Sponsors Link

Nekrosis Tubular Ginjal Akut : Gejala – Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Dalam bagian organ ginjal terdapat struktur kecil berbentuk tabung yang berguna untuk menghilangkan garam, cairan berlebih dan juga produk limbah dari darah. Pada saat tubulus tersebut mengalami kerusakan atau hancur, maka seseorang akan mengalami nekrosis tubular ginjal akut yakni sejenis cedera ginjal akut dan kerusakan tersebut bisa menyebabkan gagal ginjal akut.

Gejala Nekrosis Tubular Ginjal Akut

Gejala nekrosis tubular ginjal akut sangat bervariasi tergantung dari tingkat keparahannya. Namun, beberapa gejala yang umum terjadi diantaranya adalah:

  • Merasa mengantuk bahkan di siang hari.
  • Lesu atau terkuras secara fisik.
  • Sering haus atau mengalami dehidrasi.
  • Penyebab jarang buang air kecil atau tidak sama sekali.
  • Menyimpan cairan atau pembengkakan di dalam tubuh.
  • Kebingungan.
  • Mual dan muntah.

Penyebab Nekrosis Tubular Ginjal Akut

Ciri ciri penyakit ginjal ini bisa terjadi karena oksigen yang mencapai sel sel di bagian organ ginjal berkurang. Jika darah tidak bisa mencapai ginjal karena terjadi penyumbatan atau penurunan aliran, maka ginjal rusak atau hancur bisa terjadi. kekurangan aliran darah tersebut bisa disebabkan karena hipotensi dan juga beberapa jenis obat obatan.

Selain itu, zat berbahaya yang terkandung dalam darah juga bisa merusak tubulus dan racun bisa mengubah cara fungsi tubulus. Bahan kimia serta obat obatan tertentu seperti anestesi, antibiotik atau pewarna radiologi juga bisa menyebabkan nekrosis tubular ginjal akut apabila tubuh bereaksi negatif.

Faktor Risiko Nekrosis Tubular Ginjal Akut

Ada beberapa faktor yang bisa membuat seseorang bisa lebih berisiko terkena penyakit ini. Faktor risiko sangat tergantung dari kesehatan tubuh secara menyeluruh dan masalah medis lain seperti:

1. Cedera Pada Tubuh

Cedera yang baru baru saja terjadi pada tubuh khususnya ginjal atau trauma bisa menyebabkan gumpalan darah atau penyumbatan lain di pembuluh darah yang berhubungan dengan fungsi ginjal.

2. Reaksi Buruk Pada Transfusi Darah

Tubuh bisa saja menolak atau menghancurkan sel sel darah dalam darah yang ditransfusikan. Hal ini bisa menimbulkan masalah apabila tubuh tidak memperoleh pasokan darah dalam jumlah yang cukup.

3. Syok Septik

Sepsis bisa menyebabkan penurunan drastis pada tekanan darah dan memperlambat sirkulasi darah menuju ginjal. Hal ini sangatlah membahakan apabila seseorang juga sudah memiliki masalah tekanan darah rendah.

4. Prosedur Bedah utama

Prosedur bedah utama juga bisa mengakibatkan komplikasi dengan suplai atau sirkulasi darah yang kemudian menyebabkan nekrosis tubular ginjal akut terjadi.

Diagnosis Nekrosis Tubular Ginjal Akut

Apabila dokter mencurigai seorang pasien menderita nekrosis tubular ginjal akut, maka akan ada beberapa tes diagnostik spesifik yang akan dilakukan, seperti:

  • Urinalisis untuk mencari sel abnormal dalam urin, warna urin dan tanda infeksi bakteri serta organisme lainnya.
  • Tes nitrogen urea darah dan urin kreatinin sebab kedua level meningkat dengan gagal ginjal dan biopsi untuk memeriksa jaringan ginjal.
  • Biopsi untuk memeriksa jaringan ginjal.
  • Tes darah untuk mengukur natrium dan kreatinin.
  • CT scan bagian dalam ginjal.

Pengobatan Nekrosis Tubular Ginjal Akut

Untuk mengatasi gangguan ginjal ini, dokter kemungkinan akan meresepkan obat untuk mengurangi penumpukan cairan dan juga limbah pada ginjal. Pasien mungkin juga akan diminta untuk membatasi diet untuk mengurangi asupan kalium serta natrium.

Selain itu, pasien juga perlu mengatur jumlah air yang diminum dengan tujuan menghindari retensi cairan berlebihan. Terlalu banyak cairan bisa mengakibatkan pembengkakan tidak normal pada bagian kaki dan juga lengan. Tergantung dari kondisi pasien, dialisis bisa dijadikan pilihan perawatan lainnya. Prosedur ini akan membantu ginjal menyaring cairan dan juga limbah yang berlebihan.

Bagaimana Prospeknya?

Gagal ginjal akut umumnya tidak terjadi pada orang yang memiliki kesehatan baik. Jika seseorang tidak mempunyai kondisi kesehatan yang mendasari, maka memiliki prospek baik jhususnya jika bisa memulai perawatan pada tahap awal kondisi. Apabila nekrosis tubular ginjal akut terjadi karena kondisi lain, maka pemulihan sangat tergantung pada kesehatan secara menyeluruh.

Pencegahan

Untuk menghindari ciri ciri ginjal bermasalah ini terjadi, maka atasi kondisi yang membuat oksigen menurun dan aliran darah ke ginjal. Mengontrol gangguan yang ada seperti kondisi jantung, diabetes dan penyakit hati sangat penting dilakukan. Selain itu, pastikan juga minum banyak air sesudah memakai pewarna kontras dan minta dokter untuk memantau darah apabila anda minum obat yang mungkin beracun bagi ginjal.

Sponsors Link
>
, , , ,