Sponsors Link

7 Obat Herbal Cuci Darah Terampuh dan Mudah Didapat

Sponsors Link

Ketika seseorang divonis memiliki penyakit gagal ginjal, itu artinya ginjal orang tersebut tidak mampu lagi melakukan tugasnya dengan normal. Ginjal manusia memiliki tugas yang spesifik, yaitu menyaring limbah dan sisa metabolisme yang kemudian akan dikeluarkan tubuh. Dan penurunan fungsi ginjal akan menyebabkan hal yang serius apabila tidak segera ditangani. Hal ini dikarenakan limbah yang seharusnya dibuang dapat menjadi racun bagi tubuh apabila masuk ke aliran darah manusia.

ads

Semakin menurunnya fungsi ginjal, semakin tidak efektif ginjal tersebut melakukan penyaringan. Sehingga, akan ada kemungkinan bahwa terdapat limbah dan sisa metabolisme yang ikut ke aliran darah. Dan apabila penyakit gagal ginjal sudah masuk dalam stadium akhir, dimana ginjal sama sekali tidak berfungsi, maka ada dua pilihan yang akan dianjurkan oleh dokter, pertama melakukan cuci darah atau yang dikenal dengan proses hemodialisis, atau pilihan kedua melakukan pencangkokan ginjal. Namun pilihan kedua ini cukup sulit untuk dilakukan. Karena selain memerlukan ginjal yang cocok dengan tubuh, proses cangkok ginjal juga membutuhkan banyak biaya.

Walaupun proses cuci darah tidak akan membuat ginjal sembuh total, namun pilihan ini yang biasanya diambil penderita gagal ginjal. Cuci darah dalam ilmu kedokteran yaitu suatu proses penyaringan darah dari racun-racun berbahaya bagi tubuh yang dilakukan di luar tubuh pasien. Setelah disaring oleh alat bernama dialiser, darah akan dimasukkan kembali ke tubuh orang tersebut. Untuk lebih lanjut, Anda dapat membaca artikel penyebab ginjal cuci darah.

Namun, proses yang melibatkan mesin tersebut cukup berisiko apabila dilakukan terus-menerus. Pasalnya, dalam setiap prosesnya, cuci darah akan memacu kerja jantung sehingga akan menimbulkan ancaman penyakit jantung.

Karena beberapa alasan itulah, dalam artikel ini kami akan berbagi mengenai obat herbal yang dapat membantu mencuci darah kotor akibat penurunan fungsi ginjal. Berikut beberapa obat herbal cuci darah, diantaranya :

  1. Kulit manggis

Kulit manggis merupakan salah satu tanaman yang dapat diramu menjadi obat herbal pencuci darah. Mungkin kita juga sering mendengar bahwa kulit manggis memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Kulit manggis memiliki kandungan xanthone yang berperan sebagai antioksidan, zat yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, beberapa kandungan lain dalam kulit manggis juga dapat berfungsi sebagai anti-kanker, anti-peradangan, anti-bakteri, anti-fungsi, meningkatkan kekebalan tubuh, dan melancarkan sirkulasi darah. Dengan beberapa kombinasi manfaat tersebut, kulit manggis dapat membantu Anda menjaga kesehatan dan mencegah memburuknya kondisi ginjal.

Untuk mengkonsumsinya, sediakan kulit manggis yang masih segar dan sudah bersihkan. Lalu jemur kulit manggis sampai benar-benar kering. Setelah itu, blender sampai halus. Seduh serbuk kulit manggis dengan segelas air panas. Dan, obat herbal alami siap dikonsumsi. Minum dua kali sehari secara rutin. Anda juga dapat mengetahui obat herbal berkhasiat lainnya dalam artikel obat herbal gagal ginjal tanpa cuci darah.

Sponsors Link

  1. Seledri

Dalam seledri, terdapat beberapa vitamin yang dapat membantu menjaga kebugaran tubuh, yaitu vitamin A, B2, B2, B6, D, dan E. Selain itu, seledri juga memiliki kandungan potasium, kalsium, folat, besi, magnesium, natrium, dan kandungan asam amino. Dengan fakta akan kandungan seledri tersebut, maka tidak salah bahwa banyak orang mengatakan bahwa seledri mampu menjaga dan memulihkan kesehatan, bahkan membantu mengobati beberapa penyakit, misalnya hipertensi . Namun, manfaat seledri tidak hanya sebatas itu, ternyata seledri juga mampu membersihkan racun dalam darah yang kemudian akan dikeluarkan bersama urin.

ads

Berikut beberapa langkah untuk mengolah seledri menjadi obat herbal cuci darah. Siapkan beberapa daun seledri yang masih segar dan sudah dibersihkan. Rebus daun seledri dengan air sampai mendidih. Baru kemudian angkat, saring, dan tunggu sampai dingin. Konsumsi jus air rebusan daun seledri 1-2 gelas perhari secara rutin.

  1. Daun peterseli

Mungkin banyak orang yang merasa asing dengan nama tanaman ini. Karena jarang diketahui inilah mengapa hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa daun peterseli dapat menjadi obat cuci darah. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan alam folat ternyata mampu membersihkan unsur berbahaya atau racun dalam darah. Selain itu, daun ini juga memiliki khasiat lain yang dapat menyeimbangkan jasmani Anda, yaitu dapat menurunkan kolestrol jahat sehingga dapat menjaga aliran darah.

  1. Daun basil

Walaupun tanaman basil jarang terdengar, namun daun tanaman ini dapat menjadi salah satu alternatif obat herbal cuci darah Anda. Pasalnya, daun basil memiliki kandungan antioksidan yang dapat menumpas bakteri jahat dalam tubuh Anda. Oleh karena itulah, daun ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan racun dalam darah. Tidak hanya itu, apabila Anda memiliki masalah dengan emosi, daun basil juga dapat mengatasi rasa cemas dan depresi.

  1. Pare

Tanaman pare merupakan tanaman yang terkenal akan rasa pahitnya. Namun dibalik rasa pahit itu, tanaman pare memiliki kandungan cucurbitacins yang mampu membersihkan darah kotor. Maka tidak heran jika biasanya orang yang mengalami gatal-gatal karena darah kotor mengkonsumsi pare untuk menghilangkan rasa gatal.

Selain itu, tanaman pare memiliki banyak kandungan lain yang dapat menjadi pelengkap untuk obat herbal gagal ginjal tanpa cuci darah. Misalnya, kandungan saponin, alkaloid, triterpenoid, dan lain sebagainya.

Untuk cara pengolahannya, pertama siapkan 1 biji buah pare, 1 biji buah lemon, 1 biji buah kiwi, madu, air, blender, dan parutan. Kemudian, parut pare dan peras untuk diambil airnya. Lalu iris buah kiwi. Kemudian potong lemon menjadi empat bagian. Peras lemon dan simpan airnya. Masukan air perasan pare, buah kiwi, dan perasan lemon ke dalam blender. Tambahkan madu dua sendok makan. Blender semua bahan sampai halus. Setelah cukup lembut, siapkan dalam segelas air. Konsumsi satu kali satu hari secara teratur.

  1. Bawang putih

Kebanyakan orang menggunakan bawang putih sebagai rempah-rempah. Ternyata, tidak hanya dapat menjadi penyedap makanan, bawang putih juga menyimpan kandungan antioksidan yang dapat menghilangkan senyawa beracun dalam tubuh. Nilai plusnya, bawang putih juga kaya akan mineral sehingga dapat menurunkan kolestrol Anda. Untuk mendapat hasil maksimal, konsumsi bahwa putih setiap hari.

Sponsors Link

  1. Jus lemon

Di dalam lemon, terdapat kandungan vitamin C yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh Anda. Buah lemon mampu menjaga daya tahan tubuh dan membantu membersihkan darah kotor.

Untuk penyajiannya, Anda bisa menikmati obat yang satu ini sebagai jus yang lezat. Peras buah lemon, tambahkan gula dan air putih.  Minum secara teratur setiap hari.

Sekian artikel mengenai obat herbal cuci darah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu pembaca. Terima kasih.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan