Sponsors Link

5 Jenis Obat Penghancur Batu Ginjal Resep Dokter

Sponsors Link

Batu ginjal merupakan bagian padat berbentuk batu yang ada di dalam organ ginjal yang terbentuk dari zat terkandung dalam urine. Penyakit batu ginjal bukanlah jenis penyakit yang bisa dianggap remeh sebab bisa mengganggu seluruh sistem tubuh. Gejala dari batu ginjal yang mudah dikenali diantaranya adalah terdapat darah dalam urine sehingga urine berwarna merah, merah mudah atau coklat, muntah dan mual, urine berbau busuk, demam, panas dingin dan sering muncul keinginan buang air kecil namun urin yang bisa keluar hanya sedikit. Batu tersebut bisa terbentuk apabila urine mengandung banyak zat pembentuk kristal yang akhirnya akan membesar dalam hitungan minggu atau bulan dan dehidrasi menjadi faktor utama terbentuknya batu ginjal. Sedangkan pengobatan batu ginjal sangatlah beragam tergantung dari jenis batu seperti batu kalsium, batu asam urat dan juga batu struvit serta penyebab batu ginjal pada pria dan wanita. Berikut ini, kami akan berikan beberapa obat penghancur batu ginjal resep dokter yang biasanya akan diberikan pada pasien.

ads

Jenis Jenis Batu Ginjal

Batu ginjal terdiri dari beberapa jenis sehingga untuk pemberian obat juga harus disesuaikan dengan jenis batu ginjal tersebut. Jenis jenis batu ginjal tersebut diantaranya adalah:

  • Batu kalsium oksalat: Jenis batu yang terbentuk saat urine bersifat asam dan mempunyai pH rendah. Oksalat dan kalsium yang ada dalam makanan juga berperan penting sebagai penyebab batu kalsium oksalat seperti sayuran, buah buahan dan kacang kacangan.
  • Batu kalsium fosfat: Batu yang terbentuk pada saat urine bersifat basa memiliki pH sangat tinggi yakni lebih dari 7.
  • Batu asam urat: Terbentuk karena urine terus menerus bersifat asam yang disebabkan karena makanan tinggi protein hewani dan zat purin seperti kerang, jeroan serta ikan.
  • Batu struvite: Terbentuk karena infeksi pada ginjal.
  • Batu cystine: Batu yang terbentuk karena kelainan genetik langka sehingga asam amino cystine yang merupakan salah satu pembentuk protein mengalami kebocoran kemudian masuk ke dalam ginjal serta urine sehingga membentuk kristal.
  1. Obat Antibiotik

Untuk jenis batu ginjal struvit, umumnya akan diberikan obat penghancur batu ginjal resep dokter berupa antibiotik atau juga bisa diberikan asam acetohydroxamic [AHA] selain juga bisa diatasi dengan jus penghancur batu ginjal.

  1. Allopurinol

Allopurinol merupakan jenis obat yang berfungsi untuk mengurangi produksi asam urat dalam tubuh pasien. Obat ini umumnya digunakan untuk membantu menghancurkan batu ginjal jenis batu asam urat.

  1. Alpha Channel Blocker

Ada beberapa jenis obat yang termasuk golongan Alpha Channel Blockers seperti Terazosin, Tamsulosin dan juga Doxazosin yang juga merupakan jenis obat untuk penanganan batu ginjal. Salah satu jenis obat Alpha Channel Blocker yakni obat Tamsulosin sangat baik digunakan untuk batu ginjal yang berukuran lebih besar. Sedangkan batu ginjal yang berukuran lebih kecil biasanya dapat keluar dengan sendirinya tanpa bantuan obat obatan. Pasien yang mempunyai ukuran batu ginjal sekitar 5 sampai 10 milimeter sesudah minum obat Tamsulosin umumnya bisa keluar dari tubuh beberapa hari sesudah minum obat tersebut.

  1. Diuretik Thiazide

Diuretik Thiazide merupakan jenis obat yang berguna untuk meningkatkan produksi urine yang dilakukan organ ginjal. Dengan pemberian obat ini, maka diharapkan ciri ciri batu ginjal yang berukuran lebih kecil nantinya bisa keluar dengan sendirinya bersama dengan urine. 

Sponsors Link

  1. Natrium Bikarbonat

Natrium bikarbonat atau biasa disebut juga dengan natrium sitrat merupakan obat yang umumnya diberikan untuk mengatasi beberapa gejala yang timbul akibat produksi asam lambung terlalu berlebihan. Selain itu, obat ini juga bisa membantu ginjal untuk mengeluarkan kandungan asam urat yang bisa memicu pembentukan ciri ciri penyakit batu ginjal.

Beberapa jenis obat diatas memang bisa digunakan untuk mengobati batu ginjal. Namun, tidak semua jenis batu ginjal bisa dikeluarkan dengan obat obatan. Untuk mengatasi batu ginjal berukuran kecil, sebenarnya masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti:

  • Minum air putih sebanyak 2 hingga 3 liter per hari untuk melancarkan sistem kemih.
  • Untuk meringankan rasa tidak nyaman yang disebabkan batu ginjal berukuran kecil, bisa mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol, ibuprofen atau naproxen agar rasa nyeri bisa diringankan.
  • Menjauhi makanan yang dihindari penderita batu ginjal.
  • Untuk penanganan batu ginjal berukuran besar, umumnya harus dilakukan prosedur khusus seperti menggunakan laser, ultrasound atau operasi ureteroscopy.

Demikian ulasan dari kami kali ini tentang beberapa jenis obat penghancur batu ginjal resep dokter yang biasa diberikan. Namun untuk mengkonsumsi beberapa obat obatan tersebut, maka harus dikonsultasikan dengan dokter agar bisa memperoleh pengobatan sesuai dengan jenis batu ginjal yang diderita.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan