Sponsors Link

Pengertian Nefrolitotomi Untuk Batu Ginjal – Manfaat – Prosedur – Komplikasi

Sponsors Link

Apabila seseorang memiliki batu ginjal berukuran terlalu besar sehingga menghambat saat buang air kecil, maka tindakan operasi mungkin menjadi pilihan terbaik yang bisa dilakukan seperti salah satunya adalah nefrolitotomi. Dalam jenis operasi tersebut, dokter nantinya akan memakai lingkup kecil dengan alat alat lain untuk mengeluarkan batu ginjal tersebut dengan cara membuat luka kecil pada bagian punggung pasien yang terkadang juga sering disebut dengan nefrolitotomi perkutan atau melalui kulit atau ekstrasi batu.

ads

Siapa yang Membutuhkan Nefrolitotomi

Apabila ukuran batu pada penderita memang sangat besar, maka dokter juga tidak bisa mengeluarkan batu tersebut dengan operasi lain yang memakai gelombang kejut atau laser. Untuk itulah nefrolitotomi menjadi pilihan terbaik untuk beberapa kasus sebagai penanganan batu ginjal seperti:

  • Memiliki batu ginjal dalam jumlah banyak dan padat
  • Batu ginjal memiliki diameter seukuran nikel atau 4/5 inci bahkan lebih besar
  • Pasien memiliki batu ginjal bercabang yang dinamakan staghorn yang menghalangi sebagian besar organ ginjal
  • Sudah melakukan perawatan medis lain namun belum memberikan hasil memuaskan.

Umumnya pasien diharuskan menginap di rumah sakit setidaknya selama satu malam dan nefrolitotomi ini bisa menghilangkan batu ginjal pada anak atau orang dewasa antara 85 hingga 90%. Namun untuk pasien yang memiliki masalah jantung, paru paru parah dan juga rentan terhadap pendarahan tidak terkontrol, maka tidak disarankan untuk melakukan nefrolitotomi tersebut.

Metode Nefrolitotomi

Sebelum prosedur dilakukan, dokter akan menguji urin dan juga darah pasien untuk melihat kemungkinan infeksi. Pasieb kemungkinan juga harus menjalani CT scan, X ray atau ultrasound sehingga bisa melihat dengan baik letak dari batu ginjal tersebut seperti pada proses dialisis. Pembedahan nantinya akan berlangsung selama satu hingga dua jam dan pasien akan berbaring telungkup di meja bedah. Anestesi umum nantinya akan diberikan sehingga tidak akan terbangun atau merasa sakit sama sekali.

Dokter kemudian akan menyuntikkan kandung kemih dengan pewarna atau karbon dioksida sehingga bisa melihat cabang ginjal lewat ruang lingkup tersebut untuk mengatasi batu ginjal pada wanita dan juga pria. Nantinya potongan kecil di bagian tengah punggung sisi batu ginjal berada akan dilakukan untuk memasukkan kamera serat optik. Pengangkatan batu ginjal dilakukan dengan perangkat laser, ultrasonik atau mekanik untuk dihancurkan lebih dulu uang disebut dengan nefrolitotripsi.

Sesudah operasi, pasien nantinya akan memakai stent berukuran kecil yakni selang antara organ ginjal dan kandung kemih terbuka untuk membantu drainase urin dan kemungkinan juga akan memakai tabung dari sayatan untuk mengalirkan cairan dari ginjal menuju kantong yang menempel pada bagian luar tubuh dan nantinya semua ini akan diangkat sesudah 1 hingga 2 minggu sesudah proses nefrolitotomi untuk mengatasi penyebab batu ginjal pada pria atau wanita tersebut. Pasien juga biasanya harus tinggal di rumah sakit selama 1 hingga 2 minggu dan bisa kembali beraktivitas normal 1 minggu sesudahnya namun tetap harus menghindari mengangkat barang berat atau menarik sesuatu selama satu bulan. 

Sponsors Link

Risiko dan Komplikasi Nefrolitotomi

Seperti jenis operasi pada umumnya, sesudah menjalani nefrolitotomi ini juga bisa menyebabkan beberapa komplikasi meski sangat jarang terjadi. Beberapa infeksi tersebut diantaranya adalah:

  1. Kehilangan Banyak Darah

Kehilangan darah dalam jumlah cukup banyak mungkin akan terjadi sehingga pasien juga membutuhkan transfusi darah. Dokter juga akan meminta pasien untuk menghindari beberapa jenis obat sekitar 1 minggu sebelum operasi yang bisa menghambat pembekuan darah sebagai pantangan batu ginjal seperti antasid, ibuprofen, aspirin, pengencer darah, vitamin E dan beberapa jenis obat arthritis.

  1. Cedera Organ atau Tissue

Meski jarang terjadi, namun operasi nefrolitotomi ini bisa merusak organ yang ada di sekitar ginjal seperti pembuluh darah, usus, hati dan juga limpa. Ureter yang mengeluarkan air kencing dari ginjal menuju kandung kemih juga kemungkinan tertusuk sehingga menimbulkan jaringan parut atau operasi perbaikan seperti dalam metode transplantasi ginjal

Sponsors Link

  1. Infeksi

Infeksi juga menjadi komplikasi yang bisa terjadi sesudah menjalani nefrolitotomi dengan gejala seperti demam, drainase dari sayatan punggung, sakit ketika buang air kecil dan harus sering pergi ke kamar mandi.

Nefrolitotomi merupakan cara untuk menghilangkan batu ginjal ukuran besar atau kompleks namun tidak selalu berhasil untuk semua pasien. Apabila ini terjadi, maka dokter akan berdiskusi dengan pasien mengenai pilihan lain yang bisa dilakukan seperti operasi terbuka dengan pemotongan lebih besar pada tubuh pasien.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan