Sponsors Link

5 Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Ginjal Saat Puasa

Sponsors Link

Seperti yang kita ketahui jika ginjal adalah salah satu organ yang sangat rentan terhadap serangan penyakit. Apabila kesehatan ginjal tidak dijaga dengan baik, maka risiko penyakit ginjal juga bisa terjadi. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami penyakit ginjal dan salah satu diantaranya bisa terjadi ketika menjalankan ibadah puasa. Hal ini bisa terjadi karena asupan air akan dibatasi selama sedang berpuasa dan hanya diperbolehkan untuk minum air pada beberapa waktu yang sudah ditentukan meski minum air sangatlah penting untuk menjaga kesehatan ginjal sebagai salah satu tips menjaga kesehatan ginjal.

ads

Akan tetapi, bukan berarti puasa akan membuat kondisi ginjal jadi tidak sehat, sebab sebenarnya ibadah puasa akan memperbaiki semua metabolisme dalam tubuh termasuk juga menjaga ciri ciri ginjal sehat. Bagi anda yang sedang menjalankan ibadah puasa, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar kesehatan ginjal tetap terjaga dengan baik. Seperti beberapa tips berikut ini yang sangat penting untuk dilakukan demi menjaga kesehatan ginjal saat puasa.

  1. Batasi Beban Kerja Ginjal

Hal pertama yang harus anda perhatikan sebagai cara merawat ginjal agar tetap sehat adalah membatasi beban kerja dari ginjal. Organ ginjal memiliki tugas untuk menyaring racun yang ada di dalam tubuh sehingga ketika sedang berpuasa, ada baiknya anda lebih banyak mengkonsumsi makanan alami seperti sayur dan juga buah. Hindari beberapa jenis makanan yang bisa menambah beban kerja organ ginjal seperti makanan kaleng, makanan cepat saji serta makanan yang terlalu banyak mengandung pengawet, pewarna dan pemanis buatan sebab bisa membuat racun yang harus disaring oleh ginjal semakin banyak.

  1. Atur Asupan Cairan

Air adalah minuman pembersih ginjal yang menjadi komponen paling penting agar kesehatan ginjal bisa selalu terjaga dengan baik. Air berguna untuk membersihkan racun yang ada dalam ginjal dan kemudian akan dikeluarkan bersama dengan urin. Selama sedang berpuasa, maka asupan cairan jadi sangat terbatas sebab hanya boleh minum pada saat berbuka hingga waktu sahur meski ginjal tetap harus bekerja tanpa henti. Apabila tubuh kekurangan cairan, maka dehidrasi bisa terjadi sehingga sangat penting untuk mengatur asupan cairan selama puasa. Langkah terbaik yang bisa anda lakukan adalah lebih banyak minum air saat berbuka hingga sahur untuk memenuhi kebutuhan cairan selama satu hari penuh. 

Sponsors Link

  1. Mengkonsumsi Makanan Pembersih Ginjal

Agar ginjal bisa tetap sehat, maka mengkonsumsi makanan yang sehat untuk ginjal dan jantung seperti makanan tinggi akan antioksidan sangat penting dilakukan agar kebersihan ginjal bisa selalu terjaga dengan baik. Beberapa contoh makanan tinggi akan antioksidan yang sangat baik dikonsumsi selama berpuasa diantaranya adalah wortel, kubis, paprika merah, anggur dan putih telur sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan tersebut sebagai menu sahur dan berbuka puasa.

  1. Kurangi Protein dan Sodium

Saat sodium atau garam dan juga protein terlalu berlebihan dalam tubuh, maka ini bisa menimbulkan gangguan untuk organ ginjal. Sodium yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan darah tinggi dan menjadi penyebab serangan jantung yang juga berdampak buruk untuk kesehatan ginjal. Untuk itu, kurangi asupan sodium dan juga protein selama sedang berpuasa agar kesehatan ginjal bisa terjaga dengan baik. 

Sponsors Link

  1. Perbanyak Asupan Magnesium

Magnesium menjadi mineral penting agar fungsi ginjal bisa lebih ditingkatkan. Magnesium berguna untuk membawa darah secara tepat sekaligus bertanggung jawab terhadap proses sekresi dan juga penyerapan. Selain itu, magnesium juga penting untuk mencegah terjadinya kerusakan ginjal sehingga selama bulan puasa sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang baik untuk ginjal dan tinggi akan kalsium seperti sayuran hijau bayam dan kangkung sebagai salah satu tips menjaga kesehatan ginjal saat puasa.

Demikian ulasan dari kami kali ini tentang panduan bagi anda yang ingin menjalankan ibadah puasa namun tetap ingin menjaga kesehatan ginjal agar tetap baik. Sebenarnya, masalah ginjal tidak bisa dijadikan alasan agar seseorang tidak atau berhalangan menjalani ibadah puasa, sebab puasa sendiri sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan salah satunya adalah menjaga kesehatan ginjal.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup