minyak zaitun untuk kesehatan. Caranya juga cukup mudah, yaitu dengan mengonsumsi 1 sendok makan minyak zaitun setiap harinya. Minyak zaitun akan bisa membantu menyembuhkan sakit ginjal. Bahkan juga bisa menurunkan risiko kanker dan penyakit kardiovaskular lainnya.

  1. Apel

Buah apel adalah salah satu jenis buah sehat yang bisa membantu tubuh mendapatkan kesehatan maksimal. Apel yang dikonsumsi secara rutin beserta kulitnya juga akan bisa membantu menurunkan risiko penyakit ginjal. Maka dari itu, penderita ginjal bisa memanfaatkan apel sebagai bahan herbal untuk meringankan gejala penyakit ginjal.

ads
  1. Kumis kucing

Daun kumis kucing merupakan salah satu tanaman herbal yang cukup sering dimanfaatkan oleh masyarakat Asia. kumis kucing juga bisa membantu mengatasu gangguan ginjal. Caranya adalah dengan mencuci 90 gram daun dan batang kumis kucing, kemudian merebusnya dengan air 1 liter. Rebus hingga air tinggal kurang lebih 600 ml. Konsumsi 200 ml kumis kucing 3 kali dalam sehari.

  1. Temulawak

Temulawak yang merupakan salah satu tanaman herbal untuk mengatasi demam ini rupanya juga berkhasiat untuk menjadi obat herbal sakit  ginjal jika digabungkan dengan daun kumis kucing dan daun meniran. Caranya adalah ambil masing-masing 1 genggam bahan tersebut dan rebus pada 4 gelas air. Saring air dan setelah itu konsumsi 3 kali sehari.

  1. Daun sendok

Daun sendok bisa juga menjadi salah satu bahan pengobatan herbal dari sakit ginjal. Hal ini dikarenakan ada kandungan terpenoid di dalamnya yang bisa membantu menghambat pembentukan batu ginjal. Caranya adalah dengan mencuci 7 lembar daun sendok, lalu tumbuh hingga lembut. Peras dan sarings arinya, lalu tambahkan madu sebanyak 1 sendok makan. Konsumsi sebanyak 3 kali sehari.

  1. Meniran

Meniran juga digunakan pada beberapa alternatif obat herbal sakit ginjal di atas. Meniran ini memiliki kandungan senyawa yang bisa menghambat batu ginjal pada tubuh. Caranya adalah dengan memanfaatkan daun, batang, dan akar meniran. Ambil 30 gram meniran dan campukan dengan 30 gram oegagan serta 60 gram alang-alang. Kemudian rebus semua bahan pada 800 ml air hingga tinggal 450 ml saja. Konsumsi 150 ml sebanyak 3 kali dalam sehari.

  1. Rumput upas

Rumput upas merupakan salah satu tanaman yang mungkin tidak familiar namanya di telinga. Namun manfaat tanaman ini adalah bisa mencegah pembesaran batu ginjal sehingga bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan sakit batu ginjal. Caranya adalah siapkan 10 gram rumpyt upas dan rebus pada 4 gelas air. Rebus hingga air tinggal 2 gelas saja dan konsumsi airnya 2 kali sehari.

  1. Mentimun

Mentimun juga merupakan salah satu tanaman yang bisa dijadikan  Pengobatan Alternatif Gagal Ginjal untuk membantu menurunkan risiko penyakit ginjal. Mentimun bisa membantu melarutkan batu ginjal sehingga bisa mempercepat sembuhnya penyakit ginjal. Caranya adalah dengan mengonsumsi timun secara teratur. Namun perhatikan apakah Anda memiliki riwayat darah rendah atu tidak, karena mentimun bisa membuat tekanan darah menjadi lebih rendah.

  1. Lobak

Lobak adalah salah satu jenis sayuran yang bisa dikonsumsi secara sehat. Rupanya lobak ini juga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang bisa membantu meredakan peradangan pada ginjal. Caranya adalah siapkan 200 gram lobak untuk diblender. Jangan lupa kupas dulu lobak agar kulitnya hilang. Konsumsi jus lobak sehari 3 kali untuk bisa mempercepat kesembuhan dari sakit ginjal.

  1. Daun sambiloto

Obat penyakit ginjal berikutnya adalah daun sambiloto. Dauns sambiloto juga berkhasiat untuk meredakan kolesterol dan cocok bagi orang yang menderita kolesterol dan sakit ginjal. Caranya adalah merebus 7 lembar daun sambiloto yang sudah dicuci bersh ke dalam 4 gelas air. Kemudian biarkan air rebusan tinggal 2 gelas. Konsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari.

  1. Guarana

Guarana merupakan jenis tanaman. Guarana bisa membantu meredakan gejala sakit ginjal. Namun tanaman yang satu ini biasa tumbuh di Hutan Amazon. Jika Anda mendapati buah guarana di daerah Anda, maka buah ini bisa dikonsumsi secara teratur untuk mengatasi sakit ginjal.

  1. Akasia

Tanaman yang satu ini juga bisa membantu meredakan sakit ginjal dengan cukup ampuh. Akasia juga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan. Caranya adalah rebus akasia kering dengan air sebanyak 4 gelas. Rebus terus hingga 2 gelas dan konsumsi sebanyak 2 kali sehari.

Sponsors Link

Selain beberapa obat herbal di atas, sakit ginjal juga bisa dibantu untuk lekas sembuh dengan beberapa obat-obatan medis dari dokter. Biasanya, dokter akan memberikan rekomendasi obat seperti berikut:

  1. Antibiotik

Ciri Ciri Infeksi Ginjal adalah keberadaan bakteri di ogran tersebut. Jika sakit ginjal dikarenakan infeksi bakteri, maka obat antibiotik adalah yang paling tepat. Obat antibiotik biasanya diresepkan oleh dokter untuk pasien sakit ginjal agar bisa pulih sepenuhnya dari bakteri yang menginfeksi. Jangka waktu pemulihan ini juga tergantung seberapa parah bakteri yang menginfeksi.

  1. Obat pereda rasa sakit

Jika sakit ginjal menimbulkan rasa sakit yang luar biasa pada daerah di sekitarnya, maka pemberian Obat Batu Ginjal di Apotek bisa dilakukan dengan obat pereda rasa sakit. Obat pereda rasa sakit ini tidak bisa mengobati, hanya membantu menenangkan gejala sakit saja. Konsumsi obat ini juga perlu dengan resep dokter, karena tidak semua obat pereda rasa sakit aman bagi penderita ginjal.

  1. Obat diuretik

Obat diuretik adalah salah satu jenis obat penyakit ginjal yang sering digunakan dalam dunia kesehatan. Tujuan pemberian obat adalah untuk membantu membuang cairan dan tumpukan cairan yang berlebihan di dalam tubuh. Obat ini bisa diberikan pada penderita ginjal yang memiliki gejala pembengkakan pada kaki. Namun tentunya diperlukan resep dokter untuk menggunakan obat ini.

  1. Obat untuk hipertensi

Tidak jarang kasus sakit ginjal adalah disebabkan oleh hipertensi yang terjadi, sehingga menyebabkan aliran darah menuju dan dari ginjal menjadi tidak normal. Jika sakit ginjal seseorang disebabkan oleh hipertensi, maka obat medis untuk pasien hipertensi bisa diberikan untuk meminimalisir risiko sakit ginjal yang lebih parah.

  1. Obat antiemetik

Seringkali penderita ginjal juga mengalami gejala mual dan muntah-muntah. Hal ini disebabkan karena rasa rongga mulutnya tidak enak seperti rasa logam. Untuk mengatasi hal ini, biasanya digunakan obat antiemetik sesuai dengan petunjuk dokter

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai obat penyakit ginjal, baik yang herbal maupun yang medis. Semoga bisa memberikan referensi pengobatan sakit ginjal yang sesuai. Jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter sebagai antisipasi gejala yang lebih parah. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan