Sponsors Link

Nefritis Interstisial – Gejala – Faktor Risiko – Penyebab – Pengobatan

Sponsors Link

Nefritis interstisial merupakan gangguan yang terjadi di ruang sekitar nefron yang merupakan salah satu penyakit akut atau kronis. Organ ginjal bertugas untuk membuang ginjal dari dalam tubuh sekaligus untuk menyeimbangkan cairan yang ada di dalam tubuh. Masing masing ginjal mempunyai 1 juta filter berukuran kecil yang dinamakan dengan nefron. Nefron tersebut merupakan tabung kecil melingkar dengan bola di salah satu bagian ujungnya yang akan mengalirkan urin menuju tabung atau ureter penghubung ginjal dengan kandung kemih. Nefritis interstisial ini bisa terjadi di semua usia namun kebanyakan dialami oleh orang tua. Sekitar 10 hingga 15% kasus gagal ginjal bisa terjadi karena penyakit tersebut

ads

Tanda dan Gejala Nefritis Interstisial

Gejala yang terjadi pada penderita Nefritis Interstisial umumnya adalah timbulnya ruam dan demam serta urin yang kemungkinan mengandung sel abnormal dimana dalam sel tersebut umumnya berupa eosinofil yakni jenis sel darah putih. Penderita juga biasanya tidak mengalami gejala hingga gangguan ginjal terjadi. Apabila sudah mencapai tahapan ini, maka gejala gagal ginjal kronis seperti mual, kelemahan, muntah, gatal gatal, pembengkakan kaki dan terasa seperti logam pada mulut bisa terjadi.

Infeksi yang sudah menyebabkan nefritis tersebut juga membuat penderita mengalami beberapa gejala lainnya seperti demam, menggigil, nyeri punggung dan juga gangguan kencing seperti sensasi terbakar, perubahan frekuensi buang air kecil dan terkadang bisa menjadi penyebab kencing berdarah serta tekanan darah tinggi yang sulit dikontrol.

Penyebab Nefritis Interstisial

Nefritis Interstisial ini umumnya terjadi karena mengkonsumsi obat obatan seperti antibiotik, diuretik dan obat anti inflamasi. Sedangkan obat obatan lain yang diikuti dengan infeksi virus atau bakteri juga bisa menyebabkan Nefritis Interstisial terjadi. Dalam kasus langka, penyakit ini juga bisa berhubungan dengan gangguan imun tubuh seperti sarkoidosis, lupus dan juga sindrom Sjogren yang terkadang penyebabnya juga tidak diketahui.

Faktor Risiko Nefritis Interstisial

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang memiliki risiko terkena Nefritis Interstisial lebih tinggi dan beberapa faktor yang bisa mempengaruhi tersebut diantaranya adalah:

  • Untuk orang dewasa yang tidak mengikuti petunjuk dari dokter secara baik.
  • Untuk anak anak bisa terjadi karena infeksi.

Namun dengan tidak adanya risiko, bukan berarti seseorang juga terbebas dari ciri ciri ginjal bermasalah tersebut, sebab ciri dan gejala yang sudah dijelaskan diatas hanyalah sebagai referensi sehingga harus dikonsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

Pengobatan Nefritis Interstisial

Pengobatan yang dilakukan pada penderita Nefritis Interstisial ini bertujuan untuk memperbaiki gagal ginjal kronis sekaligus untuk mengatasi masalah metabolisme yang berkaitan dengan gagal ginjal seperti kalium tinggi, kalium rendah, tingkat fosfor yang terlalu tinggi dan juga jumlah darah yang rendah. Nantinya, nephrologist yakni spesialis penyakit ginjal bisa membantu pasien untuk pengobatan lebih lanjut. 

Sponsors Link

Pengobatan Nefritis Interstisial juga berfungsi untuk memperbaiki penyebab utamanya dan jika dikarenakan karena obat obatan, maka penggunaan obat tersebut harus dihentikan. Untuk infeksi bakteri nantinya akan diobati dengan antibiotik dan jika pasien tidak menanggapi pengobatan awal, maka kortikosteroid seperti prednison bisa diberikan.

Tes Nefritis Interstisial

Dokter nantinya akan membuat diagnosis yang diambil dari riwayat kesehatan pasien, pemeriksaan fisik, tes darah dan juga tes urin. Dokter juga kemungkinan bisa melakukan tes ultrasonografi memakai gelombang suara untuk mendapatkan gambaran kondisi ginjal penderita. Sedangkan untuk diagnosis yang masih kurang begitu jelas, maka dokter kemungkinan juga bisa melakukan biopsi dimana jarum khusus akan dimasukkan dalam organ ginjal dan sepotong kecil dari jaringan ginjal akan diambil yang kemudian diperiksa memakai mikroskop. 

Sponsors Link

Pengobatan Rumahan Nefritis Interstisial

Untuk gaya hidup dan juga pengobatan rumahan juga bisa dilakukan untuk mengatasi Nefritis Interstisial seperti beberapa cara berikut ini.

  • Konsumsi hanya obat yang sudah diresepkan
  • Anda harus mengetahui jika sepertiga dari penderita akut juga memerlukan dialisis untuk sementara waktu
  • Gangguan tersebut bisa segera berhenti jika mengkonsumsi obat obatan tertentu juga dihentikan jika memang disebabkan karena obat
  • Penderita kronis juga umumnya mempunyai gagal ginjal dan membutuhkan proses hemodialis permanen

Sponsors Link
>
, , ,