Sponsors Link

7 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Kandung Kemih

Sponsors Link

Selain jantung, paru paru dan ginjal, organ tubuh yang tidak kalah penting dan harus dirawat adalah kandung kemih. Aktivitas buang air kecil yang terjadi setiap hari merupakan gabungan kerja dari beberapa organ termasuk kandung kemih sebagai tempat menampung urine sebelum nantinya akan dikeluarkan. Tanpa anatomi saluran kemih, maka urine tidak dapat ditampung, sehingga jika kesehatan kandung kemih tidak dijaga dengan baik, maka risiko infeksi bahkan kanker bisa terjadi. Kandung kemih merupakan organ yang memiliki rongga pada sistem ekskresi manusia yang berfungsi untuk menampung cairan yang sudah disaring ginjal dan kemudian akan dikeluarkan dalam bentuk urine. Dengan pertambahan usia, maka kondisi kandung kemih juga akan menurun. Untuk itulah menjaga kesehatan kandung kemih sangat penting dilakukan dengan beberapa cara sederhana yang akan kami jelaskan berikut ini.

ads
  1. Minum Air Putih Dalam Jumlah Cukup

Air putih merupakan cairan paling baik untuk menjaga kesehatan kandung kemih sehingga harus diminum sekitar 8 gelas per hari. Setengah dari asupan cairan setiap hari harus berasal dari air putih meski berbeda beda untuk kondisi medis tertentu. Seseorang yang mengalami gagal ginjal kronis justru diwajibkan untuk membatasi asupan cairan setiap hari sesuai anjuran dokter.

  1. Buang Air Kecil Dengan Menyeluruh

Membuang urine hingga tuntas menjadi cara untuk menurunkan risiko infeksi kandung kemih menurut seorang dokter ahli kandung kemih asal Amerika Serikat. Jika seseorang mengencangkan otot panggul untuk menghentikan buang air kecil dengan cepat, maka urine masih dalam perjalanan keluar namun belum sampai di ujung sehingga akan kembali ke kandung kemih. Hal ini bisa membawa bakteri masuk ke dalam sistem kemih.

Ketika sedang membuang air kecil, maka pastikan air kencing tersebut sudah benar benar terbuang seluruhnya dan tidak tersisa. Untuk itu, hindari buang air kecil terburu buru sebab umumnya tidak bisa mengosongkan kandung kemih hingga seluruhnya.

  1. Hentikan Merokok

Setiap tahunnya, ada lebih dari 50 ribu orang yang didiagnosis menderita kanker kandung kemih yang salah satu penyebabnya disebabkan karena aktivitas buruk merokok. Perokok mempunyai risiko 2 sampai 3 kali lebih tinggi terkena kanker kandung kemih dibandingkan dengan seseorang yang tidak merokok. Untuk itu, hentikan kebiasaan buruk ini untuk menjaga kesehatan kandung kemih, mencegah kandung kemih cepat penuh dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

  1. Latihan Otot Panggul

Melakukan latihan otot dasar panggul atau lebih sering disebut dengan senam kegel secara teratur juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kandung kemih. Latihan ini bisa menguatkan otot yang bertugas mengontrol kandung kemih agar bisa bekerja dengan baik sekaligus tidak menyebabkan kandung kemih bocor ketika sedang batuk, tertawa, bersin, mengangkat sesuatu barang atau perasaan ingin buang air kecil secara tiba tiba. Sedangkan otot panggul yang lemah bisa menyebabkan kebocoran kandung kemih yang dinamakan inkontinensia urine. 

Sponsors Link

  1. Buang Air Kecil Sesudah Berhubungan

Sesudah berhubungan dengan pasangan, maka ada banyak bakteri di sekitar alat kelamin. Untuk itu membersihkan area genital menjadi kewajiban untuk dilakukan agar infeksi serangan bakteri khususnya pada wanita bisa dihindari sekaligus mencegah kandung kemih terasa gatal. Buang air kecil sesudah berhubungan bisa membantu untuk mengeluarkan bakteri dari sistem kemih sehingga infeksi saluran kemih bisa dicegah. Urine nantinya akan membantu untuk mengeluarkan bakteri yang menempel di uretra yakni saluran penghubung kandung kemih hingga keluar dari tubuh.

  1. Kurangi Minuman Beralkohol dan Kafein

Terlalu banyak minum minuman yang mengandung kafein seperti teh, minuman energi, kopi dan minuman soda bisa meningkatkan aktivitas kandung kemih serta meningkatkan risiko kebocoran. Minuman yang mengandung kafein dan alkohol sebenarnya masih bisa diminum namun tidak berlebihan agar tidak menyebabkan ciri ciri kandung kemih bermasalah

Sponsors Link

  1. Buang Air Kecil Dengan Teratur

Usahakan untuk tidak menahan buang air kecil dan cobalah untuk melakukan buang air kecil ini setiap 3 hingga 4 jam sekali meski belum ingin buang air kecil. Hal ini sangat penting sebab menahan urine dalam kandung kemih terlalu lama bisa membuat otot kandung kemih menjadi lemah dan risiko infeksi kandung kemih semakin tinggi.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips