Sponsors Link

30 Obat Gangguan Ginjal yang Alami dan Ampuh tanpa Efek Samping

Sponsors Link

Gangguan ginjal adalah sebuah kondisi dimana kondisi ginjal terganggu dan beberapa fungsinya tidak bisa dijalankan dengan normal. Di antara berbagai gangguan ginjal dapat dibedakan menjadi 3 golongan utama

ads
  • Infeksi ginjal – Infeksi ginjal biasanya disebabkan adanya bakteri yang masuk ke ginjal dan mengganggu fungsi ginjal. Glomerulonefritis, pielonefritis, dan vesicoureteral reflux adalah jenis-jenis gangguan pada ginjal.
  • Batu ginjal – Kondisi di mana terdapat gumpalan yang keras menyerupai batu di dalam ginjal. Batu ini terbentuk dari pengendapan limbah dan kotoran dari darah.
  • Gagal ginjal – Pada gangguan ginjal ini, ginjal sudah tidak bisa lagi berfungsi dan bekerja dengan normal untuk menyaring berbagai kotoran. Gagal ginjal ada dua jenis: gagal ginjal kronis dan gagal ginjal akut.

Infeksi Ginjal

Infeksi pada ginjal bisa menjadi indikasi awal penyakit ginjal yang lebih serius jika tidak segera diobati dan ditangani dengan benar. Penyakit gagal ginjal kebanyakan berawal dari infeksi ginjal yang tidak segera diobati. Berikut beberapa obat alami untuk infeksi ginjal:

1. Jahe 

Rempah-rempah yang satu ini memang sudah sangat terkenal kegunaannya. Jahe sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan menjaga vitalitas pria. Manfaat jahe yang lain adalah mengatasi infeksi pada ginjal. Jahe mengandung senyawa gingerol yang memberikan rasa pedas pada jahe. Kandungan senyawa ini bekerja sebagai anti bakteri yang sangat efektif untuk menyembuhkan infeksi pada ginjal. Minum wedang jahe secara rutin sebanyak 2 kali sehari untuk menyembuhkan infeksi ginjal.

2. Kunyit

Bumbu dapur berwarna kuning ini tidak hanya sekedar penyedap rasa masakan. Di dalam kunyit terdapat kandungan zat polifenol dan kurkumin yang sangat besar. Kedua zat ini dapat berfungsi sebagai anti bakteri yang sangat kuat, serta menyembuhkan infeksi pada ginjal. Kunyit juga bisa mencegah terjadinya infeksi lanjutan dan melindungi organ lain seperti saluran kemih dari serangan bakteri.

3. Kacang polong

Kacang polong bisa diramu menjadi obat tradisional yang ampuh sebagai obat gangguan ginjal untuk mengatasi infeksi ginjal. Siapkan kacang polong secukupnya, sebagai bahan utama dari ramuan ini. Cuci bersih kacang polong dan buang kulitnya. Rebus kacang polong dengan api kecil sampai benar-benar lunak. Proses ini biasanya memakan waktu yang lama. Setelah itu, saring air rebusan kacang polong dan minum secara teratur setiap hari.

4. Daun binahong

Daun binahong memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Ramuan tradisional yang terbuat dari daun binahong juga bisa menjadi obat gangguan ginjal yang alami. Untuk mengobati infeksi ginjal dengan binahong, cukup dengan merebus 15 lembar daun binahong hingga mendidih, lalu minum air rebusannya setelah disaring. Jika ramuan ini dikonsumsi secara rutin, infeksi ginjal akan sembuh dengan total.

Sponsors Link

5. Daun sirsak

Tanaman ini bisa didapatkan dengan sangat mudah sebagai obat gangguan ginjal. Khasiatnya pun juga sangat besar untuk menyembuhkan infeksi ginjal. Ambil daun sirsak secukupnya, lalu dicuci bersih. Setelah itu rebus daun sirsak dan tunggu hingga mendidih dan air berubah warna. Minum air rebusan daun sirsak setelah disaring. Minum secara rutin sebanyak 2 kali sehari untuk hasil yang efektif.

Batu Ginjal

Batu ginjal adalah gangguan ginjal yang paling umum dialami. Karena batu ginjal bukan penyakit yang akut, kebanyakan penderitanya memilih mengobati batu ginjal dengan cara herbal atau alami. Batu ginjal memang bisa larut dan luruh bersama urine. Sehingga pada penyakit ini tidak dibutuhkan pembedahan. Berikut obat alami untuk batu ginjal:

ads

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel bisa memberikan senyawa alkaline pada urine dan aliran darah. Alkaline mampu menghancurkan batu ginjal secara efektif dan ampuh. Pilih cuka apel yang alami dan organik, tanpa tambahan pengawet dan tidak ada pestisida. Larutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air hangat, kemudian tambahkan madu untuk mengurangi rasa asamnya. Minum sebanyak 3 kali sehari setelah makan.

2. Daun jelatang

Tumbuhan ini mungkin tidak terdengar familiar di telinga, padahal sangat sering dijumpai. Jelatang adalah jenis tanaman yang ditumbuhi bulu-bulu halus di semua bagiannya. Daun jelatang mampu melancarkan aliran air dari ginjal menuju kandung kemih sehingga urine yang dihasilkan lebih banyak. Daun ini juga efektif mencegah pertumbuhan bakteri dan membantu meluruhkan batu ginjal. Untuk mengobati batu ginjal, beli teh daun jelatang di toko obat herbal. Minum seduhan teh daun jelatang 2 sampai 3 kali sehari.

3. Lemon dan minyak zaitun

Jika lemon dan minyak zaitun lebih banyak dikenal karena khasiatnya untuk kecantikan, kombinasi kedua bahan alami ini juga baik untuk mengobati batu ginjal. Lemon mengandung asam sitrat yang bisa menghancurkan kalsium penyebab batu ginjal, dan mencegah batu ginjal terus membesar. Gunakan 4 sendok makan extra virgin olive oil yang diproses secara alami, campur dengan 4 sendok makan jus lemon. Minum secara teratur 2 kali sehari hingga ada perubahan pada batu ginjal.

4. Daun basil

Salah satu makanan sehat untuk ginjal adalah daun basil. Daun basil bisa memperkuat organ ginjal dan membantu meluruhkan batu di dalam ginjal. Minum jus basil yang sudah dicampur dengan madu. Terapi ini biasanya dilakukan selama 5 sampai 6 bulan. Jika tidak suka dengan jus daun basil, buat saja teh daun basil dengan menyeduh 5 lembar daun basil dengan air panas. Tunggu hingga warna air berubah kecokelatan lalu tambahkan madu atau gula sebagai pemanis.

5. Daun seledri

Batu ginjal biasanya menyebabkan nyeri yang luar biasa pada punggung bagian bawah. Meminum jus seledri sekali sehari bisa mengurangi nyeri akibat batu ginjal. Seledri akan mendetoksifikasi ginjal dan mengeluarkan semua racun serta kotoran dari dalamnya. Daun seledri juga bisa melancarkan buang air kecil sehingga menekan resiko pembentukan batu ginjal. Teh yang terbuat dari biji seledri juga punya manfaat yang sama besarnya, dan bisa dibeli di toko-toko obat herbal.

Gagal Ginjal

Ini dia gangguan ginjal yang paling parah dan akut. Ada banyak penyebab gagal ginjal kronis dan penyebab gagal ginjal akut yang membuat ginjal tidak lagi berfungsi secara normal.  Cuci darah menjadi obat gangguan ginjal paling populer secara medis untuk gagal ginjal. Dengan cuci darah, darah disaring secara langsung menggunakan alat sehingga semua racun dan limbah langsung keluar dari dalam tubuh. Selain cuci darah, ada beberapa obat alami gagal ginjal yang bisa dicoba:

1. Mahkota dewa

Daun mahkota dewa telah lama digunakan sebagai ramuan alami yang mampu menyembuhkan dari berbagai penyakit, termasuk gagal ginjal. Mahkota dewa adalah obat gagal ginjal selain cuci darah yang ampuh. Tanaman ini secara efektif mendetoksifikasi ginjal dan mengeluarkan semua racun serta kotoran di dalamnya. Karena khasiat mahkota dewa yang sudah sangat terkenal untuk kesehatan, ekstrak daun mahkota dewa sudah banyak dijual dalam bentuk teh. Minum seduhan teh mahkota dewa secara teratur sebanyak 3 kali sehari untuk terapi gagal ginjal.

2. Teh chamomile

Jika dikonsumsi berlebihan, teh memang bisa menjadi minuman penyebab gagal ginjal. Namun teh chamomile yang terbuat dari sari bunganya bisa menjadi obat yang ampuh. Cukup minum teh chamomile 1 cangkir sehari untuk menjaga kesehatan ginjal. Teh ini bisa ditemukan di toko-toko obat herbal atau di apotek.

3. Daun sukun

Salah satu cara menjaga ginjal agar tetap sehat sekaligus menjadi obat untuk gagal ginjal adalah ramuan daun sukun. Daun sukun bisa mengembalikan fungsi ginjal seperti sedia kala jika diminum secara rutin. Rebus 5 lembar daun sukun ke dalam 300 ml air hingga daun benar-benar hancur dan larut di dalam air. Saring lalu minum air rebusannya sebanyak 2 kali sehari.

4. Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini memiliki khasiat yang besar dalam menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk sebagai obat gangguan ginjal. Ramuan dari bawang putih, bawang bombay, dan jeruk nipis bisa menjadi obat yang ampuh untuk gagal ginjal. Blender ketiga bahan hingga halus lalu minum sebanyak 3 kali sehari secara rutin.

5. Rambut jagung

Rambut jagung bisa membantu memperbaiki kerusakan pada ginjal dan mengembalikan fungsi ginjal secara alami. Kombinasikan rambut jagung dengan alang-alang dan kumis kucing untuk menghasilkan ramuan tradisional yang berkhasiat. Rebus ketiga bahan tersebut dengan air, lalu tunggu hingga mendidih dan air hanya tersisa setengahnya saja. Minum ramuan ini sebanyak 3 kali sehari.

Sponsors Link

Obat yang Dijual di Apotek

  1. Ceftriaxone
  2. Trimethoprim
  3. Ciprofloxacin
  4. Amoxicilin
  5. Kortrimoksazol
  6. Jelly Gamat Herbal
  7. Batugin Elixir
  8. Muncord Tiens
  9. Enatin
  10. Kalkurenal
  11. Green World Nutrimax
  12. Calterol
  13. Jamu Keling untuk Kencing Batu
  14. Renax Cap
  15. Batu Luruh de Nature

Itulah berbagai obat gangguan ginjal, baik secara alami maupun di apotek. Pengobatan secara alami sebaiknya tetap dilakukan di bawah pengawasan para ahli. Sementara untuk konsumsi obat-obatan medis tentu harus dengan resep dokter. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh!

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :