Sponsors Link

Nefrektomi Radikal – Manfaat, Prosedur, Efek Samping dan Perawatan

Sponsors Link

Sebagai salah satu organ yang punya tugas penting dalam tubuh, kesehatan ginjal harus selalu dijaga agar dijauhkan dari penyakit. Namun terkadang meski berbagai cara telah dilakukan, penyakit ginjal tetap tidak bisa dihindari. Berbagai cara pun dilakukan untuk mengobati penyakit seperti kista ginjal, batu ginjal, atau ginjal bengkak.

ads

Banyak cara yang bisa ditempuh untuk menyembuhkan penyakit itu. Salah satunya adalah nefrektomi. Nefrektomi merupakan metode pembedahan yang dilakukan dengan tujuan menghapus seluruh organ ginjal atau hanya sebagian saja. Terdapat beberapa jenis nefrektomi, antara lain adalah nefrektomi parsial, nefrektomi bilateral, dan nefrektomi radikal.

Apa itu nefrektomi radikal dan mengapa harus dilakukan? Siapa saja yang harus menjalani nefrektomi radikal? Semuanya akan dibahas secara lengkap sebagai berikut:

Pengertian

Nefrektomi radikal adalah pembedahan pada ginjal untuk menghapus seluruh bagian dari satu sisi ginjal, mencakup bagian lemak sekitar, dua per tiga bagian ureter, kelenjar adrenal, dan kelenjar getah bening. Salah satu indikasi nefrektomi radikal adalah hipernefroma dan kista ginjal polikistik dimana jaringan ginjal rusak secara keseluruhan.

Manfaat

  • Menyembuhkan Gagal Ginjal Kronis. Seseorang yang menderita gagal ginjal kronis berarti ginjalnya sudah tidak bisa berfungsi lagi. Hindari berbagai penyebab gagal ginjal agar ginjal tidak sampai mengurangi kerusakan.
  • Mengobati Kanker Ginjal. Kanker ginjal yang sudah sangat parah akan menyebar ke seluruh bagian organ ginjal. Untuk mencegah sel kanker semakin menyebar, nefrektomi radikal perlu dilakukan.
  • Mengangkat Ginjal yang Akan Didonorkan. Sebagai bagian dari proses transplantasi ginjal, nefrektomi radikal harus dijalani untuk mengangkat ginjal yang akan didonorkan. Transplantasi ginjal dilakukan seseorang yang kedua ginjalnya sudah rusak.

Prosedur

Terdapat 2 teknik untuk melakukan nefrektomi radikal:

  • Teknik Terbuka. Sayatan dibuat di bagian perut hinga menjangkau ginjal. Pemotongan dilakukan pada tabung penghubung ginjal dan uretra, kemudian ginjalnya diangkat. Langkah terakhir adalah dengan menutupnya melalui jahitan.
  • Teknik Laparoskopi. Membuat sayatan kecil pada are perut serta sis tubuh. Teknik ini terbilang sangat modern dengan memanfaatkan teknologi kamera.

Kekurangan dan Kelebihan

Metode nefrektomi radikal tidak lepas dari beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus dipahami seperti berikut:

  • Cepat dan Efektif. Metode nefrektomi radikal memang cepat dan efektif untuk mengangkat ginjal. Dalam waktu singkat saja, ginjal yang sehat atau ginjal yang rusak dapat diangkat.
  • Menimbulkan Efek Samping. Prosedur yang cepat, aman, dan efektif bukan berarti tidak menimbulkan efek samping. Ada efek samping yang harus diterima seseorang yang menjalani nefrektomi radikal.
  • Resiko Komplikasi. Selain efek samping, nefrektomi radikal juga memiliki resiko kompikasi seperti munculnya penyakit lain yang tidak diinginkan.
Sponsors Link

Efek Samping

Nefrektomi radikal adalah operasi besar yang melibatkan pengangkatan salah satu organ penting dalam tubuh. Efek samping yang mungkin dirasakan pasien adalah:

  • Mual dan muntah hebat sebagai efek pembedahan.
  • Luka sayatan saat operasi menimbulkan rasa nyeri hingga beberapa hari setelah pembedahan.
  • Rasa nyeri yang muncul dari luka jahitan membatasi ruang gerak seseorang.

Komplikasi

  • Timbul reaksi alergi yang diakibatkan oleh obat bius.
  • Ginjal yang tidak diangkat kemungkinan mengalami gagal ginjal.
  • Munculnya sepsis yang membuat seseorang rentan terkena penyakit.
  • Adanya gangguan pernapasan.
  • Organ atau jaringan di area pembedahan mengalami luka.
  • Adanya gumpalan darah sisa operasi.
  • Pasien bisa saja mengalami koma hingga terjadi kematian.

Perawatan

Nefrektomi radikal adalah prosedur medis yang melibatkan pembedahan besar. Bagaimana tidak, operasi ini mengangkat satu bagian organ ginjal secara menyeluruh, termasuk jaringan yang ada. Setelah operasi dilakukan, maka luka bekas operasi harus segera disembuhkan. Oleh karena itu konsumsi makanan yang dianjurkan setelah operasi ginjal agar pemulihan bisa berlangsung dengan cepat.

Efek samping setelah operasi ginjal mungkin akan dirasakan hingga beberapa hari setelah operasi. Luka operasi harus dirawat dengan mengganti perban 2 sampai 3 kali sehari.

Sponsors Link

Siapa yang Harus Menjalankan Nefrektomi Radikal?

Nefrektomi radikal bukanlah sesuatu yang dilakukan oleh sembarang orang. Hanya seseorang dengan kondisi tertentu seperti di bawah inilah yang harus menjalankan nefrektomi radikal:

  • Penderita Kanker Ginjal. Apabila seseorang yang terkena kanker ginjal sudah mengalami kerusakan total pada ginjalnya, maka nefrektomi radikal bisa menjadi alternatif. Pembedahan dan pengangkatan ginjal adalah obat kanker ginjal stadium 4 yang sangat disarankan.
  • Penderita Gagal Ginjal Kronis. Pada gagal ginjal kronis, ginjal mengalami kerusakan total sehingga tidak bisa berfungsi sama sekali. Keberadaannya di dalam tubuh pun sudah tidak berguna lagi. Oleh karena itu beberapa orang memilih untuk mengangkat ginjalnya.
  • Calon Pendonor Ginjal. Pengangkatan seluruh ginjal harus dilakukan oleh seseorang yang ingin menjadi pendonor ginjal. Pengangkatan secara menyeluruh diperlukan agar ginjal dapat ditanamkan pada tubuh penerima donor dengan sempurna.

Nefrektomi radikal dilakukan hanya pada ginjalyang bermasalah. Lakukan cara merawat ginjal agar tetap sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Perawatan dapat dilakukan dengan memakan makanan pencuci ginjal serta menghindari makanan dan minuman yang dapat merusak ginjal. Jalani pola hidup yang sehat agar kesehatan tubuh secara menyeluruh tidak terganggu. Jika organ ginjal atau organ yang lain terkena penyakit, maka untuk memulihkan keadaannya seperti semula.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan