Sponsors Link

5 Minuman Yang Baik Untuk Ginjal (#No.5 Wajib Dikonsumsi)

Sponsors Link

Memiliki tubuh yang sehat menjadi impian bagi setiap orang. Karena dari tubuh yang sehat, akan terdapat jiwa yang kuat, persis seperti kata pepatah. Dalam tubuh anda, terdapat beberapa organ penting yang saling mendukung satu sama lain dalam membantu anda beraktifitas. Salah satu organ penting yang ada di dalam tubuh manusia adalah ginjal. Sebuah organ yang berbentuk seperti kacang merah ini, ternyata memegang peranan penting dalam sistem ekskresi manusia. Dapat dibayangkan apabila penyakit gijal seperti infeksi ginjalradang ginjal, kista ginjal polikistik, hematuria, menyerang, anda akan sangat kewalahan, bukan?

ads

Maka dari itu, setiap manusia yang menginginkan organ ginjalnya sehat, perlu memperhatikan beberapa hal dalam kesehariannya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan kesehatan ginjal adalah, pola dan jenis makanan serta minuman, pola istirahat dan olahraga. Salah satu diantara yang sudah disebutkan tadi adalah pola dan jenis makanan serta minuman yang biasa anda konsumsi sehari-hari.

Tidak menjadi masalah apabila anda harus menjadi manusia yang selektif demi mendapatkan ginjal yang sehat. Dalam hal ini, tentu saja terdapat beberapa makanan dan minuman yang baik untuk ginjal apabila rajin di konsumsi. Makanan dan minuman ini pastinya berasal dari bahan-bahan alami yang tidak tersentuh olahan bahan kimia. Terlebih minuman yang berbentuk cair yang pastinya cairan tersebut akan digunakan oleh ginjal untuk beraktifitas. Untuk hal itu, berikut ini adalah macam-macam minuman yang baik untuk ginjal anda:

1. Air Putih

Seperti halnya anda sebagai manusia, ginjal yang merupakan salah satu organ penting dalam proses ekskresi juga pernah mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Maka dari itu, air putih yang biasa anda konsumsi tersebut biasanya digunakan maksimal oleh ginjal untuk melakukan aktifitasnya. Selain itu, air putih membantu ginjal dalam melarutkan mineral dan juga nutrisi agar lebih mudah diserap oleh ginjal dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Air putih mengandung mineral penting yang menunjang kesehatan ginjal seperti kalsium, sodium, magnesium, kalium dan bikarbonat. Selain sehat dan praktis, mengonsumsi air putih tidak dibutuhkan cara khusus. Cukup meminumnya saja setiap kali anda membutuhkannya tidak hanya saat anda haus. Selain itu, konsumsi air putih yang sudah masak bukan yang masih mentah. Namun perlu anda waspadai apabila anda terlalu banyak mengonsumsi air putih, anda bisa mengalami buang air kecil berlebih atau beser.

2. Jus Lobak

Lobak adalah salah satu ubi-ubian yang relatif mudah ditemukan disekitar anda. Lobak apabila dapat dikonsumsi secara rutin dan dengan dosis yang sesuai dapat bermanfaat sebagai buah yang mampu membersihkan ginjal yang kotor dan membantu memecahkan batu ginjal yang sudah lama mengendap di ginjal anda. Manfaat lobak untuk batu ginjal lainnya adalah mampu mencegah pengendapan yang ada di ginjal.

Lobak sendiri memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti fosfor, zinc, Vitamin B dan Vitamin C.  Dengan mudahnya anda menemui lobak, anda juga dapat mengonsumsinya dengan cara yang mudah seperti dibuat jus dengan memasukan kira-kira 250 gram lobak yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Selain itu, anda dapat menambahkan madu untuk menambah rasa manis secara alami.

Sponsors Link

Namun, perlu anda perhatikan apabila anda tidak mencuci dan mengolahnya dengan benar, mengonsumsi lobak juga mampu menimbulkan efek seperti penyaki taksoplasmosis yang disebabkan oleh bakteri taksoplasma.

3. Jus Wortel

Tentu anda tidak asing dengan jus buah satu ini. Wortel juga termasuk ubi-ubian sama seperti lobak. Buah dengan warna oranye ini biasanya digunakan sebagai tambahan pada makanan yang biasa kita konsumsi. Selain itu, wortel juga mampu membuang berbagai macam toksin yang ada di ginjal dan juga membantu ginjal untuk meluruhkan batu ginjal yang mengendap lama.

ads

Wortel mengandung beberapa macam vitamin dan mineral seperti, kalsium, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B6, Vitamin B9, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan Vitamin C pada setiap batangnya. Buah dengan kaya vitamin satu ini dapat dikonsumsi dengan mudah dengan dijadikan minuman yang baik untuk ginjal dengan beberapa alternatif dibawah ini:

  • Gunakan tambahan susu kesukaan anda saat dibuat jus dan dapat dikonsumsi 3 kali sehari.
  • Gunakan madu sebagai penambah rasa manis, lalu konsumsi jus ini secara rutin 3 kali sehari.
  • Gunakan tambahan perasan lemon bagi anda yang ingin mengeluarkan dahak pada tenggorokan dan konsumsilah cukup 2 kali sehari.

Bagi anda yang mengalami diabetes, anda tidak disarankan untuk mengonsumsi jus buah apel ini kecuali anda sudah mengonsultasikannya dengan dokter. Selain penderita diabetes, bagi anda penderita gagal ginjal dengan kadar kalium tinggi juga tidak diperbolehkan mengonsumsi jus ini.

4. Jus Peterseli

Bagi anda yang belum mengetahuinya daun peterseli dan seledri memiliki beberapa kesamaan namun untuk lebih muah membedakannya, cukup melihat dari bentuk mereka berdua. Peterseli memiliki bentuk yang lebih besar dari pada seledri. Daun peterseli mampu membersihkan ginjal dari toksin yang tertinggal dan mampu melarutkan batu ginjal yang tertinggal atau terkristal.

Daun peterseli ini memiliki Vitamin A dan Vitamin C yang tinggi. Selain itu kandungan beta karoten dan asam folat pada daun peterseli ini juga sangat berperan dalam kesehatan ginjal anda. Cara yang paling mudah untuk mengonsumsi peterseli adalah dengan menambahkan peterseli ini ke setiap makanan yang akan anda konsumsi. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuat teh peterseli dengan mengeringkan daun peterseli lalu menyeduhnya. Namun perlu diperhatikan bagi anda wanita hamil yang ingin mengonsumsi peterseli ini, karena peterseli dapat menganggu kandungan dan rahim anda apabila dikonsumsi dalam jumlah besar.

5. Bunga Dandelion

Bunag dandelion adalah tanaman liat berakar tunggang yang mampu membantu ginjal melakukan detoksifikasi atau pengeluaran detok. Ketika bunga dandelion ini sudah dikonsumsi secara rutin dan dosis yang benar, volume urin akan meningkat karena garam dan air dari ginjal dapat dikeluarkan dengan lancar. Dandelion memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin C, Kalsium, Zat Besi, dan Zinc.

Akar dari bunga dandelion dapat dijadikan minuman yang baik untuk ginjal dengan cara dikeringkan lalu dikonsumsi dengan cara diseduh dengan air hangat. Anda dapat memadukannya dengan madu untuk menambahkan rasa manis dan segar. Namun anda perlu memeperhatikan penggunaan akar bunga dandelion jika anda sedang mengalami gangguan pada organ hati. Hati anda dapat melemah jika anda mengonsumsi akar bunga dandelion tidak sesuai dosis yang dianjurkan.

Itulah beberapa minuman yang baik untuk ginjal dan dapat anda konsumsi secara rutin sesuai dengan kebutuhan ginjal anda. Perlu anda ingat bahwa menjaga kesehatan adalah hal yang utama saat ini apalagi untuk organ ginjal anda yang setiap harinya bekerja keras sebagai sistem ekskresi. Hal yang dapat anda lakukan untuk senantiasa menjaga kesehatan ginjal anda adalah dengan mengonsumsi buah yang menyehatkan ginjal, makanan yang baik untuk ginjal, olahraga secara teratur serta istirahat yang cukup.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman