Sponsors Link

5 Obat Herbal Ginjal Kronis yang Alami dan Cara Mengkonsumsinya

Sponsors Link

Semua masalah yang berkaitan dengan organ dalam , biasanya merupakan masalah yang cukup serius apabila di biarkan saja dan tidak di tangani. Banyak sekali masalah organ dalam , dimana bagian organ dalam itu sendiri diantaranya yaitu jantung, paru-paru hati , lambung , usus besar, usus halus dan ginjal. Namun kali ini kita akan membahas hal yang terkait dengan massalah gangguan kesehatan pada giinjal.

ads

Banyak sekali jenis penyakit ginjal diantaranya yaitu inkontensia urineglikosuria , ginjal bocor penderita diabetes , kandung kemih overaktif dan lain sebagaimya . Jenis penyakit tersebut biasanya dibedakan atas penyebab serta tingkat keparahan penyakit itu sendiri. Tentunya ginjal yang mengalami gangguan perlu pengobatan , salah atu masalah ginjal yang harus segera diatasi yaitu penyakit ginjal kronis. Ada 2 jens pengobatan yaitu pengobatan medis dan pengobatan non-medis atau yang biasa dengan obat herbal. Pengobatan dengan herbal biasanya memanfaatkan tanaman yang ada , berikut menngenai beberapa obat herbal yang digunakan untuk mengatasi ginjal kronis.

Obat Herbal Ginjal Kronis

Sebelum menetahui apa saja obat herbal yang dapat digunakan untuk masalah ginjal kronis , kita perlu  mengetahui apa itu ginjal kronis. Ginjal kronis merupakan salah satu jenis penyakit ginjal yang perlu kita perhatikan , karena merupakan salah satu kondisi yang cukup parah dan perunya penanganan yang berlanjut. Pada kondisi ginjal kronis ini biasanya terjadi kerusakan ginjal yang menyeluruh , serta banyak fungsi ginjal yang tidak dapat dijalankan sehingga akan berdampak bagi kesehatan tubuh terutama bagi kesehatan organ lainnnya.

Dampak atau tanda dan gejala yang biasanya muncul di ginjal kronis ini diantaranya yaitu nyeri pinggang yang berlebihan, sakit saat buan air kecil , bengkak di beberapa bagian tubuh yaitu wajah , perut , sakit kepala , pusing ,  badan lemah , lemas dan mual . Biasanya seseorang yang terkena ginjal kronis ini tidak dapat melakukan beberapa aktivitas yang membutuhkan tenaga yang berat , selain itu system kekebalan tubuh seseorang yang menderita ginjal juga akan sangat menurun , sehingga mudah terserang penyakit. Apabila imunitas pada seseorang yang terkena ginjal tidak dijaga maka akan mengakibatkan terjadinya komplikasi.

Penananganan ginjal kronis ini ada dua cara yaitu  dengan menggunakan penanaganan medis dan non medis (tradisional) . Penanaganan medis untuk ginjal kronis biasanya memerlukan biaya yang cukup banyak , sebagai alternative lain dengan cara yang lebih ekonomis dapat memanfaatkan obat tradisional. Banyak sekali masalah gangguan ginjal melakukan penanganan dengan obat herbal diantaranya yaitu obat herbal ginjal bermasalahobat herbal ginjal akut , obat herbal ginjal infeksi dan lain sebagainya Berikut beberapa obat tradisional yang dapat dimanfaatkan sebagai penanganan ginjal kronis secara alami :

1. Daun Pepaya

Daun papaya merupakan daun yang mempunyai banyak sekali manfaat , selain itu juga mudah ditemukan. Hampir setiap bagian pohon papaya dapat dimanfaatkaan mulai dari akar , batang , daun , bunga hingga buahnya . Buah pada pohon papaya ini sangat mempunyai kandungan vitamin yang berkhasiat , selain itu pada daun papaya  memiliki kandungan anti oksidan anti bakteri dan lainnya yang dapat membantu proses penyembuhan penyakit ginjal konis cara pemanfaatannya sebagai berikut :

Sponsors Link

  • Siapkan daun papaya seperlunya , an tumbuk daun papaya tersebut hingga halus
  • Peras tumbuka daun papaya tadi dan ambil sarinya
  • Minumlah sari daun papaya tersebut secara rutin

Masalah yang dapat diatasi dengan daun pepaya selain ginjal kronis adalah infeksi sitem urin dan infeksi ginal pada ibu hamil .

2. Pare

Pare merupakan salah satu bahan olahan makanan yang digemari masyarakat , karena rasanya yang khas (pait). Selain pada bahan olahan , pare juga dapat diugunakan sebagai salah satu obat tradisional. Pare memiliki beberapa kandungan yang dapat menjaga kesehatan ginjal diantaranya pare mampu mengatasi racun yang masuk ke dalam tubuh seseorang yang terkkena ginjal kronis dan lain sebagainya. Berikut cara membuat jus pare untuk kesehatan ginjal :

ads

  • Siapkan potongan pare secukupnya
  • Siapkan air secukupnya
  • Siapkan madu secukupnya
  • Masukkan bahan-bahan tersebut tersebut kedalam blender
  • Setelah di blender siapkan , setelah itu jus pare pun bias dikonsumsi

Selain mengkonsumsi obat herbal pare kita juga diharapkan untuk mengkonsumsi menu makanan untuk ssakit ginjal ,

3. Daun Cendana Merah

Daun cendana merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan untuk obat beberapa penyakit khususnya pada masalah ginjal. Meskipun obat cendana ini jarang sekali kita dengar namun mempunyai khasiat yang sangat tinggi bagi penyakit ginjal terutama pada ginjal kronis. Hal tersebut dikarenakan daun cendana merah ini mempunyai kandungan antimikrobial erta memiliki sifat diuretik yang baik sehingga meningkatkan produksi urin karena mudah sekali mengikat air. Berikut cara penggunaannya :

  • siapkan daun cendana merah secukupnya , lalu siapkan 1 gelas air
  • rebuslah air terebut beserta daun cendana yang telah disiapkan (kuurang lebih 33 menit5menit)
  • setelah mendidih pisahkan air dengan daun cendana tadi
  • minum airnya sehari 1 kali

lakukan dengan rutin dan teratur , menghindari makanan yang dilarang untuk penyakit ginjal juga perlu perhatikan karena dapat mempengaruhi proses penembuhan ginjal kronis itu sendiri.

4. Akar Marsmellow

Biasaanya seseorang mengkonsumsi marsmellow yang telah dijadikan olahan  ternyata pada akar marsmellow dapat dimanfaatkan sebagai pegobatan tradisional , yaitu pada pengobatan herbal masalah ginjal. Akar marsmellow mempunyai sifat diuretik serta memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan organ dalam khususnya pada ginjal. berikut cara penggunaan akar arsmeloow untuk masalah ginjal :

  • ambil akr masrsmeloow secukupnya
  • siapkan air segelas dan rebuslah dengan akar tadi
  • setelah mendidih , pisahkan anttara akr dan air
  • seteah itu mnum air akar mars mellow , lakukan hal ini 1 hari sekali atau 2 hari 1 kali secara rutin

Penyebab anyang anyangan juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi sayur pare ini .

5. Jahe

Kita tentunya sudah tidak asing lagi dengan kata “jahe” , jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang sangat memiliki banyak sekali manfaat. Jahe digunakan sebagai obat tradisional oleh beberpaa penyakit salah satunya yaitu masalah ginjal ( batu ginjal pada anak ,sesak naas pada gagal ginjal kronis ) . Manfaat jahe pada ginjal ini adalah merupakan anti oksidan yang kuat dan mengandung anti inflamasi sehingga mampu mengatasi racun yang ada pada ginjal kronis. Banyak sekali penelitian yang meneliti jahe ini terhadap kesehatan organ dalam tubuh manusia . Pemanfaatan jahe pada masalah ginjal ini pun sangat mudah , yaitu dengan :

  • menyiapkan jahe yang sudah bersih secukupnya
  • Siapkan air kurang lebih 1,5 gelas , rebuslah dengan jahe yang telah disiapkan
  • bila sudah mendidih , pisahkan jahe dan air tersebut
  • masukkan madu secukupnya ke dalam air jahe
  • lalu minum , lakukan hal ini sehari satu kali secara rutin

Begitulahpenjelasan mengenai obat herbal ginjal kronis , apabila seseorang mengalami kondisi tersebut maka dapat memnafaatkan obat herbal seperti diatas. Namun tetap , kita harus melakukan konsultasi dengan doker secara rutin.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal