Sponsors Link

16 Obat Herbal Gagal Ginjal Tanpa Cuci Darah Paling Ampuh

Sponsors Link

Ginjal yang sehat adalah dambaan semua orang, dari orang anak-anak sampai dengan orang dewasa. Hal itu disebabkan karena beberapa alasan. Salah satunya adalah karena fungsi organ tubuh yang berukuran lumayan kecil ini sangat penting untuk keseluruhan sistem tubuh. Tanpa ada ginjal, pasti tubuh kita tidak bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya.

ads

Beberapa fungsi ginjal antara lain adalah menyaring sisa-sisa metabolisme, membantu mengontrol tekanan darah, membantu produksi sel darah merah dan menyeimbangkan elektrolit di dalam tubuh kita. Memiliki ginjal yang sehat membuat kita bisa merasakan banyak hal dengan nyaman. Sementara itu apabila ginjal kita sakit maka terdapat beberapa masalah tertentu yang akan kita alami dan membuat kita terhambat dalam beraktivitas. Oleh karenanya kita harus senantiasa menjaga kesehatan organ yang satu ini.

Dengan demikian, kamu harus mempelajari banyak hal seperti bagaimana melakukan penanganan batu ginjal, cara mencegah gagal ginjal, cara mengobati ginjal bocor, penyebab penyakit ginjal, beberapa ciri-ciri penyakit ginjal seperti gejala sakit ginjal pada wanita atau gejala batu ginjal pada pria dan lain sebagainya. Termasuk mempelajari obat-obatan untuk penyakit ginjal.

Salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang ginjal adalah gagal ginjal. Penyakit yang satu ini cukup populer karena bisa menyerang banyak orang. Ketika menderita gagal ginjal, maka para pasien membutuhkan berbagai macam pengobatan. Salah satu jenis obat yang bisa digunakan untuk mengobati gagal ginjal adalah obat herbal gagal ginjal. Dengan obat herbal gagal ginjal tanpa cuci darah ini maka kamu bisa mengobati penyakit gagal ginjal dengan mudah tanpa harus melakukan cuci darah.

Perlu kita ketahui bersama bahwa obat herbal gagal ginjal tanpa cuci darah di bawah ini bisa digunakan untuk mengobati gagal ginjal, akan tetapi penggunaannya harus selalu berada di bawah pengawasan dokter, terutama bagi para penderita yang memiliki sakit ginjal pada tingkat stadium akhir atau stadium yang parah. Dengan menggunakan obat herbal gagal ginjal tanpa cuci darah di bawah ini maka konsekuensinya adalah kamu harus mengikuti berbagai macam ketentuan yang ada dalam model pengobatan herbal di bawah ini. Dengan begitu kamu bisa mengobati gagal ginjal yang kamu alami dengan cara yang tepat.

1. Daun Binahong

Obat herbal gagal ginjal yang pertama adalah daun binahong. Sedari awal, daun binahong memang merupakan salah satu tanaman obat tradisional dan juga obat herbal yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam masalah. Selain bisa digunakan untuk mengobati luka luar, seperti misalnya untuk mengobati kulit yang tergores, daun binahong juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit tubuh apabila digunakan dengan cara yang tepat. Salah satu jenis penyakit yang bisa diobati dengan daun binahong, adalah penyakit ginjal.

Untuk memanfaatkan daun binahong sebagai obat ginjal, para penderita penyakit ginjal bisa mengonsumsi daun binahong dengan cara meminum air hasil rebusan daun binahong berdasarkan dosis tertentu yang tidak boleh berlebihan atau terlalu sedikit. Untuk menentukan jumlah dosis ramuan ini, para penderita penyakit ginjal bisa berkonsultasi dengan dokter yang ahli dan terpercaya.

Sponsors Link

Selain itu, ketentuan lain saat meminum air rebusan daun binahong adalah tidak meminum minuman yang mengandung banyak kafein seperti kopi atau teh karena apabila diminum secara bersamaan atau dalam jangka waktu yang dekat dapat mengakibatkan dampak yang jauh lebih buruk dari sekedar penyakit ginjal, yaitu kematian. Alasan lainnya adalah karena dengan meminum minuman yang mengandung kadar kafein tinggi sangat berbahaya untuk kesehatan ginjalmu, terlebih apabila kamu sedang menderita gagal ginjal yang parah ataupun ringan. Selain itu, para penderita angina juga tidak disarankan untuk meminum ramuan yang satu ini karena bisa berpotensi membuat angina yang diderita oleh mereka bertambah parah.

ads

2. Cendana Merah

Setelah daun binahong, obat herbal gagal ginjal berikutnya adalah cendana mereh. Tanaman yang satu ini telah dikenal sebagai salah satu tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati ginjal. Dalam bahasa Inggris tanaman ini biasa disebut dengan nama Red Sandalwood. Sementara dalam bahasa latin tanaman ini memiliki nama Santalum album.

Secara umum tanaman cendana merah sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Tanaman ini bisa membantu melawan penyakit gagal ginjal dan berbagai macam penyakit ginjal yang lain. Hal tersebut bisa terjadi karena di dalam cendana merah terdapat senyawa antimikrobial yang dapat melawan senyawa-senyawa jahat seperti bakteri jahat, dan lain sebagainya. Selain itu, cendana merah juga merupakan salah satu diuretik yang baik dan dapat membantu dalam meningkatkan produksi urine karena air yang ada di dalam tubuh menjadi mudah terikat.

Ramuan cendana merah bisa dibuat dengan melakukan beberapa langkah sederhana. Langkah pertama dan yang paling awal adalah mengambil beberapa daun dari tanaman cendana merah yang terlihat baik dan segar. Setelah itu, daun-daun tersebut bisa di taruh di dalam segelas air. Kemudian air beserta beberapa lembar daun cendana merah tersebut direbus selama beberapa menit. Setelah masak, air tersebut bisa didinginkan untuk beberapa saat lalu diminum kurang lebih satu kali dalam satu hari.

Selain bermanfaat dalam membantu mengatasi masalah organ ginjal, cendana merah juga memiliki khasiat atau manfaat yang lainnya. Keuntungan atau manfaat lain tersebut bisa kita manfaatkan untuk membantu mengatasi beragam masalah kulit, peradangan, rematik, dan kulit pecah-pecah. Akan tetapi, sebelum mengonsumsi cendana merah ini, sebaiknya saran dokter perlu didapatkan agar bisa dipastikan tidak akan muncul dampak negatif lain pada ginjal ataupun organ lain yang ada di dalam tubuhmu.

Walaupun demikian, pada umumnya ketika kita sehat alias tidak menderita penyakit ginjal tertentu, mengonsumsi cendana merah sangat baik untuk kesehatan. Selain itu kamu juga perlu mengimbanginya dengan menghindari makanan penyebab sakit ginjal dan memakan makanan yang baik untuk ginjal agar khasiat cendana merah lebih optimal.

3. Palasa

Buat kamu yang belum tau, palasa adalah salah satu tanaman berbunga indah dengan warna dominan merah yang memiliki nama latin Buteamonosperma. Dalam bahasa Inggris, palasa lebih dikenal dengan nama Flame of The Forest. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang banyak digunakan oleh para peramu obat tradisional dan herbal untuk mengatasi berbagai masalah dalam sistem metabolisme tubuh khususnya berkaitan dengan produksi urine tubuh. Selain itu, tanaman ini juga bisa digunakan untuk memperlancar proses ekskresi ginjal.

Sponsors Link

Manfaat palasa sangat beragam, tidak hanya terbatas pada mengobati masalah ginjal. Salah satu manfaat dari tanaman palasa selain mengobati ginjal adalah dalam hal menangani penyakit hepatitis yang bisa menyerang tubuh kita. Bunga dari tanaman palasa sangat efektif digunakan sebagai salah satu obat untuk mengobati penyakit hepatitis. Dengan kata lain, apabila kamu mengonsumsi palasa, maka secara alamiah sambil mengobati ginjalmu kamu akan melakukan suatu upaya untuk mengobati atau mencegah potensi munculnya penyakit hepatitis.

Untuk mengobati gagal ginjal dengan menggunakan tanaman palasa bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan dengan cara membuat sayur sop dari bahan sayur palasa. Cara sederhananya adalah kamu bisa memasak sayur sup dengan bunga palasa sebagai salah satu bahan masakannya. Setelah kamu selesai memasaknya, maka kamu bisa memakan kurang lebih 100 ml sup tersebut sekitar dua atau tiga kali sehari. Selain masalah gagal ginjal, penyakit ginjal lainnya juga bisa kamu atasi dengan mengonsumsi ramuan palasa lo.

4. Rujak Polo

Obat herbal gagal ginjal berikutnya merupakan sebuah tanaman yang bernama rujak polo. Dari namanya, memang agak terkesan sebagai nama makanan kaki lima, meskipun demikian sesungguhnya rujak polo adalah nama tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Walaupun ada nama rujak, tidak berarti tanaman ini merupakan salah satu kompisisi rujak lo. Tanaman Rujak polo nama latinnya adalah Tribullus terestis, sementara dalam bahasa Inggris, tanaman ini disebut dengan land caltrops.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa rujak polo telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai macam penyakit yang diderita oleh manusia sejak masa Yunani kuno. Salah satu model pengobatan kuno yang menggunakan rujak polo adalah model pengobatan Avuryedi. Model pengobatan Ayurvedi merupakan salah satu pengobatan tradisional yang banyak menggunakan bahan-bahan herbal. Dalam model pengobatan ini rujak polo digunakan untuk menjaga efektivitas produksi urine dan juga fungsi ginjal yang lainnya. Tidak hanya itu, rujak polo juga bisa dimanfaatkan untuk meringankan nyeri yang muncul di sekitar ginjal.

Keampuhan rujak polo disebabkan karena beberapa hal. Alasan pertama adalah karena rujak polo mengandung senyawa-senyawa analgesik yang mampu meringankan nyeri tubuh. Beberapa senyawa seperti sapnon, alkaloid karbolin, dan senyawa-senyawa penyembuhan lainnya juga sangat banyak terkandung dalam tanaman yang satu ini. Untuk memanfaatkan tanaman ini, kamu bisa melakukannya dengan mengambil ekstrak-ekstrak tanaman rujak polo.

Selain empat obat herbal di atas, kamu juga dapat mencoba beberapa obat herbal gagal ginjal tanpa cuci darah di bawah ini:

  • Buah ceri bisa langsung dimakan
  • Cinnamon bisa langsung dimakan untuk dijadikan sebagai obat
  • Teh jawa atau orthosiphonstamineus, bisa langsung dikonsumsi untuk dijadikan sebagai obat
  • Bawang merah, bisa langsung dimakan untuk dijadikan sebagai obat atau dijadikan bumbu pada masakan tertentu yang ramah ginjal
  • Bawang putih, bisa langsung dimakan untuk dijadikan sebagai obat , atau dijadikan bumbu pada masakan tertentu yang ramah ginjal
  • Aloe Vera, bisa langsung dimakan untuk dijadikan sebagai obat
  • Buah kelapa kuning, bisa langsung dimakan untuk dijadikan sebagai obat atau mencampurkannya dengan ramuan tradisional lain yang tidak akan menimbulkan dampak negatif
  • Teh Kamomil, bisa langsung dimakan untuk dijadikan sebagai obat
  • Minyak zaitun, bisa langsung dimakan untuk dijadikan sebagai obat
  • Akar alang-alang, bisa diminum dengan cara direbus terlebih dahulu
  • Teh solido atau teh goldenrod, bisa langsung dimakan untuk dijadikan sebagai obat
  • Jahe, bisa langsung dimakan untuk dijadikan sebagai obat

Itulah beberapa obat herbal gagal ginjal tanpa cuci darah yang dapat kamu gunakan untuk membantu mengobati ginjalmu. Jangan lupa pelajari cara menjaga kesehatan ginjal atau tips menjaga kesehatan ginjal agar kamu bisa menjaga ginjalmu dengan sempurna. Sebaiknya kamu selalu mengonsumsi obat-obatan herbal di atas setelah melakukan konsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu karena penggunaan obat herbal di atas bisa jadi tidak tepat apabila dibandingkan dengan keadaan organ tubuhmu yang lain. Selamat merawat ginjlamu!

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal