Sponsors Link

5 Cara Mudah Untuk Menurunkan Risiko Penyakit Ginjal

Sponsors Link

Ginjal merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh yang bertugas untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, membuang racun dalam tubuh, menjaga keseimbangan tekanan darah dan sebagainya. Ketika gangguan ginjal terjadi, maka akan berpengaruh juga pada kesehatan sehingga harus dijaga dengan baik agar terhindari dari penyakit ginjal. Sebenarnya, menjaga kesehatan ginjal sangat mudah dilakukan seperti beberapa cara menurunkan risiko penyakit ginjal yang akan kami berikan berikut ini.

ads
  1. Mengontrol Gula Darah, Tensi dan Kolesterol

Apabila seseorang memiliki masalah diabetes atau tekanan darah tinggi, maka risiko macam macam penyakit ginjal bisa meningkat. Untuk menurunkan risiko penyakit ginjal tersebut, maka kadar gula darah harus dikontrol dengan baik sekaligus menjaga tekanan darah anda. Kadar gula darah yang tinggi, tekanan darah tinggi atau hipertensi dan juga kadar kolesterol darah yang tinggi nantinya bisa merusak ginjal.

Gula darah tinggi bisa merusak pembuluh darah yang kemudian berpengaruh pada ginjal serta merusak bagian organ ginjal yang bertugas menyaring darah. Sementara tekanan darah dan juga kolesterol tinggi bisa menambah tekanan terlalu berlebih pada organ ginjal. Dengan ini, ginjal akan bekerja semakin keras serta nutrisi yang sebenarnya harus disaring ginjal akan bocor keluar bersama dengan urine.

  1. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang tentunya bisa mengontrol kadar gula darah, tekanan darah dan juga kolesterol sehingga risiko penyakit ginjal juga bisa diturunkan. Ada beberapa jenis makanan sehat yang wajib dikonsumsi, seperti:

  • Sayur dan buah: Dianjurkan mengkonsumsi buah dan sayuran sebanyak 5 porsi per hari sehingga bisa memenuhi nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh khususnya mineral, vitamin dan juga serat yang juga merupakan makanan yang baik untuk ginjal.
  • Kurangi asupan garam: Perlu diketahui jika beberapa makanan tetap mengandung garam tersembunyi seperti makanan kaleng, makanan kemasan, makanan yang diawetkan, fast food dan lainnya. Biasakan diri anda untuk mulai mengkonsumsi makanan yang dimasak sendiri agar mengontrol asupan garam jadi lebih mudah.
  • Batasi lemak jenuh dan lemak trans: Kedua jenis lemak ini sangat buruk untuk kesehatan sehingga jangan dikonsumsi berlebihan dan juga menjadi makanan penyebab sakit ginjal. Kurangi asupan makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans seperti makanan kemasan, daging berlemak, makanan yang digoreng khususnya memakai minyak bekas, fast food dan sebagainya.
  1. Olahraga Dengan Teratur

Olahraga dengan teratur sangat baik untuk mengontrol kadar gula darah, tekanan darah dan juga kolesterol sekaligus baik untuk kesehatan pembuluh darah. Dengan berolahraga secara teratur kesehatan ginjal juga bisa dijaga dengan baik. Sangat disarankan untuk berolahraga sekitar 30 menit setiap hari yang bisa diawali dengan olahraga ringan seperti bersepeda, berenang, jalan cepat dan juga lari sebagai cara merawat ginjal agar tetap sehat

Sponsors Link

  1. Perhatikan Penggunaan Obat

Mengkonsumsi obat terlalu sering dan dalam jumlah berlebihan juga bisa menyebabkan tanda tanda ginjal rusak sebab ginjal berfungsi untuk membuang sisa obat dari dalam tubuh sehingga sebaiknya konsumsi obat hanya sesuai saran dari dokter. Hindari mengkonsumsi obat dengan sembarang khususnya obat anti inflamasi non steroid atau NSAID, ibuprofen dan juga aspirin. Penyakit ginjal bisa terjadi karena terlalu banyak dan sering mengkonsumsi beberapa jenis obat tersebut dalam waktu yang lama.

  1. Stop Merokok dan Minum Minuman Beralkohol

Dua kebiasaan buruk yakni merokok dan juga minum minuman yang mengandung alkohol bisa meningkatkan banyak risiko penyakit khususnya penyakit jantung yang juga berkaitan dengan meningkatnya risiko penyakit ginjal sehingga dua kebiasaan buruk tersebut sebaiknya dihindari dan dihentikan mulai dari sekarang sebagai tips menjaga kesehatan ginjal

Sponsors Link

Sebenarnya cara menurunkan risiko penyakit ginjal sangat mudah dilakukan yakni dengan memperbanyak kebiasaan baik dan mengurangi kebiasaan buruk seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tidak hanya berguna untuk meminimalisir penyakit ginjal, namun beberapa cara di atas juga baik dilakukan untuk kesehatan jantung, peredaran darah dan kesehatan seluruh bagian tubuh. Lakukan beberapa cara ini sehingga anda bisa terhindari dari penyakit ginjal yang tentunya juga mengganggu seluruh organ tubuh anda.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup