Sponsors Link

6 Cara Menyusun Diet Ginjal

Sponsors Link

Apabila anda mengalami masalah ginjal kronis, maka diet ginjal sangat dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan fungsi ginjal dengan cara alami. Sebenarnya, tidak ada obat untuk sakit ginjal, namun anda bisa memperlambat perkembangan gejala dengan cara merubah pola makan yang benar. Anda membutuhkan diet kaya akan buah, sayur dan juga protein sehat. Apabila anda menderita sakit ginjal, maka anda juga harus membatasi asupan cairan, sodium dan juga protein. Namun untuk sebagian penderita juga diharuskan untuk membatasi asupan fosfor dan potasium. Supaya anda bisa menemukan diet yang sehat sesuai dengan kebutuhan, maka berikut ini akan kami jelaskan tentang cara menyusun diet ginjal terbaik yang bisa dilakukan.

ads
  1. Pilih Sayuran Tepat

Penderita tanda masalah ginjal harus memperhatikan jenis sayuran yang bisa dikonsumsi. Meski sayur sangat penting bagi kesehatan, namun tidak semua jenis sayur aman untuk penderita gangguan ginjal seperti salah satunya sayuran tinggi potasium yang harus dihindari. Dalam menyusun diet ginjal, berikut pilihan sayur tepat untuk anda konsumsi.

  • Sayuran baik dikonsumsi: Brokoli, kubis, wortel, terong, selada, seledri, mentimun, bawang bombay, zukini dan lada.
  • Sayuran yang harus dihindari: labu, asparagus, lobak, alpukat dan bayam matang sebab mengandung potasium yang tinggi.
  1. Pilih Buah Tepat

Tidak hanya sayur, namun anda juga harus waspada dengan beberapa buah yang tinggi potasium. Buah memang menjadi komponen yang penting sebagai cara merawat ginjal agar tetap sehat, namun tetapi harus dipilih dengan sangat hati hati.

  • Buah rendah potasium yang baik dikonsumsi adalah nanas, prem, anggur, jeruk, apel, ceri, jeruk mandarin, berry dan semangka.
  • Hindari jenis jeruk lain dan juga produk berbahan jeruk seperti jus. Hati hati juga dengan prem kering, kiwi, blewah, kismis dan buah kering lainnya.
  • Jika harus membatasi potasium, maka pastikan untuk memilih buah rendah potasium seperti rasberi dan blueberry.
  1. Atur Asupan Sodium

Sodium yang lebih sering disebut dengan garam sebaiknya dihindari karena sangat berbahaya untuk penderita gagal ginjal kronis. Menurunkan asupan garam berarti juga akan menurunkan retensi cairan di dalam tubuh sehingga bisa membantu mengontrol tekanan darah sekaligus memperbaiki sakit ginjal.

  • Beli makanan dengan label tanpa garam tambahan, bebas sodium atau rendah sodium.
  • Periksa label produk untuk melihat seberapa banyak kandungan sodium dalam makanan dan pilih kandungan sodium yang kurang dari 100 mg per saji.
  • Jangan pakai garam saat memasak dan jangan tambahkan garam.
  1. Batasi Asupan Fosfor

Selain sodium yag harus dihindari, kadar fosfor dalam darah juga harus dipastikan tetap rendah apabila anda memiliki gejala gagal ginjal kronik. Produk susu seperti keju sangat tinggi kandungan fosfor sehingga segala produk susu sebaiknya harus dihindari.

  • Untuk mengkonsumsi makanan dari olahan susu, patuhi patokan diet dan jangan melebihi sajian yang dianjurkan per hari. Anda juga bisa memilih produk olahan susu rendah fosfor seperti keju krim, margarin, mentega, krim kental, keju brie yang tidak mengandung susu.
  • Untuk kebutuhan kalsium, anda bisa mengkonsumsi suplemen kalsium dari dokter.
  • Batasi asupan kacang kacangan, biji bijian, jeroan, sarden, daging yang diawetkan seperti sosis dan hotdog. 
    Sponsors Link

  1. Jauhi Makanan Digoreng

Penderita ciri ciri penyakit ginjal juga harus menghindari makanan yang digoreng sebab tinggi kalori dan lemak yang tidak dibutuhkan tubuh. Saat anda makan di luar, maka sebaiknya hindari menu makanan yang digoreng dan anda bisa menanyakan apakan menu ayam goreng bisa diganti dengan ayam bakar. Sedangkan jika sedang menghadiri acara, lebih baik pilih sayuran dan buah dibandingkan ayam goreng.

  1. Cari Cara Mengatasi Haus

Mungkin anda tidak perlu membatasi asupan cairan, namun sebagian penderita ginjal juga diharuskan mengurangi asupan cairan dalam jumlah tertentu setiap harinya. Apabila anda menjalani dialisis, maka cairan bisa menumpuk di dalam tubuh setiap sesinya. Sebaiknya, minum dengan gelas kecil ketika anda makan. Selain itu, anda juga bisa membekukan jus buah seperti es batu untuk menghilangkan rasa haus secara perlahan.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup