Sponsors Link

10 Minuman Pembersih Ginjal yang Wajib Anda Konsumsi

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ dalam yang sangat vital. Fungsinya sangat penting bagi tubuh dan dalam melakukan aktivitas sehari hari. Ginjal yang rusak dan kotor akan menganggu fungsi ginjal itu sendiri dan akan membuat berbagai penyakit datang dan membahayakan tubuh hingga menyebabkan kematian. Ginjal yang kotor disebabkan beberapa hal, diantaranya :

ads
  • Mengonsumsi obat obatan berlebih dan tanpa resep dokter
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung garam yang tinggi
  • Kurang mengonsumsi air putih
  • Mengonsumsi obat analgesic

Itulah beberapa penyebab ginjal kotor, apabila ginjal sudah terlanjut kotor maka kita harus membersihkan ginjal tersebut agar dapat berfungsi kembali dengan baik. ( Baca juga : cara mengobati ginjal kotor )

Berikut Minuman Pembersih Ginjal yang kotor

  1. Jus Apel

Apel dikenal sebagai buah yang memiliki antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini dapat membuat tubuh semakin kuat dan sehat sehingga dapat mencegah bakteri masuk dan menyerang tubuh. Dengan antioksidan ini, bakteri akan semakin kesulitan untuk masuk ke dalam tubuh manusia dan menyerang organ organ tubuh manusia termasuk menyerang ginjal. Mengonsumsi apel setiap hari dapat membantu metabolisme tubuh semakin kuat.

Selain itu buah apel mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi yang baik untuk ginjal. Apel dapat dapat dikonsumsi secara langsung ataupun diolah. Jus Apel menjadi minuman yang dapat membersihkan ginjal dan baik untuk kesehatan ginjal. Cara membuat jus apel tentunya sangat mudah, hanya dengan mengupasnya setelah dicuci bersih kemudian blender hingga halus, hindari pemakaian gula yang terlalu berlebihan untuk mencegah terjadinya diabetes. Jus Apel dapat dikonsumsi setiap hari tanpa memberikan efek yang berbahaya. ( Baca juga : penyebab cuci darah )

  1. Jus semangka

Semangka adalah salah satu buah yang mengandung banyak vitamin. Buah semangka dapat membantu membersihkan ginjal yang kotor, dengan kandungan air yang tinggi di dalamnya semangka dapat membantu kerja organ ginjal sehingga ginjal dapat melakukan fungsinya dengann baik dan maksimal. Semangka dapat diolah menjadi jus semangka. Jus semangka selain memilki rasa yang nikmat dapat membantu menghilangkan racun dalam tubuh bersama dengan urin ataupun melalui keringat Jus semangka dipercaya dapat membantu proses penghancuran batu ginjal. Ketika mengolah semangka menjadi jus, hindari penggunaan gula yang berlebih bagi para penderita diabetes. Karena hal ini dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. ( Baca juga : efek samping cuci darah )

  1. Jus Cranberry

Cranberry adalah salah satu jenis buah berry. Buah ini berbentuk kecil dan bewarna merah dengan rasanya yang asam. Cranberry kaya akan vitamin yang dikandungnya seperti vitamin A, B, C serta mengandung potassium dan magnesium. Jus cranberry dapat membersihkan ginjal yang kotor dan juga membantu mengatasi masalah infeksi saluran kencing. Jus cranberry dapat memaksimalkan proses kerja ginjal sehingga ginjal dapat melakukan tugasnya dengan baik. Mengonsumsi jus cranberry setiap hari dapat membantu mengurangi terjadinya adhesi pada kandung kemih. ( Baca juga : penyebab gagal ginjal pada anak )

  1. Jus lemon

Lemon adalah buah dengan berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya, lemon berkhasiat untuk kecantikan dan juga untuk kesehatan. Lemon  merupakan salah satu citrus yang paling tinggi mengandung vitamin C. Lemon dapat membantu membersihkan ginjal yang kotor serta dapat membantu mengurangi penumpukan penumpukan zat beracun yang terdapat pada ginjal.

Sponsors Link

Lemon memiliki sifat yang asam, dengan sifat asamnya ini lemon dapat meningkatkan jumlah kadar sitrat di dalam urin dan juga dapat membantu mencegah terjadinya batu ginjal daam ginjal. Jus lemon disarankan dikonsumsi pada pagi hari, namun bagi para penderita maag di sarankan mengonsumsi jus lemon setelah sarapan untuk menghindari kambuhnya penyakit maag. ( Baca juga : kelainan pada ginjal dan penyebabnya )

  1. Jus Seledri

Seledri ternyata bukan hanya digunakan sebagai pendamping makanan sehingga makanan terasa lebih nikmat. Seledri dapat membantu membersihkan kotoran kotoran yang terdapat pada ginjal. Hal ini disebabkan karena seledri mengandung vitamin A, B1, B2, B6, C dan masih banyak kandungan bermanfaat lainnya pada seledri. Seledri ini bersifat dieuretik, sehingga dapat menghilangkan racun racun yang ada dalam tubuh. Seledri dapat diolah menjadi jus seledri, sehingga lebih mudah di nikmati.  Mengonsumsi seledri dapat membuat produksi urin meningkat sehingga kotoran kotoran yang ada pada ginjal dikeluarkan bersama urin. ( Baca juga : sayuran ginjal bocor )

ads
  1. Air kunyit

Indonesia dikenal sebagai  Negara terbesar penghasil rempah rempah. Rempah rempah ini banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan, maka tidak heran sejak zaman dulu Negara Negara asing ingin menguasai Indonesia. Salah satu rempah rempah yang bermanfaat ialah kunyit Kunyit mengandung zat besi, kalsium dan fosfor. Kunyit seringkali dijadikan obatan alami untuk berbagai macam penyakit.

Kunyit dapat dikonsumsi dan diolah menjadi air kunyit. Cara mengolah kunyit menjadi minuman cukup mudah. Cukup campurkan 100 gram kunyit dengan 100 ml perasan jeruk nipis lalu tambahkan madu. Lalu tambahkan air hangat secukupnya, lalu konsumsi setiap hari. Air kunyit ini dapat membersihkan ginjal dan juga dapat membantu menyembukan iritasi dan juga radang pada ginjal. ( Baca juga : khasiat buah sukun untuk ginjal )

  1. Air jahe

Rempah rempah lain yang dapat membersihkan ginjal selanjutnya adalah jahe. Jahe sering dikonsumsi ketika cuaca sedang dingin karena jahe dapat menghangatkan tubuh. Jahe memilki kandungan yang dapat menjaga kesehatan ginjal sehingga ginjal dapat bekerja secara maksimal. Selain itu, jahe juga dapat memproses kotoran kotoran pada ginjal sehingga ginjal menjadi bersih.

Cara membuat air jahe sangat mudah, cukup rebus satu  ruas jahe dengan air kemudian  minum air rebusannya. Untuk menambah rasa, anda bisa menambahkan gula jawa sebagai pemanis. Apabila anda tidak memilki waktu untuk membuat air jahe sendiri, anda dapat menemuinya di tukang jamu tradisional. ( Baca juga :makanan untuk penderita kista ginjal )

  1. Jus Daun Parsley

Parsley adalah salah satu tanaman yang baik untuk ginjal, parsley mengandung zat zat penting seperti asam amino, vitamin c, asam float, lisin, dan zat zat baik lainnya. Kandungan tersebut sangat baik untuk ginjal. Dengan mengonsumsi parsley akan dapat membantu memaksimalkan kinerja ginjal dan dapat mencegah infeksi yang terjadi pada saluran urinaria. Cara membuat jus daun parsley sangat mudah,bahan yang dibutuhkan hanya daun parsley dan air.

Pertama rebus terlebih dahulu air dan cincang daun parsley kemudian masukan daun ini ke dalam air untuk di rebus. Setelah sekitar 30 menit, saring airnya untuk di konsumsi sehingga dapat membantu membersihkan ginjal yang kotor. ( Baca juga : makanan sehat untuk ginjal )

  1. Jus lobak

Minuman pembersih ginjal kotor selanjutnya ialah jus lobak. Lobak sendiri dipercaya dapat membantu mencegah adanya batu ginjal dan juga menghancurkan batu ginjal. Lobak juga bersifat diuretic yang dapat membantu ginjal memproses kotoran secara efektif dan dapat membantu memperbaiki aliran urin. Cara membuat jus lobak cukup mudah, Blender 250 gram lobak kemudian tambahkan madu asli sebagai pemanis alami. Minumlah jus lobak ini sehari sekali untuk membantu membersihkan ginjal. ( Baca juga : ciri ciri gagal ginjal awal )

  1. Jus wortel

Minuman pembersih ginjal yang terakhir ialah jus wortel. Wortel tidak hanya baik untuk kesehatan mata, tetapi ternyata wortel juga mengandung banyak vitamin dan zat zat yang dapat membantu membersihkan ginjal yang kotor. Wortel mengandung karoten yang dapat menecegah pemberntukan batu ginjal. Untuk membuat jus wortel sendiri sangat mudah, bersihkan terlebih dahulu wortel untuk memastikan tidak ada pestisida yang tersisa, kemudian potong kecil kecil wortel dan masukan ke dalam blender tambahkan air secukupnya lalu hancurkan sampai halus. Konsumsi wortel akan baik bagi kesehatan terutama kesehatan ginjal. ( Baca juga :obat herbal ginjal bocor  )

Sponsors Link

Ginja yang kotor akan menghambat kerja ginjal sehingga bakteri mudah masuk dan dapat merusak ginjal dan menyebabkan penyakit ginjal. Oleh sebab itu kita harus menjaga kesehatan ginjal. Inilah beberapa tips menjaga kesehatan ginjal.

  • Berolahraga secara teratur
  • Menjaga pola makan
  • Mengonsumsi sayur sayuran dan buah buahan
  • Mengonsumsi air putih yang cukup setidaknya 8 gelas dalam sehari
  • Menjaga berat badan dalam ukuran yang ideal
  • Hindari rokok dan alcohol

Itulah beberapa penyebab terjadinya ginjal yang kotor, oleh sebab itu kita harus menjaga kesehatan ginjal. Dan apabila ginjal sudah terlanjur kotor maka kita dapat mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang dapat membersihkan ginjal. Yang terpenting jangan lupa jaga kesehatan. ( Baca juga : ciri ciri batu ginjal pada wanita )

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman