Sponsors Link

Apakah benar Obat Maag Bisa Memicu Penyakit Ginjal?

Sponsors Link

Penyakit asam lambung yang juga sering disebut dengan maag umumnya membuat penderita merasakan nyeri atau terbakar di area dada, sakit tenggorokan dan batuk. Ketika gejala dari asam lambung yang sangat menyakitkan ini terjadi, maka para penderita akan sering mengkonsumsi obat maag untuk meredakan gejala tersebut sehingga bisa tetap melakukan aktivitas sehari hari dengan baik. Namun perlu diketahui jika mengkonsumsi obat maag terlalu sering juga bisa menyebabkan efek samping berbahaya untuk kesehatan tubuh seperti macam macam penyakit ginjal. Dari beberapa penelitian memperlihatkan jika orang yang sering mengkonsumsi obat maag bisa memicu penyakit ginjal lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi obat maag. Namun, tidak semua obat maag bisa menyebabkan penyakit ginjal terjadi dan hanya berlaku untuk beberapa jenis obat maag saja seperti yang akan kami jelaskan dibawah ini.

ads

Obat Maag Proton Pump Inhibitor

Ada banyak jenis obat maag di apotik yang bahkan juga dijual bebas di beberapa toko lain. Jenis paling umum dari obat maag adalah proton pump inhibitor atau disingkat PPI seperti lansoprazole, esomeprazole dan omeprazole. Obat ini akan bekerja dengan cara menghambat sel yang bertanggung jawab sebagai penghasil asam lambung. Seseorang dengan penyakit lambung memang lebih rentang terhadap naiknya asam lambung yakni pada saat enzim lambung tersebut naik ke kerongkongan.

Jika dibandingkan dengan obat maag lain, proton pump inhibitor memang lebih banyak digunakan karena khasiat obat yang bekerja secara cepat. Untuk itulah, banyak orang yang minum jenis obat ini bahkan sebagai langkah pencegahan sebelum gejala terjadi. Dengan kebiasaan ini, maka banyak orang yang mengkonsumsi jenis obat maag ini dalam jangka panjang bahkan sampai hitungan tahun.

Dampak Sering Minum Obat Maag

Tanpa disadari, minum obat maag jenis proton pump inhibitor ini bisa berdampak buruk pada organ lain dalam tubuh seperti gangguan ginjal. Dari penelitian mengungkapkan jika sekitar 24 ribu pasien dengan ginjal kronis, 1 dari 4 pasien pernah menjalani pengobatan dengan cara minum obat maag proton pump inhibitor tersebut. Studi berbeda dari Journal of the American Medical Association membuktikan hal yang sama dimana seseorang yang terlalu sering minum obat maag proton pump inhibitor ini akan memiliki risiko antara 20 hingga 50% lebih tinggi mengidap ciri ciri penyakit ginjal kronis.

Hingga saat ini, para ahli masih terus mempelajari mengenai bagaimana obat maag bisa memicu ginjal rusak tersebut. Namun teori yang paling banyak didapat adalah efek samping dari proton pump inhibitor tersebut. Obat maag jenis ini dicurigai bisa menurunkan tingkat magnesium secara drastis dimana magnesium ini sangat dibutuhkan ginjal agar bisa berfungsi dengan optimal.

Selain itu juga, tanda tanda ginjal rusak akan semakin parah hingga terjadi nefritis interstisial yakni peradangan pada jaringan nefron. Peradangan tersebut bisa terjadi karena efek samping dari mengkonsumsi obat maag jenis proton pump inhibitor tersebut. 

Sponsors Link

Apakah Minum Obat Maag Harus Dihentikan?

Oleh karena risiko ciri ciri ginjal bermasalah tersebut, kemungkinan banyak orang yang menjadi ragu ketika harus meneruskan pengobatan menggunakan obat maag jenis proton pump inhibitor. Akan tetapi sebelum anda benar benar memutuskan untuk berhenti mengkonsumsi jenis obat maag tersebut, ada baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter penyakit dalam. Ini sangat penting sebab jika anda memiliki penyakit asam lambung parah atau kronis, maka kemungkinan besar masih membutuhkan obat maag jenis proton pump inhibitor dalam dosis wajah sehingga hindari mengkonsumsi obat ini melebihi dosis yang sudah dianjurkan dokter atau apoteker.

Tanyakan juga apakah anda diperbolehkan berganti obat maag jenis lainnya seperti contohnya obat penghambat reseptor H2 ranitidin yang bisa sangat membantu mengatasi masalah pencernaan tanpa harus meningkatkan tanda tanda ginjal rusak dalam jangka panjang. 

Sponsors Link

Penyakit maag memang bisa disebabkan karena mengkonsumsi jenis obat maag tertentu dalam jangka panjang sehingga mengkonsumsi obat maag tersebut sebenarnya tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus dikonsultasikan dengan dokter meski obat maag jenis proton pump inhibitor tersebut memang bisa dibeli secara bebas tanpa resep dari dokter.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan