Sponsors Link

Nefrektomi Parsial – Penyebab, Efek Samping, Komplikasi dan Perawatan

Sponsors Link

Cara untuk menyembuhkan penyakit ginjal ada banyak macamnya, baik secara medis maupun melalui obat obatan tradisional. Banyak penyakit ginjal yang memerlukan tindakan medis nyata seperti operasi atau pembedahan. Jenis penyakit tersebut antara lain adalah kista ginjal, batu ginjal, dan ginjal bengkak.

ads

Salah satu prosedur medis yang bisa dilakukan adalah nefrektomi, yaitu pembedahan yang khusus dilakukan untuk mengobati ginjal. Nefrektomi adalah tindakan medis berupa pembedahan yang dilakukan untuk menghapus sebagian ginjal atau seluruhnya. Jenis jenis nefrektomi adalah nefrektomi sederhana, nefrektomi radikal, dan nefrektomi parsial. Nefrektomi dapat dilakukan pada kedua sisi ginjal (bilateral) atau pada satu sisinya saja (unilateral).

Kali ini akan dibahas secara menyeluruh tentag nefrektomi parsial, sebuah metode yang dilakukan untuk menyembuhkan penyakit ginjal.

Pengertian

Nefrektomi parsial, dalam bahasa medis disebut dengan hemi nefrektomi, merupakan operasi atau pembedahan yang dilakukan untuk mengangkat atau menghapus sebagian dari organ ginjal yang telah rusak atau ditumbuhi tumor.

Nefrektomi adalah cara pengobatan yang untuk menyembuhkan pasien kanker ginjal atau seseorang yang mengalami ginjal rusak cukup parah. Tidak hanya pada penderita penyakit ginjal saja, nefrektomi juga dilakukan untuk mengangkat ginjal pada calon pendonor ginjal.

Penyebab

Berikut adalah beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seseorang harus menjalani nefrektomi parsial:

Manfaat

Prosedur nefrektomi parsial dilakukan untuk mendapatkan tujuan dan manfaat tertentu. Inilah manfaat nefrektomi parsial:

  • Mengangkat tumor pada ginjal. Tumor ginjal adalah penyakit yang cukup parah yang bisa menyerang ginjal. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan adalah untuk mengangkat tumor yang tumbuh pada ginjal.
  • Sarana pengobatan kanker ginjal. Pembedahan nefrektomi parsial dilakukan sebagai obat kanker ginjal stadium 4 yang sangat ampuh. Dengan nefrektomi parsial, sel kanker dapat langsung diangkat.
  • Mengangkat ginjal sehat yang akan didonorkan. Nefrektomi parsial merupakan bagian dari proses transplantasi ginjal yang harus dijalani pendonor. Ginjal calon pendonor dalam transplantasi ginjal diangkat melalui pembedahan ini.
Sponsors Link

Prosedur

Nefrektomi parsial dilakukan dengan menyanyat bagian pinggang atau perut. Setelah itu, proses dilanjutkan dengan mengangkat penyakit yang ada di dalam ginjal. Nefrektomi parsial dilakukan hanya pada sebagian ginjal saja, bukan untuk mengangkat keseluruhan ginjal.

Kekurangan dan Kelebihan

  • Menyembuhkan Secara Total dan Efektif. Nefrektomi parsial adalah cara yang tepat untuk menyembuhkan penyakit ginjal secara total dan efektif. Penyakit langsung dapat diangkat dan dihilangkan melalui prosedur pembedahan ini.
  • Kemungkinan Komplikasi. Meskipun metode nefrektomi sangat efektif, namun bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Nefrektomi parsial memang bukan prosedur operasi besar, namun bisa menyebabkan komplikasi.

Efek Samping

Berikut adalah efek samping setelah operasi ginjal yang mungkin dirasakan seseorang yang menjalani nefrektomi parsial:

  • Mual dan Muntah. Mual dan muntah adalah efek samping yang mungkin dirasakan. Jahitan di dalam perut dan luka perut menyebabkan sistem pencernaan menjadi sedikit terganggu.
  • Rasa Nyeri yang Hebat. Rasa nyeri yang dirasakan setelah nefrektomi parsial adalah dampak dari pembedahan yang dilakukan. Sayatan yang menghasilkan luka pada perut bisa menimbulkan nyeri yang hebat.
  • Sulit Bergerak. Luka jahitan yang masih basah membuat seseorang menjadi sulit bergerak. Sedikit bergerak saja akan terasa nyeri dan beresiko melepaskan jahitan.
Sponsors Link

Komplikasi

Pasien nefrektomi parsial memiliki resiko untuk terkena komplikasi, contohnya adalah komplikasi sebagai berikut:

  • Mengalami gangguan pada pernapasan
  • Terjadi kerusakan organ di sekitar area pembedahan
  • Terbentuk gumpalan darah
  • Alergi yang disebabkan oleh obat bius
  • Gagal ginjal pada organ yang tidak dibedah
  • Peradangan terhadap luka operasi
  • Pasien mengalami koma bahkan kematian

Perawatan

Perawatan yang tepat harus dilakukan oleh pasien nefrektomi parsial. Perawatan tersebut meliputi berbagai macam aspek, misalnya dengan memakan makanan yang dianjurkan setelah operasi ginjal. Makanan ini sangat baik untuk membantu mempercepat pemulihan pasien.

Siapa yang Harus Menjalankan?

  • Penderita Kanker Ginjal. Pihak pertama yang harus melakukan nefrektomi adalah penderita kanker ginjal. Selama proses nefrektomi parsial, organ ginjal yang ditumbuhi oleh sel kanker akan diangkat secara langsung.
  • Penderita Gagal Ginjal Kronis. Gagal ginjal kronis adalah penyakit yang cukup berbahaya bagi ginjal. Salah satu cara untuk menyembuhkannya adalah dengan nefrektomi parsial.
  • Calon Pendonor Ginjal. Pada calon pendonor yang ingin menyumbangkan ginjalnya harus melalui operasi pengangkatan ginjal melalui nefrektomi parsial.

Nefrektomi parsial dilakukan hanya pada seseorang yang ginjalnya bermasalah atau diserang penyakit sehingga harus diangkat sebagian. Tidak ada seorangpun yang ingin ginjalnya bermasalah. Oleh karena itu lakukan cara merawat ginjal agar tetap sehat sehingga ginjal tidak terserang penyakit. Konsumsi pula makanan pencuci ginjal yang sehat untuk membantu meringankan kerja organ ginjal.

Selagi ginjal masih sehat, jagalah kesehatan ginjal agar tidak sampai terkena penyakit. Ginjal adalah salah satu organ yang fungsinya sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Lakukan semua metode pengobatan yang diperlukan agar penyakit yang menyerang ginjal dapat segera disembuhkan.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan