Sponsors Link

Nekrosis Tubular Akut – Penyebab – Gejala – Diagnosa – Pengobatan

Sponsors Link

Nekrosis tubular akut atau dalam bahasa Inggris disebut dengan acute tubular necrosis [ATN] merupakan salah satu dari penyebab gagal ginjal kronis atau cedera ginjal akut [acute kidney injury] karena cedera struktural yang bisa mengakibatkan banyak komplikasi sehingga membutuhkan terapi pengganti ginjal atau hemodialisis. Ini adalah penyebab gagal ginjal akut yang paling umum terjadi pada pasien yang sudah sakit kritis dimana terjadi pada sekitar 75% kasus gagal ginjal akut. Nekrosis tubular akut ini akan mencederai segmen tubular nefron sehingga gagal ginjal dan juga sindrom uremik bisa terjadi. Sedangkan mortalitasnya bisa terjadi sebesar 70% yang tergantung dari komplikasi akibat penyakit yang mendasari.

ads

Penyebab Nekrosis Tubular Akut

Nekrosis tubular akut ini bisa disebabkan karena berbagai hal yang terjadi baik pada organ ginjal ataupun saluran kandung kemih. Beberapa penyebab nekrosis tubular akut yang merupakan efek samping gagal ginjal ini diantaranya adalah:

  • Epitelium tubular yang terkena dengan penyakit
  • Cedera iskemik pada sel peritelial glomerular
  • Cedera iskemik yang terjadi pada endotelium vaskular
  • Obstruksi pada aliran urin.

Tanda dan Gejala Nekrosis Tubular Akut

Ada beberapa tanda dan gejala yang akan dialami penderita nekrosis tubular akut yang nantinya menyebabkan berbagai tingkatan stadium gagal ginjal seperti pendarahan abnormal atau petekia dan ekomosis, output atau pengeluaran urin yang semakin menurun, selaput lendir dan kulit yang semakin mengering, hiperkalemia, lesu dan lemas, sawan atau kejang, bau napas uremik dan juga sindrom uremik yang disertai dengan oliguria dan konfusi yang nantinya dapat berkembang menjadi koma uremik. 

Sponsors Link

Uji Diagnostik Nekrosis Tubular Akut

Untuk mendiagnosa nekrosis tubular akut, nantinya dokter akan melakukan beberapa tes atau uji pada pasien seperti memeriksa kenaikan kadar nitrogen urea darah, urinalisis dan juga elektrokardiografi serta beberapa tes lainnya seperti:

  1. Urinalisis

Urinalisis yang dilakukan oleh dokter untuk mengatasi penyebab gagal ginjal kronis ini nantinya akan memperlihatkan sedimen kencing atau urin yang mengandung sel darah merah atau red blood cell dan juga struktur siliner serta urin cair yang mempunyai gravitasi spesifik rendah, osmolalitas rendah kurang dari 400 m0sm/kg dan juga kadar natrium tinggi antara 40 hingga 60 mEq/L.

  1. Studi Darah

Studi darah dilakukan untuk menunjukkan kenaikan kadar nitrogen urea darah dan juga kreatinin serum, anemia, kelainan yang terjadi pada kelekatan keping darah, asidosis metabolik dan juga hiperkalemia yang juga dilakukan untuk memeriksa ciri ciri gagal ginjal awal.

  1. Elektrokardiografi

Elektrokardiografi yang dilakukan nantinya bisa memperlihatkan aritmia yang terjadi karena elektrolit tidak seimbang, apabila terjadi hiperkalemia, elektrokardiografi yang memperlihatkan pelebaran kompleks QRS, gelombang P yang hilang dan juga gelombang T yang tinggi dan juga memuncak. 

Sponsors Link

Penanganan Nekrosis Tubular Akut

Berbeda dengan cara mengobati gagal ginjal secara alami, untuk mengatasi nekrosis tubular akut ini, nantinya akan ada beberapa cara penanganan yang akan dilakukan oleh dokter dan beberapa diantaranya adalah:

  • Memberikan diuretik dan infusi cairan dalam volume tinggi untuk membilas tubula struktur silinder seluler atau cellular casts dan debris yang akan menggantikan cairan hilang. Sedangkan untuk manajemen jangka panjang, kehilangan cairan yang sudah terlihat dan terhitung termasuk kehilangan yang tidak bisa dirasakan maka nantinya harus diganti setiap hari.
  • Transfusi RBC kemasan yang diberikan jika penderita nekrosis tubular akut juga mengalami anemia.
  • Antibiotik yang diberikan untuk mengatasi infeksi.
  • Glukosa sebesar 50%, insulin reguler dan juga natrium bikarbonat darurat yang diberikan secara I.V. dengan enema untuk menurunkan kadar kalium ekstra selular.
  • Dialisis peritoneal atau hemodialisis yang diperlukan apabila pasien sudah berada dalam kondisi katabolik.

Nekrosis tubular akut yang menjadi salah satu penyebab utama timbulnya gejala gagal ginjal kronik atau akut atau cedera ginjal ini sangatlah berbahaya dan jika mengembangkan komplikasi maka memaksa penderita untuk melakukan transplantasi pengganti organ ginjal dan menjadi salah satu penyakit ginjal serius yang harus diwaspadai dan dihindari. Bahkan, jika nekrosis tubular akut yang terjadi sudah semakin parah dan gagal atau terlambat diatasi, maka bisa menyebabkan nyawa penderita nantinya tidak bisa tertolong.

Sponsors Link
>
, , ,