Sponsors Link

Obat Penghancur Batu Ginjal Alami dan Apotek

Sponsors Link

Ketika didiagnosis memiliki batu ginjal, maka biasanya orang akan lebih memilih untuk mengkonsumsi obat penghancur batu ginjal alami dibandingkan dengan obat kimia yang bisa dibeli di apotek karena takut akan efek samping yang bisa ditimbulkan. Batu ginjal sendiri merupakan jenis penyakit yang bisa menimbulkan gejala menyakitkan dan jika dibiarkan, maka bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit infeksi saluran kemih. Bagi anda yang merasakan gejala batu ginjal tersebut seperti rasa sakit di area punggung, perut bawah dan juga ketika buang air kecil, maka beberapa obat penghancur batu ginjal alami dan apotek berikut bisa dipilih untuk digunakan.

ads

Obat Penghancur Batu Ginjal Apotek

Sebenarnya, tidak semua obat untuk ciri ciri batu ginjal harus memakai resep dokter. Ada beberapa jenis obat golongan anti inflamasi non steroid seperti ibuprofen atau naproxen yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Namun jika diperiksakan ke dokter, maka kemungkinan dokter juga akan memberikan resep obat AINS lain seperti diclofenac, celecoxib, etodolac, indometachin atau piroxicam yang bisa membantu proses pengeluaran batu ginjal. Akan tetapi perlu diketahui jika beberapa jenis obat tersebut hanya berguna untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkan saja.

Jenis obat lain yakni alpha blockers juga bisa merileksasikan sekaligus melebarkan otot kandung kemih sehingga nantinya batu ginjal bisa dikeluarkan lebih mudah termasuk untuk batu ginjal pada anak. Sedangkan untuk obat menghancurkan batu ginjal sendiri umumnya akan tergantung dari jenis batu ginjal, yakni:

  • Batu ginjal kalsium: Kasus yang paling banyak terjadi dan akan diatasi dengan resep dokter seperti potassium citrate, orthophospate atau thiazides.
  • Batu ginjal asam urat: Terbentuk dari asam urat yang seharusnya dikeluarkan dari tubuh bersama urin. Obat batu ginjal yang bisa diberikan adalah allopurinol, potassium citrate atau sodium bicarbonate.
  • Batu ginjal sistin: Terbentuk dari zat kimia sistin dimana penanganan batu ginjal ini bisa dicegah dengan pemberian tiopronin, peniccilamine atau potassium citrate.
  • Batu ginjal struvit: Terjadi karena penderita mengalami infeksi ginjal. Jika ini yang terjadi, maka penderita harus minum antibiotik untuk mengatasi infeksi terlebih dulu sekaligus untuk mencegah batu ginjal baru terbentuk dan untuk mengeluarkan batu ginjal maka mungkin dilakukan dengan jalan operasi.

Obat Herbal Penghancur Batu Ginjal

Selain bisa diatasi dengan obat dokter atau apotek, ada beberapa bahan herbal alami yang bisa digunakan sebagai obat tradisional menghancurkan batu ginjal, seperti:

  1. Air Lemon dan Minyak Zaitun

Kombinasi kedua bahan ini bisa digunakan untuk cara mengeluarkan batu ginjal secara alami dari tubuh. Asam sitrat dari lemon akan membantu untuk menghancurkan kalsium pembentuk batu ginjal sekaligus menghentikan perkembangan ukuran.

  • Campur 4 sendok makan perasan lemon dengan 4 sendok makan minyak zaitun.
  • Minum campuran ini disertai dengan banyak air putih.
  • Lakukan 2 hingga 3 kali sehari selama 3 hari berturut turut.
  1. Cuka Apel

Sama seperti lemon, cuka apel juga bisa digunakan untuk menghancurkan ciri ciri batu ginjal awal sekaligus memberikan sifat alkaline pada darah serta urin. Anda hanya perlu mengkonsumsi campuran 2 sendok makan cuka apel organik dengan 1 sendok teh madu bersama 1 cangkir air hangat sebanyak beberapa kali sehari. 

Sponsors Link

  1. Delima

Baik biji delima atau airnya sama sama memiliki sifat astringent sehingga bisa dikonsumsi untuk memperkecil ukuran batu ginjal dan mengatasi ciri ciri penyakit batu ginjal. Anda hanya harus mengkonsumsi 1 buah delima utuh beserta bijinya atau minum 1 gelas jus delima segar.

  1. Daun Jelatang

Jelatang adalah tanaman yang pada seluruh bagiannya ditumbuhi dengan bulu halus. Daun ini juga bisa digunakan untuk merangsang aliran air dari ginjal sampai kandung kemih sehingga bisa memperlancar proses buang air kecil. Pada saat yang bersamaan, daun ini juga bermanfaat untuk mencegah gejala batu ginjal pada wanita dan pria sekaligus menghalangi bakteri.

  • Tambahkan 2 sendok makan daun jelatang yang sudah dikeringkan dan ditumbuk halus dengan secangkir air panas.
  • Diamkan hingga daun meresap ke dalam air sekitar 10 menit.
  • Saring dan minum sebanyak 2 sampai 3 cangkir teh daun jelatang setiap hari dalam beberapa minggu.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan