Sponsors Link

Nefritis – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Saat ini masalah penyakit di Indonesia semakin meningkat dari masalah penyakit yang tidak serius hingga ke masalah yang paling serius.Masalah yang serius ini dapat mengakibatkan terjadinya masalah-masalah serius dalam tubuh yang mengganggu atau menghambat seseorang  untuk melakukan aktivitas seseorang.

ads

Beberapa penyakit yang serius saat ini contohnya saja pada ginjal. Penyakit ginjal sendiripun terdapat berbagai macam seperti gagal ginjal dan uremiabatu ginjalginjal akutrdang kandung kemih dan lain sebagainya. . Lalu bagaimanakah dengan penyakit nefritis. Memang penyakit ini jarang sekali terdengar di telinga kita khususnya pada masyarakat Indonesia. Penyakit Nefritis juga termasuk penyakit pada ginjal yang menyebabkan fungsi ginjal menurun. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai nefritis ini berikut penjelasannya.

Nefritis

Ginjal rusak meruppakan indikasi bahwa fungsi ginjal mengalami penurunun,kodisi yang dapat menyebabkan fungsi ginjal meurun yaitu nefritis.Nefritis merupakan salah satu penyakit pada ginjal. Pengertian dari nefritis ini adalah penyakit yang biasaya ditandai dengan adanya peradangan pada ginjal. Selain itu ginjal merupakan salah satu organ yang berperan penting yang bekerja didalam sistem tubuh manusia.

Peradangan ini atau nefritis juga dapatterjadi pada jantung. Ginjal dan jantung memiliki kesamaan yaitu meupakan salah satu organ penting yang bekerja keras, dimana jantung berfungsi untuk memompakan darah dan menyalurkannya ke seluruh tubuh manusia sedangkan ginjal sendiri berfungsi untuk menyaring darah di dalam tubuh manusia. Dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki keterkaitan yang sangat erat.

Saat ginjal mampu berfungsi secara normal maka secara otomatis organ lainnya yang terdapat pada tubuh juga akan dapat bekerja secara maksimal. Dan sebaliknya apabila ginjal tidak mampu bekerja dengan maksimal maka akan menyebabkan organ lainnya terganggu. Maka penyakit nefritis pada ginjal ini akan menyebabkan masalah besar bagi tubuh kita.

Nefritis pada ginjal sendiri dibedakan berbagai jenis. Jenis tersebut dibedakan berdasarkan bagian atauletak ginjal yang mengalami nefritis (peradangan ). Bagian yang dapat terserang nefritis yaitu glomerulus, tubul serta yang terakhir adalah jaringan renal.

1. Glomerulonefritis

Glomerulonefritis merupakan peradangan yang terjadi pada bagian pembuluh kapiler kecil didalam ginjal yang biasanya disebut dengan glomerulus. Glomerulus sendiri berfungsi untuk menyaring darah dari kotoran atau zat racun maupun zat sisa makanan yang kita konsumsi. Apabila glomerulus ini terjadi peradangan maka akan mengakibatkan fungsi dari glomerulus itu sendiri.

2. Nefritis Interstitial

Nefritis Interstitial ini merupakan peradangan ginjal yang terjadi pada bagian diantara nefron yang biasanya disebut dengan instertitium renal , pada peradangan ini tidak mengenai glomerulus. Selain itu kondisi nefritis interstisial juga biasa disebut dengan nefrtis tubulointerstitial.

Sponsors Link

3. Pyelonephritis

Pyelonephritis ini merupakan pradangan ginjal yang terjadi pada bagian kandung kemih yang biasanya menjalar ke ureter hingga ginjal. Ureter ini merupakan tabung yang digunakan untuk mengeluarkan kotoran melalui darah dan dihantarkan oleh kandung kemih.

Penyebab Nefritis

penyebab penyakit ginjal bermacam-macam.Penyakit nefritis ini deisebabkan oleh beberapa faktor. Penyebab tersebut juga merupakan indikasi seseorang terkena nefritis jenis apa. Berikut mengenai beberapa penyebab nefritis :

ads

1. Sistem Kekebalan Tubuh /Sistem Imunitas

Sistem imun atau yang biasa disebut dengan sistem kekebalan tubuh manusia merupakan salah satu sistem yang berfungsi untuk menyerang patogen dari luar tubuh yang masuk kedalam tubuh manusia. Apabila sistem tubuh ini mengalami penurunan maka akan mengakibatkan tingginya resiko terserang beberapa penyakit seperti beberapa penyakit ginjal yg disebabkan oleh infeksi. Faktor ini biasanya dapat menyebabkan glomerulonefritis.

2. Riwayat Kanker

Seseorang yang memiliki riwayat penyaki kanker maka akan lebih beresiko mendapati penyakit komplikasi Salah satunya yaitu penyait ginjal, dimana saat seseorang tersrang kanker maka secara tanpa sadar semua sistem tubuh manusia dari saraf, fungsi tubuh ingga fungsi organ manusia pun mengalami penurunan. Komplikasi yang mungkin timbul yaitu salah satu penyakit ginjal , seperti glomeronefritis yang salah satu penyebabnya dari riwayat kanker ini.

3. Bakteri

Bakteri merupakan salah satu faktor penyebab seseorang terkena nefritis khususnya pada jenis pyelonephritis. Jenis bakteri yang mampu menyebabkan penyakit ttersebut aalah bakteri escherichia coli (e.coli). Biasanya bakteri tersebut terdapat pada usus dan dapat menyebabkan infeksi ginjal sehingga akan menimbulkan nefritis atau perradangan.

4. Batu Ginjal

Batu ginjal dikatakn salah satu penyebab nefritis.Pada kondisi batu ginjal inipun juga akan mengakibatkan resiko terjadi peradanhan. Hal ini karena aliran darah dalam tubuh pun tidak menjadi lancar dan juga sistem organ lainnya pun juga tida bekerja secara maksimal. Hal tersebut akan membuat terjadinya nefritis. Selain itu nefritis pada pyelonephritis ini merupakan akibat dari penggunaan sitoskop untuk  memeriksa bagian dalam kandung kemih , dan operasi pada kandung kemih, ureter atau ginjal pada kondisi batu ginjal tersebut.

5.  Alergi Tehadap Obat-obatan

Penyebab adanya nefritis terutama pada nefritis intertsitial yaitu karena reaksi alergi terhadapa obat-obatan tertentu. Karena pada dasarnya setip manusia satu dengan manusia yang lain mempunyai karakteristik yang berbeda saat mengkonsumsi obat yang sama. Beberapa orang tidak cocok dalam penggunaan obat tertentu, selain itu apabila mengkonsumsi obat dalam jangka panjang juga akan mengakibatkan kerusakan ginjal dan terjaddai peradangan. Obat herbal gagal ginjal tanpa cuci darah juga dapat digunakan sebagai alternatif apabila seseorang mengalami alergi.

Gejala Nefritis

Gejala awal penyakit ginjal perlu kita ketahui.Apabila nefritis menyerang seseorang maka akan memperlihatkan gejala yang ditimbulkan dari reaksi fisiologis tubuh. Berikt mengenai beberapa gejala yang akan timbul pada kondisi nefritis :

  • Demam, ini merupakan kondisi respon tubuh terhadap suatu penyakit.
  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi, akan mengakibatkan kondisi seseorang tidak baik, karena adanya kondisi penyerta akan mengakaibatkan proses penyembuhan terhambat.
  • Warna Urine Abnormal, seperti warna keruh dan biasanya mengandung darah ataupun nanah.
  • Nyeri , biasanya dirasakan pada bagian punggung ,perut ataupun pinggang.
  • Sering buang air kecil
  • Tubuh membengkak , biasanya terjadi pada ara kaki dan wajah dan tubu lainnya.
  • Sering muntah, ini disebabkan karena penumpukan cairan yang terjadi di lambung.

Cara Mengatasi Nefritis

Saat seseorang mengalami kondisi nefritis ini maka dianjurkan untuk melakukan beberapa pengobatan dibawah ini :

  1. Cuci Darah , bisa dilakukan apabila fungsi ginjal untuk menyaring darah tidak dapat dilakukan lagi.
  2. Cangkok Ginjal, ini dilakukan dengan mengganti atau mencangkok ginjal yang rusak dengan yang baru.
  3. Pengguanaan obat-obatan, ini dilakukan untuk seseorang yang tidakmemiliki alergi, jadi sesuai dengan anjuran dokter.

Nefritis merupakan salah satu penyakit gijal yang mengakibatkan beberapa masalah yang kompleks. Apabila kita merasakan tanda dan gejala diatas segeralah melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sponsors Link
>
, , , ,