Sponsors Link

Neoplasma Ginjal – Gejala – Pencegahan

Sponsors Link

Neoplasma ginjal yang merupakan salah satu dari macam macam penyakit ginjal  bisa diartikan sebagai pertumbuhan baru. Sel neoplasma berasal dari sel yang awalnya merupakan sel normal akan tetapi kemudian mengalami perubahan neoplastik dan sel tersebut mendapatkan derajat otonom. Neoplasma sendiri bisa dibedakan atas dasar sifat yakni benigna atau jinak dan juga maligma atau ganas.

ads

Neoplasma sendiri bisa terbentuk pada saluran kemih dan juga ginjal serta vesika urinaria. Tumbuhnya tumor jinak tersebut tidak menyebabkan gejala klinis sehingga umumnya ditemukan tidak sengaja saat pasien melakukan pemeriksaan general check up. Selain tumor ginal, terdapat juga tumor ginjal ganas yang bisa menyerang dari mulai anak anak hingga orang dewasa. Agar lebih jelas mengenai neoplasma ginjal, berikut ini akan kami berikan ulasan selengkapnya untuk anda.

1. Tumor Jinak Ginjal

Tumor jinak pada ginjal yakni oncocytoma renal merupakan tumor jinak yang umumnya terjadi pada pria dan merupakan sel yang ada pada tubulus koligentes. Beberapa ciri ciri penyakit ginjal yang ditimbulkan diantaranya adalah:

  • Flank pain
  • Hematuria
  • Terasa nyeri pada bagian perut
  • Massa abdominal yang teraba.

Sedangkan untuk pemeriksaan bisa dilakukan dengan cara pemeriksaan biopsi pada gambaran histologik neoplasma ginjal yang akan memperlihatkan adanya onkosit. Onkosit tersebut merupakan sebuah sel yang berukuran besar dimana pada bagian dalamnya terdapat sitoplasma eosnofilik.

Sel tersebut biasanya terdiri dari beberapa lembaran dan gambaran histologiknya serupa dengan gambaran karsinoma yang ada pada sel ginjal.

2. Adenoma Metanefrik

Gejala yang ditimbulkan dari penderita adenoma metanefrik diantaranya adalah rasa nyeri yang umumnya terjadi pada perut. Gambaran histologik dari adenoma metanefrik tersebut berupa tubul kecil dengan papila yang berukuran lebih besar dari papilla adenoma pailer berbeda dengan ciri ciri batu ginjal.

Penderita nantinya juga bisa mengalami stroma dan juga kista yang ada disekitar neoplasma. Dalam hal tersebut, nantinya akan dilakukan pemeriksaan imunohistokimia memakai masker tumor dan umumnya penderita sudah bisa sembuh dan tidak sampai terjadi rekurrens.

3. Papilary atau Tubulopapilary Adenoma

Ini merupakan tumor jinak berukuran kecil dari epitel tubulus renal dimana gambaran histologiknya adalah sitoplasma berukuran besar yang terdiri dari sel eosinofilik berbentuk susunan seperti tubular papillary.

4. Tumor Ganas atau Maligma

Neoplasma maligma yang disebut juga dengan tumor ganas atau kanker memiliki pertumbuhan yang sangat cepat sehingga akan sulit untuk dikendalikan sebab jaringan bisa berubah menjadi kanker dan menjadi penyakit yang berkembang pada area terjangkit yang kemudian akan menyebar ke seluruh tubuh. 

Sponsors Link

Kanker ini sangat sulit disembuhkan dan untuk menghindari komplikasi parah maka kanker akan diangkat dengan jalan operasi. Pada jaringan yang sudah terkena umumnya akan dilakukan penyinaran dan bukan untuk menyembuhkan namun menghambat pertumbuhan ginjal rusak karena kanker. Apabila seseorang sudah mengalami hal tersebut, maka sebaiknya diusahakan untuk menghindari pola makan dan kebiasaan tidak baik.

Gejala Neoplasma Ginjal

Penderita neoplasma ginjal atau kanker ginjal nantinya juga akan mengalami beberapa gejala yang bisa dirasakan dan beberapa diantaranya adalah:

  • Kencing darah: Terjadi pada sekitar 40% penderita neoplasma ginjal yang bisa dilihat langsung oleh penderita seperti ciri ciri penyakit ginjal stadium awal. Untuk kencing darah yang banyak akan menimbulkan rasa sakit saat buang air kecil, disuria, retensi urin dan sebagainya.
  • Timbul rasa sakit: Saat tumor dalam ginjal berukuran besar maka bisa dirasakan di bagian pinggang dengan rasa sakit tumpul monoton atau terjadi terus menerus.
  • Gejala lain yang ditimbulkan adalah radang yang juga ditimbulkan sebagai ciri ciri ginjal bermasalah, penurunan berat badan, disfungsi liver, tekanan darah tinggi, memperlihatkan ciri ciri anemia, cachexia dan sebagainya.
    Sponsors Link

Pencegahan Neoplasma Ginjal

Untuk mengurangi risiko terkena penyakit neoplasma ginjal ini, maka ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan seperti:

  • Tidak merokok: Sebab seseorang yang sudah berusia diatas 30 tahun akan semakin rentan dengan kanker ginjal, batu ginjal dan berbagai jenis penyakit ginjal lain.
  • Hindari paparan radiasi: Seseorang yang cukup lama terpapar radioaktif bisa meningkatkan risiko neoplasma ginjal.
  • Menghindari beberapa jenis pekerjaan:  Pekerjaan di bidang logam, batubara, industri dry cleaning, percetakan dan sebagainya.

Demikian ulasan dari kami tentang pengertian, gejala dan juga pencegahan dari neoplasma ginjal atau disebut juga dengan kanker ginjal yang sangat berbahaya. Jika beberapa gejala diatas memang anda alami, maka segera periksakan diri anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Sponsors Link
>
, , ,