Sponsors Link

5 Obat Ginjal Mengecil yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Ukuran normal ginjal manusia yang dikutip dari laman kidney-cares yaitu panjangnya 10-12 cm, lebar 5-6 cm dan tebalnya 3-4 cm. Setiap ginjal yang normal memiliki nefron yang berjumlah jutaan. Fungsinya untuk menjaga agar ginjal dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Tugas utama ginjal adalah menyaring zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh dan membuangnya melalui urin.

ads

Tidak semua orang memiliki ginjal yang normal. Adakalanya ginjal mengecil sebelah terjadi pada seseorang, baik itu ginjal mengecil pada usia lanjut maupun ginjal mengecil pada usia yang masih terbilang muda. Ketika ginjal seseorang mengecil, maka nefron ginjal juga ikut rusak. Penyebab ginjal mengecil terus yaitu:

  • Cacat bawaan (Congetial Malformation), artinya seseorang memang sudah terlahir dengan kondisi ginjal yang abnormal.
  • Penyakit ginjal juga dapat menyebabkan ukuran ginjal mengecil, contohnya hypertensive nephropathy, diabetic nephropathy, chronic glomerulonephritis, alport syndrome dan yang lainnya.
  • Gagal ginjal tahap akhir merupakan salah satu penyebab ukuran ginjal mengecil. Karena pada tahap akhir, nefron ginjal akan rusak parah, sehingga berpengaruh terhadap ukurannya.

Ginjal mengecil memang terdengar mengerikan. Dampaknya yang dapat merusak fungsi ginjal tentu sangat berbahaya jika terus dibiarkan. Adakah obat yang dapat menanganinya? Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai Obat Ginjal Mengecil.

Obat Ginjal Mengecil

Dikutip dari kidney-symptom, ada beberapa Obat Ginjal Mengecil yang patut untuk dicoba. Berikut adalah penjelasannya.

1. Sayur dan Buah Segar

Sayur dan buah mengandung banyak mineral dan vitamin yang sangat berguna bagi tubuh penderita ginjal mengecil. Anda dapat membuat jus segar dari sayur dan buah ini, termasuk jus cranberi, blackberry, wortel, seledri dan sebagainya. Namun berhati-hatilah terhadap kandungan potasium dan fosfor yang ada di dalamnya. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter Anda.

2. Kurangi Asupan Sodium

Kadar sodium yang tinggi akan menyebabkan pembengkakkan dan tingginya tekanan darah. Sehingga, apapun jenis penyakit ginjalnya, pasien tetap harus  mengurangi asupan sodium mereka.

3. Mencukupi Asupan Protein

Pada tahap awal penyakit ginjal mengecil, pasien perlu membatasi asupan protein. Karena ginjal tidak dapat menyaring sisa-sisa dari metabolisme protein. Artinya, asupan protein yang berlebih dapat membebani ginjal pasien. Namun ketika pasien sedang menjalani cuci darah atau sedang dalam tahap akhir gagal ginjal, asupan proteinnya perlu ditingkatkan. Agar kebutuhan energi pasien terpenuhi.

4. Teh Herbal Tiongkok

Dandelion, jelatang, rambut jagung, kayu manis, gingseng dan yang lainnya merupakan teh herbal yang sering direkomendasikan untuk penyakit ginjal mengecil.

5. Merendam Kaki

Merendam kaki yang dimaksud bukanlah dengan menyiapkan air hangat di baskom dan setelahnya merendam kaki. Tetapi merendam kaki berdasarkan pengobatan tradisional Tiongkok (Traditional Chinese Medicine). Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, berbagai macam penyakit ginjal dapat disebabkan karena darah yang kotor. Sirkulasi darah yang tidak lancar dapat menyebabkan racun dan zat yang tidak diperlukan berakumulasi di dalam tubuh dan akhirnya menimbulkan banyak masalah.

Sponsors Link

Ramuan herbal Tiongkok yang digunakan untuk merendam kaki dapat melancarkan peredaran darah. Sehingga dapat melepaskan aliran energi Qi dalam bahasa Mandarin. Lancarnya peredaran darah dapat menambah nutrisi dan oksigen pada ginjal. Jumlah nutrisi dan oksigen yang cukup pada ginjal dapat memperbaiki nefron ginjal yang rusak serta memperlambat laju pengecilan ginjal.

Itulah penjelasan mengenai Obat Ginjal Mengecil. Ginjal mengecil adalah penyakit yang tidak bisa dianggap remeh. Salah-salah, penderitanya bisa saja kehilangan nyawa. Untuk ikutlah para pasien penyakit ginjal mengecil perlu memperhatikan soal pantangan ginjal mengecil dan mulai melakukan pengobatan terhadap penyakit mereka tersebut.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan