Sponsors Link

Obat Gagal Ginjal Selain Cuci Darah yang Ampuh

Sponsors Link

Semua manusia pasti ingin selalu mendapatkan kesehatan. Baik anak kecil ataupun orang yang sudah dewasa, semuanya tidak ingin merasakan yang namanya penyakit, apalagi penyakit yang berbahaya. Oleh karenanya semua cara untuk sehat mereka lakukan agar terbebas dari yang namanya penyakit, salah satunya penyakit gagal ginjal. Akan tetapi bagi yang sudah terkena penyakit tersebut, tetapi tidak ingin mengeluarkan banyak biaya karena harus cuci darah, maka mereka harus menemukan obat gagal ginjal selain cuci darah yang dapat mereka beli dengan biaya yang murah.

ads

Gagal ginjal adalah sebuah penyakit ginjal yang ditandai dengan adanya penurunan fungsi ginjal sampai batas tertentu yang membuat ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya secara keseluruhan. Penyakit ini memiliki dua jenis, yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis. Gagal ginjal akut cenderung lebih mudah untuk disembuhkan dengan pengobatan daripada gagal ginjal kronis. Untuk dapat menyembuhkan gagal ginjal kronis, biasanya dokter akan menyarankan kita untuk melakukan transplantasi ginjal.

Baca juga:

Ginjal adalah organ yang penting bagi tubuh kita. Organ ini memiliki banyak fungsi dan sayangnya, fungsi-fungsi tersebut tidak bisa digantikan oleh organ yang lainnya. Ginjal yang hanya berukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa ini memiliki fungsi yang sangat kompleks, dari membantu mengatur tekanan darah, mengatur kadar kalium dalam darah, menyaring zat-zat yang berbahaya bagi tubuh dan berbagai fungsi lain yang tidak dapat digantikan oleh organ tubuh yang lain. Dari anak kecil, remaja, orang dewasa, atau orang tua, semuanya perlu memerhatikan organ yang satu ini. Baca juga: Cara Mengobati Ginjal Bengkak

Pengobatan yang umumnya dilakukan untuk mengatasi gagal ginjal adalah dengan melaksanakan cuci darah. Cuci darah dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan racun-racun yang ada di dalam tubuh kita. Akan tetapi, selain mahal, cara menyembuhkan gagal ginjal dengan cuci darah juga cenderung memiliki tingkat efektivitas yang rendah. Banyak pasien yang tidak dapat bertahan lebih dari dua tahun ketika menjalani cuci darah. Oleh karena itu ada baiknya kita mencari alternatif obat selain cuci darah yang dapat membantumu untuk menyembuhkan gagal ginjal. Berikut ini akan kita bahas beberapa makanan, ramuan, atau minuman yang dapat menjadi salah satu obat, baik berfungsi sebagai suplemen atau memperbaiki ginjal itu sendiri. Apa saja? Simak di bawah ini ya. Baca juga: Makanan Sehat untuk Ginjal

1. Mengonsumsi daun binahong

Apakah kamu tahu yang namanya daun binahong? Buat kamu yang belum mengenal apa itu daun binahong, daun binahong itu merupakan salah satu dari tanaman obat tradisional yang bermanfaat untuk tubuh. Selain digunakan untuk mengobati luka luar, seperti luka pada kulit yang tergores dan semacamnya, daun binahong juga mampu dimanfaatkan untuk mengobati berbagai luka dalam dengan teknik yang tepat. Salah satu jenis penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan daun binahong, adalah penyakit ginjal. Baca juga: Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal

Bagi kamu yang tertarik untuk mencobanya, kamu dengan cara meminum air rebusan daun binahong dengan dosis yang tepat. Untuk menentukan dosis ini sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Akan tetapi, apabila kamu rutin meminum kafein, seperti misalnya kopi atau teh dalam jangka waktu yang dekat, sebaiknya kamu jangan meminum daun binahong karena dapat mengakibatkan dampak yang jauh lebih buruk dari sekedar penyakit ginjal, yaitu kematian. Bagi penderita angina juga tidak disarankan untuk meminum air rebusan binahong agar angina yang diderita tidak semakin parah. Apalagi kalau kamu sudah menderita gagal ginjal, sebaiknya kurangilah konsumsi minum-minuman yang membutuhkan filtrasi yang berat. Baca juga: Penyebab Radang Ginjal

Sponsors Link

2. Mengonsumsi ikan salmon

‘Obat’ gagal ginjal berikutnya adalah ikan salmon. Ikan salmon merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal manusia. Kandungan omega-3 yang ada di dalam ikan ini dapat membantu tubuh mengatasi kanker, sakit jantung, menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, dan bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Dengan mengubah pola makan yang kamu miliki, salah satunya dengan rutin mengonsumsi ikan salmon, ginjal yang sakit dapat membaik secara alami.

Bagi penderita gagal ginjal, ikan salmon adalah salah satu jenis makanan yang tergolong ramah dan dapat membantu mengembalikan kesehatan ginjal setelah mengalami kerusakan. Dengan mengonsumsi ikan ini secara teratur, ginjal yang mengalami sakit dapat sembuh cepat atau lambat. Dengan mengonsumsi ikan salmon pada kehidupan sehari-hari, kesehatan ginjal pasti akan terjaga dengan baik.

Baca juga:

ads

3. Mengonsumsi minyak zaitun

Nama minyak zaitun mungkin sudah kamu kenal dari pembicaraan sehari-hari. Minyak zaitun memang merupakan salah satu jenis minyak yang sudah terkenal karena memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu beragam manfaat minyak zaitun adalah kemampuannya dalam membantu penyembuhan ginjal ketika sakit, termasuk ketika mengalami gagal ginjal. Dengan mengonsumsi minyak zaitun secara rutin, maka ginjal yang menderita gagal ginjal akut dapat membaik dan mampu kembali berfungsi dengan optimal.

4. Mengonsumsi akar alang-alang

Diam-diam, akar alang-alang merupakan salah satu jenis bagian tanaman yang dapat dijadikan sebagai tanaman obat untuk berbagai penyakit lo. Tanaman rumput yang dapat tumbuh liar ini, memiliki kemampuan dalam menyembuhkan gagal ginjal apabila kamu mengonsumsinya dengan tepat.

Bagaimana cara mengonsumsi akar alang-alang sebagai obat gagal ginjal? Kamu hanya perlu merebusnya dengan air, kemudian meminum air rebusan tersebut sebanyak dua sampai tiga kali pada pagi dan sore hari.

Akar alang-alang mengandung kalium yang sangat tinggi, sehingga dapat menghancurkan kista dan batu ginjal yang menghalangi pergerakan urin di sepanjang saluran kandung kemih. Dengan demikian, aliran cairan sekitar ginjal akan kembali normal. Akan tetapi konsumsi alang-alang karena kaliumnya sangat tinggi, juga harus dikontrol dengan baik karena apabila tidak malah akan membuat ginjalmu bertambah parah.

Baca juga:

5. Mengonsumsi buah kelapa kuning

Obat gagal ginjal selain cuci darah berikutnya adalah buah kelapa kuning. Buah kelapa kuning, kalau kamu belum tau, merupakan salah satu buah yang mengandung banyak khasiat untuk tubuh kita. Salah satu dari khasiat atau manfaat dari buah ini adalah membantu menjaga kesehatan ginjal.

Apabila kamu menderita penyakit ginjal, buah kelapa kuning dapat membantumu mengobati penyakit tersebut, sehingga kondisi ginjalmu akan semakin baik. Agar lebih efektif, kamu dapat mencampurkan buah kelapa kuning dengan tanaman tradisional lainnya, sehingga penyakit ginjal yang kamu derita akan lebih cepat sembuh. Beberapa tanaman tradisional lain yang bisa dicampur dengan buah kelapa kuning antara lain adalah buah parung burung dan kaktus ekor tikus.

Sponsors Link

Selain lima obat di atas, kamu juga dapat menggunakan obat di bawah ini. Berikut obat gagal ginjal selain cuci darah lainnya.

  1. Rujak polo
  2. Air rebusan daun sirsak
  3. Bawang putih
  4. Olahraga ringan
  5. Air rebusan daun keji beling
  6. Mahkota dewa
  7. Air rebusan daun sukun
  8. Bawang bombai
  9. Jeruk nipis
  10. Kumis kucing
  11. Rambut jagung
  12. Kaktus ekor tikus
  13. Buah paruh burung
  14. Buah manggis
  15. Buah cilantro
  16. Buah semangka
  17. Buah cranberry
  18. Bawang merah
  19. Teh kamomil
  20. Teh solido atau teh goldenrod
  21. Jahe
  22. Buah ceri
  23. Cinnamon
  24. Teh jawa atau orthosiphonstamineus
  25. Aloe Vera

Itulah beberapa obat gagal ginjal selain cuci darah yang dapat kamu konsumsi untuk membantumu mengatasi gagal ginjal yang kamu derita. Pengobatan dengan obat alternatif ini mungkin tidak cocok apabila tubuhmu mengalami komplikasi tertentu, oleh karena itu jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter karena apabila kamu salah mengonsumsi, dikhawatirkan akan terjadi hal-hal lain yang tidak diinginkan seperti kematian.

Obat gagal ginjal yang paling mujarab mungkin berbeda tergantung kondisi tiap individu, dokter akan cenderung menyarankan untuk melakukan transplantasi ginjal karena sel-sel ginjal kita sudah rusak sedemikian parah ketika menderita gagal ginjal. Akan tetapi melakukan usaha lain, dengan berdasarkan pada pengetahuan bahwa ada zat atau ada nutrisi yang dapat membantu penyembuhan sel ginjal, maka hal tersebut juga pantas kita lakukan. Tentunya dengan selalu memperhatikan keadaan tubuh dan saran dari para ahli. Oleh karena itu, baik kamu menempuh jalur medis seperti melakukan cuci darah ataupun mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat berperan sebagai obat di atas, semoga kesembuhan akan kamu dapatkan.

Selamat merawat ginjalmu!

Baca juga:

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan