Sponsors Link

Obat Generik untuk Penyakit Ginjal – Penyebab dan Gejalanya

Sponsors Link

Sebagai salah satu organ vital tubuh, tentu ginjal merupakan organ yang memiliki peranan besar bagi tubuh manusia. Ginjal bekerja untuk menyaring kotoran dan limbah dalam darah untuk dikeluarkan dari tubuh. Sedikit kerusakan pada ginjal akan mempengaruhi kinerja ginjal dalam melakukan filtrasi, dan pada akhirnya akan berdampak pada produktivitas manusia. Oleh karena itu, sebelum mengetahui obat generik untuk penyakit ginjal, ada baiknya kita kenali berbagai penyebab dan gejala penyakit ginjal. Simak penjelasan berikut ini.

ads

Penyebab dan Gejala Penyakit Ginjal

Terdapat berbagai jenis penyakit ginjal dan masing-masing memiliki penyebab yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa penyakit ginjal, penyebab, dan gejala dari masing-masing penyakit.

  1. Infeksi ginjal

Umumnya, infeksi ginjal disebabkan munculnya bakteri pada ginjal dimana bakteri ini berasal dari kandung kemih. Bakteri ini biasanya akan masuk ke tubuh melalui daerah kulit yang berada di sekitar utetra, kemudian memasuki kandung kemih, dan menuju ginjal.

Infeksi ginjal lebih sering dialami oleh kaum wanita karena wanita memiliki uretra yang lebih pendek daripada laki-laki sehingga bakteri lebih mudah masuk ke kandung kemih. Apabila sudah teridentifikasi adanya penyakit ginjal, maka seseorang perlu melakukan penanganan segera karena apabila terlambat maka akan mengakibatkan kerusakan ginjal secara permanen.

Berikut ini beberapa gejala umum yang sering dialami penderita infeksi ginjal :

  • Urin mengandung nanah atau darah
  • Bau urin berbeda
  • Mual atau muntah
  • Rasa sakit dan tidak nyaman di sekitar perut samping atau punggung
  • Mudah merasa lelah
  • Diare
  • Kehilangan nafsu makan
  1. Batu ginjal

Penyakit ginjal selanjutnya yang juga sering terjadi, terutama di kalangan orang tua adalah batu ginjal. Ada beberapa penyebab terjadinya batu ginjal. Pertama, kurangnya cairan yang berfungsi melarutkan zat-zat limbah dalam darah sehingga zat-zat tersebut tidak terbuang sepenuhnya melalui urin, sebaliknya limbah dan kotoran mengendap di dalam ginjal. Penyebab kedua adalah kurangnya bahan yang berfungsi mencegah endapan kristal menjadi batu.

Ada berbagai macam jenis batu ginjal berdasarkan bahan pembentuknya. Batu kalsium disebabkan oleh tingginya kadar kalsium dalam urin. Batu asam urat terjadi karena tingginya asam urat dalam urin. Batu struvit terbentuk karena adanya infeksi saluran kemih yang berlangsung lama. Dan yang terakhir adalah batu sistin, batu ginjal yang terbentuk karena penyakit sistinuria.

Sponsors Link

Selain itu, faktor lain penyebab batu ginjal adalah kurangnya minum air putih, riwayat keluarga, obesitas, konsumsi obat-obatan, dan lain sebagainya.

Berikut ini gejala-gejala penyakit batu ginjal :

  • Adanya rasa nyeri di beberapa bagian tubuh, seperti perut bagian samping, punggung bagian bawah, pinggang, selangkangan, dan testis.
  • Frekuensi buang air kecil meningkat
  • Timbul rasa sakit saat buang air kecil
  • Mual disertai muntah
  • Gelisah
    ads
  1. Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal akut merupakan suatu kondisi dimana ginjal tidak dapat melakukan fungsinya secara tiba-tiba. Hal ini dikarenakan kerusakan ginjal secara mendadak sehingga ginjal tidak dapat melakukan penyaringan yang mengakibatkan limbah dan kotoran menumpuk di dalam tubuh.

Penyebab gagal ginjal akut sendiri biasanya dipicu oleh adanya komplikasi penyakit lainnya yang lebih serius. Gagal ginjal akut biasanya berlangsung cepat dan apabila tidak ditangani segera akan sangat membahayakan.

Selain itu, gagal ginjal akut juga bisa disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke ginjal atau cedera pada ginjal itu sendiri.

Berikut ini beberapa gejala gagal ginjal akut :

  • Produksi urin berkurang
  • Mual dan muntah
  • Berkurangnya nafsu makan
  • Nafas tidak sedap
  • Tingginya tekanan darah
  • Mudah lelah
  • Sesak
  • Pembengkakan pada beberapa area tubuh, seperti tungkai dan kaki
  • Kejang
  • Tremor
  1. Gagal ginjal kronis

Gagal ginjal kronis merupakan kondisi penurunan ginjal secara bertahap dan berlangsung lama. Berbeda dengan gagal ginjal akut yang cenderung dapat disembuhkan, gagal ginjal kronis lebih sulit untuk disembuhkan. Gagal ginjal kronis akan berubah status menjadi gagal ginjal stadium akhir ketika ginjal sudah tidak dapat lagi menjalankan fungsinya. Pada kondisi seperti ini, jalan satu-satunya yang dapat ditempuh adalah rutin melakukan cuci darah atau menjalani transplantasi ginjal. Apabila tidak, maka limbah dan kotoran akan menumpuk di dalam tubuh yang akhirnya dapat menjadi racun yang berbahaya.

Beberapa gejala yang dialami penderita gagal ginjal kronis, diantaranya adalah :

  • Mual
  • Mudah merasa lelah
  • Pembengkakan di beberapa bagian tubuh, seperti kaki dan tangan karena penumpukan cairan.
  • Sesak napas
  • Munculnya darah pada urin.

Obat Generik Penyakit Ginjal

Oleh karena setiap penyakit memiliki penyebab yang berbeda-beda, maka pengobatan pun akan berbeda-beda. Berikut ini obat generik untuk penyakit ginjal berdasarkan jenis penyakitnya.

  1. Infeksi ginjal
  • Antibiotik oral

Antibiotik oral merupakan obat yang digunakan untuk menangani gejala infeksi dan memastikan bahwa infeksi bersih sepenuhnya. Biasanya, untuk pengobatan infeksi ginjal ini obat generik yang sering dianjurkan adalah ciprofloxacin atau amoxicilin. Namun, khusus untuk wanita hamil biasanya diberikan cephalexin untuk penggunaan selama 14 hari.

  • Obat pereda nyeri

Berbeda dengan jenis obat sebelumnya, obat pereda nyeri digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat infeksi ginjal dan biasanya dokter memberikan obat paracetamol.

Sponsors Link

  1. Batu Ginjal

Sebelum merekomendasikan obat, biasanya dokter akan mengecek seberapa besar batu ginjal. Apabila masih berukuran kecil atau menengah, maka cara penanganan hanya dengan konsumsi banyak air putih agar batu keluar melalui urin. Namun apabila sudah berukuran besar, maka solusi yang biasanya disarankan adalah melakukan operasi. Obat generik ini berfungsi untuk meredakan rasa sakit yang diakibatkan batu ginjal. Dokter biasanya akan merekomendasikan acetaminophen, ibuprofen, dan obat anti-radang no-steroid.

  1. Gagal Ginjal akut

Untuk gagal ginjal akut yang masih golongan ringan, penanganan dapat dilakukan hanya dengan rawat jalan. Dokter akan menganjurkan untuk banyak konsumsi air putih, menghentikan obat-obatan yang dapat memperparah kondisi ginjal, mengobati infeksi penyebab gagal ginjal akut, dan berkonsultasi kepada dokter. Namun apabila gagal ginjal akut sudah masuk kategori parah, maka pasien wajib untuk dirawat inap. Biasanya pasien yang diharuskan untuk melakukan rawat inap memiliki kondisi sebagai berikut, adanya komplikasi, kondisi memburuk, risiko penyumbatan saluran urin, dan membutuhkan pertolongan segera.

  1. Gagal Ginjal Kronis

Sangat disayangkan, untuk penyakit gagal ginjal kronis sampai saat ini masih belum dapat diobati. Penanganan yang biasanya dilakukan hanya bekerja untuk menghambat perkembangan penyakit agar tidak menjadi lebih parah.

Sekian artikel mengenai obat generik untuk penyakit ginjal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca. Terima kasih.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan