Sponsors Link

15 Obat Ginjal Bocor Pada Anak yang Alami Tanpa Operasi

Sponsors Link

Bahasa medis untuk penyakit ginjal bocor adalah sindrom nefrosis. Penyakit ini menyerang seseorang tanpa mengenal usia, baik dewasa maupun anak-anak bisa terkena penyakit ini. Biasanya anak-anak usia 3 sampai 4 tahun sangat rentan terhadap penyakit yang satu ini.

ads

Penyakit ginjal bocor disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada pembuluh darah kecil yang ada pada ginjal. Fungsi dari pembuluh darah kecil ini adalah menyaring kotoran dan sisa air dalam darah. Pembuluh darah yang sehat mampu mengikat protein dalam darah untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Ginjal dikatakan bocor ketika protein yang seharusnya terikat dalam darah keluar dari tubuh melalui urine.

Beberapa penyebab ginjal bocor pada anak yang perlu diketahui adalah:

  • Infeksi virus tertentu bisa menyebabkan ginjal bocor pada anak. Di antara jenis virus yang bisa mengakibatkan ginjal bocor adalah virus hepatitis atau HIV
  • Anak-anak yang mengidap penyakit lupus beresiko mengalami ginjal bocor. Lupus adalah penyakit di mana seseorang mengalami kelainan pada sistem imunnya.
  • Diabetes yang menyerang anak-anak bisa menyebabkan terjadinya  ginjal bocor pada anak. Diabetes yang diderita anak biasanya adalah penyakit bawaan.
  • Penyakit anemia pada anak-anak bisa menyebabkan ginjal bocor.
  • Ginjal anak yang terluka juga bisa menjadi penyebab ginjal bocor.
  • Peradangan pada ginjal atau glomerulonefritis adalah salah satu kondisi yang bisa memicu ginjal bocor

Obat Ginjal Bocor Pada Anak

1. Kumis Kucing

Tanaman herbal pertama yang bisa dimanfaatkan sebagai obat ginjal bocor pada anak adalah kumis kucing. Obat ini memang sudah terkenal sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah ginjal bocor yang terjadi pada anak. Cara mengonsumsinya juga mudah, minum air rebusan kumis kucing dua kali sehari setiap pagi dan sore. Ini adalah salah satu cara mengobati ginjal bocor secara alami pada anak.

Kumis kucing mampu melarutkan zat oksalat, garam, dan fosfat dalam tubuh. Ketiga zat ini adalah pemicu utama batu ginjal. Jadi jika Anda juga punya penyakit batu ginjal, mengonsumsi ramuan ini akan mencegah batu ginjal terbentuk lagi. Mengonsumsi kumis kucing secara rutin akan mengembalikan kesehatan ginjal secara perlahan jika kerusakannya tidak parah.

2. Temulawak

Tanaman tradisional ini sudah sejak lama diolah sebagai jamu dan diminum untuk menjaga kesehatan tubuh. Penderita asam lambung biasanya rutin mengonsumsi jamu ini. Ternyata bukan hanya asam lambung yang bisa diobati oleh temulawak. Jika Anda rutin meminum air rebusan temulawak sebanyak 3 kali sehari, perlan-pelan ginjal bocor pada anak akan bisa teratasi.

Sponsors Link

3. Sayur Kubis

Serat alami yang terkandung di dalam tubuh pasti baik untuk kesehatan. Termasuk sayur kubis yang kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin K yang bisa menutrisi organ ginjal. Di dalam kubis terdapat zat phytochemical yang mampu mencegah radikal bebas, melawan kanker, dan menjaga kesehatan jantung. Sebagai obat ginjal bocor pada anak, sebaiknya pilih kubis merah.

ads

4. Meniran

Tanaman meniran bisa menjadi obat ginjal bocor pada anak yang sangat manjur. Tanaman obat tradisional ini memang terkenal sangat baik untuk kesehatan tubuh. Rebus daun meniran hingga mendidih, lalu saring dan minum airnya secara rutin. Untuk menambah khasiatnya, rebus daun meniran bersama dengan temulawak dan kumis kucing. Rasa obat ini bisa sangat pahit, jadi Anda bisa menambahkan gula atau madu untuk mengurangi rasa pahitnya.

5. Kembang Kol

Satu lagi sayuran yang bisa mengobati ginjal bocor pada anak. Kembang kol kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita. Anda bisa mengonsumsi kembang kol sesuai selera. Dimakan mentah, dikukus, atau direbus. Sebagai obat, sebaiknya kembang kol dikonsumsi mentah untuk menjaga keutuhan vitaminnya.

6. Teh Daun Sukun

Daun sukun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk sebagai salah satu obat ginjal pada anak. Manfaat yang bisa didapatkan dari daun sukun adalah menurunkan kadar kolestrol dalam darah, mengurangi resiko penyakit jantung, menghambat pertumbuhan sel kanker, dan tentu saja mengobati ginjal yang bocor. Daun sukun banyak dijual di toko obat herbal sebagai teh yang siap seduh.

7. Rumput Mutiara

Satu lagi tanaman tradisional yang bisa mengobati ginjal bocor. Rumput mutiara akan membantu meningkatkan kesehatan organ ginjal dan menyembuhkan ginjal tang bocor. Rebus rumput mutiara bersama dengan daun sendok dan kumis kucing. Minum air rebusan ini dua kali sehari secara rutin hingga penyakit membaik.

8. Bawang Putih

Bumbu masakan yang satu ini selalu hadir di semua masakan. Selain bisa menambah cita rasa masakan menjadi semakin lezat, bawang putih bisa menjadi obat yang alami untuk penyakit ginjal bocor pada anak. Buat Anda yang menderta hipertensi, bawang putih akan membantu menurunkan tekanan darah dengan cepat.

9. Paprika Merah

Sayuran yang satu ini ternyata punya beragam kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti asam folat, vitamin A, vitamin C, dan serat. Zat likopen dalam paprika merah bisa melawan tumbuh sel-sel kanker dalam tubuh. Sayuran ini tentu juga sangat ampuh untuk mengobati ginjal yang bocor pada anak.

10. Kulit Manggis

Kulit manggis memiliki banyak kandungan vitamin seperti B1, B2, C, kalsium, potassium, sodium, dan zat besi. Oleh karena itu kulit manggis bisa menjadi obat yang ampuh untuk mengobati ginjal bocor. Ekstrak kulit manggis sudah banyak dijual di pasaran sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

11. Biji Rami

Tanaman yang satu ini mungkin masih asing terdengar di telinga. Biji rami berasal dari tumbuhan yang bernama rami. Tumbuhan ini sudah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional yang mampu mengobati berbagai macam penyakit, termasuk kebocoran pada ginjal. Kandungan alami yang ada pada biji rami adalah asam alfalinoleat dan lignan yang dapat mengembalikan kinerja ginjal secara utuh. Di dalam lignan terdapat kandungan fitoestrogen yang akan mengontrol produksi hormon estrogen dalam tubuh.

Sponsors Link

Biji rami bisa menjadi anti oksidan alami bagi tubuh dan mengandung banyak nutrisi seperti asam lemak omega 6 yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh, meringankan kerja jantung, dan menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

Obat herbal lain yang bisa mengobati ginjal bocor secara alami:

  1. Daun sirsak
  2. Daun alpukat
  3. Daun sendok
  4. Daun mahkota dewa

Masih banyak lagi obat herbal ginjal bocor dan obat tradisional ginjal bocor yang ampuh. Untuk mempercepat proses penyembuhan ginjal bocor yang Anda derita, perbanyak konsumsi sayuran ginjal bocor dan makanan ginjal bocor yang baik untuk kesehatan ginjal Anda. Meminum obat herbal adalah salah satu cara mengobati ginjal bocor secara alami. Agar kondisi kesehatan ginjal tidak semakin parah, jauhi pantangan ginjal bocor yang harus dijauhi.

Itulah obat ginjal bocor pada anak dengan menggunakan tanaman herbal. Jaga kesehatan ginjal Anda sebelum terserang berbagai penyakit. Penyakit ginjal yang sudah parah bisa menjadi gagal ginjal kronis. Ginjal bocor memang salah satu penyebab penyakit ginjal yang sering terjadi.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Obat Obatan