Sponsors Link

15 Minuman Penyebab Gagal Ginjal yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Minuman penyebab gagal ginjal merupakan minuman yang apabila dikonsumsi bisa menimbulkan dampak terjadinya kerusakan sistem dan fungsi ginjal. Seperti yang kita tahu bahwa ginjal merupakan organ penting di dalam tubuh yang memegang peran untuk metabolisme tubuh. Ginjal memiliki peran penting dalam mengeluarkan cairan limbah tubuh berupa urine, membersihkan darah serta menjaga keseimbangan larutan garam dan mineral dalam darah dan fungsi terpenting lainnya adalah menjaga tekanan dalam darah. Dapat anda bayangkan tentunya apa yang akan terjadi jika ginjal mengalami kerusakan atau kegagalan dalam menjalankan fungsinya. Tentunya akan sangat berbahaya bagi tubuh dan bahkan bisa merenggut nyawa manusia. (Baca juga : makanan dan minuman yang dapat merusak ginjal )

ads

Ada berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh terganggunya fungsi ginjal. Salah satunya adalah penyakit gagal ginjal atau dalam istilah kedokteran disebut Chronic Kidney Disease, sedangkan dalam bahasa indonesia dikenal dengan Gagal Ginjal Kronis (GGK) . Penyakit gagal ginjal disebabkan karena adanya kelainan pada jaringan, komposisi darah dan urine yang terjadi selama kurun waktu 3 bulan. Pada tahap akhir ketika tumpulan limbah dan cairan elektronik menumpuk didalam tubuh, yang pada akhirnya membahayakan tubuh. Maka penderita diharuskan untuk melakukan cucu darah atau transplantasi ginjal agar bisa bertahan hidup.

Pada dasarnya beberapa penyakit termasuk penyakit gagal ginjal bisa disebabkan karena konsumsi makanan atau minuman jenis tertentu. Mengkonsumsi jenis minuman dalam jumlah banyak dan waktu yang lama akan menimbulkan efek bagi kinerja ginjal. Beberapa minuman dipercaya bisa mengganggu dn merusak fungsi ginjal.  Inilah 15 minuman penyebab gagal ginjal yang wajib anda ketahui.

1. Minuman Bersoda / Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi atau yang lebih dikenal sebagai minuman bersoda. Merupakan jenis minuman yang didalamnya terdapat kandungan air, karbondioksida dan gula dalam jumlah yang besar. Kandungan gula yang tinggi inilah yang bisa menyebabkan gangguan pada ginjal. Jika anda menggemari minuman bersoda sebaiknya ganti jenis minuman bersoda yang anda konsumsi denga menggunakan air dan campuran soda murni. Jangan membeli minuman bersoda yang dijual dipasaran. Karena minuman jenis ini memiliki kandungan karbondioksida dan gula yang tinggi. Bukan hanya akan berdampak buruk bagi ginjal tapi juga bisa menyebabkan penyakit jenis lain seperti Diabetes Melitus. (Baca juga : pantangan makanan infeksi ginjal )

2. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol menjadi salah satu jenis minuman yang harus dihindari jika ingin terhindar dari penyakit gagal ginjal. Banyak sekali resiko penyakit yang bisa ditimbulkan dari konsumsi minuman beralkohol. Kandungan alkohol yang tinggi akan sangat merusak ginjal dan menganggu fungsinya. Apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar dan terus menerua bisa menyebabkan gagal ginjal kronis. (Baca juga : pantangan penyakit ginjal )

3. Minuman Berkafein

Minuman yang mengandung kafein teryata juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit gagal ginjal. Kafein dalam jumlah yang tinggi dapat menyebabkan seseorang akan mengalami batu ginjal. Kandungan kafein pada minuman berkafein dapat membuat terjadinya infeksi pada ginjal. Sehingga bisa menimbulkan kerusakan dan gangguan pada fungsi ginjal. (Baca juga : pantangan ginjal bocor )

4. Minuman Berpemanis Buatan

Minuma berperisa atau pemanis buatan selain berbahaya bagi kesehatan tubuh ternyata juga bisa menimbulkan dampak lain yaitu terjadinya gagal ginjal. Kerusakan ginjal yang diakibatkan karena konsumsi minuman berpemanis buatan dikarenakan kandungan gula dan rasa manis yang tinggi yang bisa merusak fungsi ginjal. Sebagaimana kita tahu bahwa kandungan gula yang tinggi akan menyebabkan terganggunya fungsi ginjal. (Baca juga : pantangan ginjal bengkak )

5. Produk Susu

Pada dasarnya tubuh sangat membutuhkan kalsium. Kalsium membantu dalam proses pembentukan dan kekuatan tulang. Kalsium dapat diperoleh dari konsumsi minuman yang mengandung kalsium seperti produk susu. Namun, pada beberapa kondisi konsumsi kalsium dalam jumlah yang berlebih akan bisa menyebabkan gangguan pada ginjal. Pasalnya kalsium akan bisa merusak fungsi ginjal. Oleh karena itu, konsumsi produk susu dalam takaran yang sesuai. Jangan sampai kekurangan ataupun kelebihan. (Baca juga: pantangan gagal ginjal kronik )

Sponsors Link

6. Minuman Berenergi

Untuk bisa memulihkan kembali stamina yang loyo dan agar kondisi tetap prima beberapa orang cenderung memiliki kebiasaan untuk mengkonsumsi minuman berenergi. Pada dasarnya minuman berenergi merupakan jenis minuman berkarbonat dan mengandung gula yang tinggi. Konsumsi minuman ini dalam jumlah berlebihan akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada ginjal. Alih alih dari pada selalu mengkonsumsi minuman berenergi saat lelah, lebih baik anda menyempatkan diri untuk beristirahat dan memperbanyak konsumsi air putih. Cara ini dijamin lebih menyehatkan dan berdampak baik bagi tubuh. (Baca juga : buah-buahan obat ginjal )

7. Teh

Teh merupakan salah satu jenis minuman yang sangat digemari. Namun, teh merupakan minuman yang mengandung kafein. Walaupun kandungan kafein yang dimiliki teh tidak sebesar kopi. Tentunya jumlah yang sedikit ini jika diakumulasi dengan banyak dan seringnya mengkonsumsi teh juga bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada ginjal. Konsumsi teh yang dianjurkan adalah maksimal 2 kali dalam sehari itupun jangan terlalu manis. Jika anda mengkonsumsi dalam jumlah lebih tentunya anda harus segera menghentikannya. (Baca juga : ciri-ciri kanker ginjal )

ads

8. Minuman Kemasan

Minuman kemasan baik kaleng ataupun botol yang dijual di minimarket atau toko swalayan tentunya banyak menarik minat anda untuk membelinya. Praktis, murah dan tentunya enak menjadi pilihan mengapa minuman kemasan sangat digemari. Namun dibalik kepraktisannya tersebut beberapa zat yang terkandung dalam minuman kemasan bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, terutama bagi organ ginjal. Jika anda sangat menggemari minuman kemasan ada baiknya jika mulai sekarang mulai mengerem hasrat tersebut. Tentunya hal itu harus dilakukan jika anda tidak ingin ginjal anda rusak hanya karena minuman yang dibandrol dengan harga 5 ribuan. (Baca juga : tanaman obat ginjal bengkak )

9. Minuman Cokelat

Minuman cokelat mendapat tempat tersendiri dihati para penggemarnya. Rasanya yang unik dan khas serta dampak positif yang ditimbulkan minuman ini membuatnya banyak dicintai dan digemari. Bahkan menurut beberapa peneliti coklat mampu meredam stres dan menimbulkan efek bahagia bagi yang mengkonsumsinya. Namun, ternyata minuman coklat masuk kedalam daftar minuman penyebab gagal ginjal. Tentunya jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Kandungan kafein dan gula yang berlebihan akan merusak dan menginfeksi ginjal. (Baca juga : harapan hidup pasien cuci darah )

10. Kopi

Salah satu jenis minuman populer lainnya adalah kopi. Siapa yang tidak mengenal minuman yang satu ini. Pada dasarnya kopi akan memberikan manfaat baik bagi kesehatan jika dikonsumsi pada takaran yang pas. Namun jika konsumsinya melebihi ambang batas yang disarankan makan kandungan kafein yang tinggi pada kopi akan bisa merusak ginjal. Kafein yang berlebihan dapat menginfeksi organ ginjal. Dan menimbulkan gangguan fungsi pada ginjal. (Baca juga : obat herbal gagal ginjal stadium 5 )

11. Minuman Pengawet

Zat pengawet yang terkandung pada minuman yang dikonsumsi akan sangat berbahaya bagi tubuh. Akumulasi zat pengawet dalam jumlah banyak akan bisa menimbulkan kerusakan pada ginjal. (Baca juga : pengobatan alternatif gagal ginjal )

12. Jus Semangka

Anda tentu sering mengkonsumsi minuman jus, baik yang diolah sendiri atau yang dijual di supermarket. Banyak yang percaya bahwa mengkonsumsi jus salah satunya jus semangka akan sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Namun ternyata buah semangka yang kaya akan vitamin C dan kalium ternyata bisa menimbulkan gagal ginjal. Konsumsi yang terlalu banyak dalam bentuk minuman jus semangka akan bisa menyebabkan dehidrasi yang berisiko pada terjadinya gagal ginjal. Konsumsi jus semangka yang dianjurkan adalah 1-2 gelas perhari. (Baca juga : cara berhenti cuci darah )

13. Jus Jeruk

Selain jus semangka ternyata jus jeruk juga bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada ginjal. Meskipun kaya akan vitamin C yang merupakan sumber antiolsidan bagi tubuh. Konsumsi jus jeruk yang berlebihan akan menimbulkan tumpukan kalium yang berlebih didalam tubuh. Hal ini akan berdampak pada beban kerja ginjal semakin berat dan jika berlangsung dalam waktu yang lama maka akan menimbulkan kerusakan pada ginjal. (Baca juga : tujuan cuci darah )

14. Minuman Mengandung Santan

Bagi anda penyuka minuman bersantan, salah satunya dawet. Anda patut waspada dengan kandungan santan didalamnya. Meskipun dalam jumlah sedikit jika anda terlalu sering dan mengkonsumsinya dalam jumlah banyak tentu bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Kandungan kolesterol dari santan yang berlebih akan memperberat dan membebani kerja ginjal. Jika terus menerus bekerja secara berat maka lambat laun ginjal akan mengalami kerusakan. (Baca juga : efek terlambat cuci darah )

Sponsors Link

15. Jus Tomat

Minuman penyebab gagal ginjal yang terakhir adalah jus tomat. Konsumsi jus tomat yang berlebihan akan berakibat pada terjadinya kerusakan pada ginjal. Kandungan kalium pada jus tomat jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan beban kerja ginjal semakin berat. Yang akhirnya akan menyebabkan ginjal mengalami kerusakan dan tidak bisa menjalankan fungsi sebagaimana mestinnya. (Baca juga : manfaat meniran untuk batu ginjal )

15 jenis minuman yang telah diuraikan tadi tentunya bisa menambah pengetahuan anda agar lebih berhati hati dan mengontrol konsumsi minuman tersebut. Pada dasarnya semua jenis minuman tersebut tidak dilarang untuk dikonsumsi namun harus sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan. Konsumsi secara berlebihan tentunya akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan bukan hanya kesehatan organ ginjal tetapi bagi kesehatan tubuh anda.

Mengatasi Penyakit Gagal Ginjal

Mengatasi penyakit gagal ginjal membutuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap diri sendiri. Seperti yang kita tahu setiap orang memiliki resiko untuk terserang gagal ginjal. Gagal ginjal atau GGK merupakan salah satu penyakit yang bisa merengut nyawa seseorang dan memiliki pengobatan dan perawatan yang relatif mahal. Untuk meminimalkan penyakit gagal ginjal dapat diatasi melalui beberapa cara dibawah ini :

  • Hindari makanan dan minuman yang bisa menjadi penyebab gagal ginjal.
  • Lakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Menghentikan kebiasaan yang merusak tubuh seperti merokok dan mengkonsumsi obat-obat terlarang.
  • Minum air putih minimal 8 gelas perhari.
  • Jangan pernah mengkomsumsi obat tanpa ada resep dari dokter.
  • Tidak menahan hasrat saat ingin buang air kecil.
  • Istirahat yang cukup dan kurangi begadang malam.
  • Bagi penderita obesitas segera kurangi berat badan.
  • Mengurangi konsumsi garam yang berlebih.

Dengan mengetahui 15 minuman penyebab gagal ginjal serta cara mengatasi gagal ginjal. Diharapkan anda lebih peduli dan menyayangi organ ginjal anda. Jangan sampai karena kebiasaan anda yang mengkonsumsi minuman yang berlebihan akan berefek buruk pada kesehatan ginjal. Dan pada akhirnya akan menimbulkan penyesalan saat sudah divonis gagal ginjal. Semoga artikel ini dapat membantu.

Sponsors Link
>
, ,