Sponsors Link

7 Cara Meredakan Sakit Ginjal Paling Mudah

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ yang terletak di bagian atas perut dekat otot punggung. Apabila terasa nyeri di area belakang tubuh antara tulang rusuk dan bokong atau bahkan pada pinggang bawah yang menjalar ke pangkal paha, maka kemungkinan anda menderita sakit ginjal. Untuk itu, anda harus segera berkonsultasi dengan dokter apabila merasakan sakit pada ginjal sebab nyeri tersebut merupakan gejala dari beberapa kondisi medis serius. Sedangkan untuk cara meredakan sakit ginjal akan ditentukan dari penyebabnya dan dokter akan membuat anjuran terbaik untuk situasi tersebut. Selain itu, ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sakit ginjal tersebut seperti salah satu cara berikut ini.

ads
  1. Minum Banyak Cairan

Minum banyak cairan menjadi cara meredakan sakit ginjal yang paling penting. Sebaiknya, minum antara dua hingga tiga liter air setiap hari ketika kondisi tubuh anda sedang sehat. Namun jika batu ginjal yang dialami, maka sebaiknya minum air putih lebih banyak lagi. Air sangat membantu untuk mengeluarkan bakteri dan jaringan mati dari dalam ginjal. Urine yang tidak dikeluarkan menjadi media pertumbuhan bakteri yang sangat baik.

Dengan minum air dalam jumlah yang banyak, maka aliran cairan pada ginjal juga bisa diciptakan dengan berkesinambungan sehingga bisa mencegah pertumbuhan serta perkembangbiakkan bakteri. Batu ginjal yang berukuran kecil kurang dari 4 mm juga bisa langsung keluar bersama urine jika aliran memadai. Selain itu, batasi juga minuman seperti teh, kopi dan kola hanya satu sampai dua cangkir per hari.

  1. Istirahat Cukup

Terkadang, hanya berbaring di tempat tidur saja sudah sangat membantu untuk mengurangi rasa sakit. Apabila rasa sakit disebabkan karena batu atau luka pada ginjal berlebihan yang mengakibatkan ginjal berdarah, maka berbaring menyamping bisa memperburuk ciri ciri penyakit ginjal yang dirasakan sehingga sebaiknya dihindari dan pilih tidur dengan telentang.

  1. Gunakan Panas

Koyo panas atau kain lap hangat bisa digunakan pada titik rasa sakit untuk meredakan ciri ciri ginjal bermasalah untuk sementara waktu. Panas nantinya akan melancarkan aliran darah dan mengurangi sensasi urat saraf sehingga kedua efek ini bisa mengurangi rasa sakit pada ginjal. Namun, jangan gunakan panas terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan luka bakar. Gunakan koyo panas atau kain yang sudah direndam dalam air panas namun bukan yang mendidih.

  1. Pakai Obat Analgesik

Ada beberapa jenis obat bebas untuk menghilangkan rasa sakit yang bisa dipakai untuk meringankan rasa sakit pada ginjal. Parasetamol adalah obat yang biasanya akan dianjurkan untuk mengurangi rasa sakit akibat infeksi dan batu pada rongga ginjal. Konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit sebab beberapa di antaranya mungkin saja bisa memperburuk masalah ginjal atau berpengaruh pada kondisi medis lainnya.

  • Hindari mengkonsumsi aspirin dalam dosis tinggi sebab bisa meningkatkan risiko pendarahan dan memperburuk penyumbatan vaskular seperti batu ginjal.
  • Obat anti inflamasi non steroid atau OAINS bisa berbahaya apabila anda menderita penurunan fungsi ginjal.
  • Hindari minum ibuprofen atau naproxen apabila anda memiliki masalah ginjal kecuali jika memang dianjurkan oleh dokter.
  1. Konsultasikan Penggunaan Antibiotik

Antibiotik bisa digunakan untuk mengatasi penyakit infeksi saluran kemih jenis apa pun. Namun untuk batu ginjal bisa menyebabkan aliran urine tersumbat sehingga akan menggenang pada ginjal dan akhirnya pertumbuhan bakteri bisa memicu alergi.

Antibiotik biasanya digunakan untuk infeksi semacam ini seperti Trimethoprim, Tetrasiklin, Sulfonamida dan Polipeptida. Untuk infeksi ringan sampai sedang, seorang pria harus minum antibiotik selama 10 hari. Sedangkan untuk wanita bisa mengkonsumsi antibiotik selama 3 hari. Pastikan untuk menghabiskan antibiotik yang sudah diresepkan bahkan jika kondisi tubuh mulai membaik dan gejala sudah hilang.

  1. Hindari Asupan Vitamin C Berlebihan

Vitamin C memang secara umum sangat bermanfaat untuk tubuh manusia khususnya untuk menyembuhkan luka dan pembentukan tulang. Akan tetapi jika vitamin C terlalu berlebihan, maka akan diubah menjadi oksalat di dalam ginjal. Oksalat bisa diubah menjadi batu sehingga sebaiknya hindari konsumsi vitamin C terlalu berlebihan jika memang memiliki bakat atau riwayat keluarga dengan ciri ciri batu ginjal awal

Sponsors Link

Seseorang yang rentan terhadap pembentuk batu kalsium oksalat harus membatasi konsumsi makanan tinggi oksalat seperti coklat, bit, kola, kopi, kacang kacangan, kacang tanah, peterseli, bayam, stroberi dan juga teh.

  1. Minum Jus Cranberry

Jus cranberry adalah obat alami yang sangat baik untuk penyakit infeksi ginjal dan juga saluran kemih. Jus cranberry mulai bekerja 8 jam sesudah dikonsumsi dengan cara mencegah pertumbuhan dan perkembangan bakteri. Jus cranberry ini bisa membantu untuk menghancurkan batu ginjal struvite dan juga brushite. Namun, hindari jus cranberry apabila anda menderita batu ginjal oksalat sebab minuman ini mengandung vitamin C dan oksalat dalam jumlah tinggi.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan