Sponsors Link

12 Cara Mudah dan Murah Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Sponsors Link

Banyak orang yang sering bingung tentang bagaimana sebenarnya cara terbaik untuk menjaga kesehatan ginjal sampai bertahun tahun mengingat ginjal adalah salah satu organ penting dan tanpa ginjal tidak ada satu pun manusia yang bisa bertahan hidup. Saat ciri ciri ginjal bermasalah terjadi, maka proses dialisis menjadi risiko yang harus siap dihadapi. Itulah mengapa sangat penting mengetahui berbagai cara menjaga kesehatan ginjal sekaligus melindungi organ tersebut dari bahaya. Diet dengan makanan yang baik untuk ginjal sangatlah membantu untuk memperkuat ginjal sebab ginjal adalah pemurni darah dalam tubuh. Ginjal merupakan saringan dimana semua limbah yang ada dalam tubuh akan melewati ginjal. Selain itu, cara terbaik untuk menjaga kesehatan ginjal adalah memastikan kadar cairan dalam tubuh tercukupi seperti minum air cukup setiap hari. Selain itu, menghentikan beberapa kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol dan stress terlalu berlebihan juga bisa memberikan tekanan pada ginjal sehingga harus secepatnya dihentikan. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai cara menjaga kesehatan ginjal, berikut ini adalah beberapa poin penting yang sebaiknya anda lakukan dan perhatikan.

ads
  1. Minum 8 Gelas Air Setiap Hari

Air menjadi satu satunya cara untuk memurnikan tubuh sehingga minum cairan dalam jumlah tubuh akan memastikan organ ginjal tetap bersih dan bisa bekerja sebagaimana semestinya.

  1. Konsumsi Kacang Hitam

Kacang hitam dianggap sebagai salah satu makanan yang baik untuk ginjal. Kacang hitam tidak mengandung fosfor tinggi sehingga bisa dikonsumsi untuk mencegah ciri ciri penyakit ginjal.

  1. Buang Air Kecil Lebih Sering

Lewat buang air kecil lebih banyak selama satu hari, maka dianggap sebagai kebiasaan yang sehat untuk ginjal sehingga tidak terjadi penumpukan cairan dalam kandung kemih yang bisa menyebabkan batu ginjal.

  1. Buah Berry

Semua makanan yang berwarna gelap juga sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga kinerja ginjal agar selalu baik. Salah satu makanan berwarna gelap seperti aneka jenis berry mulai dari blackberry, blueberry dan juga cranberry merupakan jenis buah yang kaya akan antioksidan untuk memperbaiki kerusakan oksidatif pada organ ginjal.

  1. Daun Ketumbar

Daun ketumbar juga bisa anda konsumsi dengan teratur sebab sangat membantu dalam membersihkan organ ginjal dan mencegah ginjal rusak. Selain daun ketumbar, beberapa daun herbal lain seperti peterseli dan cilantro juga sangat disarankan untuk dikonsumsi agar bisa dijadikan filter pembersih organ ginjal.

  1. Garam Laut

Garam laut juga sangat baik untuk ginjal karena didalamnya mengandung banyak mineral. Dalam garam laut mengandung natrium klorida yang lebih rendah jika dibandingkan dengan garam meja. untuk itu bagi anda yang menderita ciri ciri batu ginjal, garam laut ini menjadi pilihan baik untuk dikonsumsi.

  1. Hindari Makanan Pedas

Cabe yang bersifat panas ketika dikonsumsi akan berdampak buruk bagi ginjal. Makanan dengan citarasa terlalu pedas bisa memberikan tekanan pada organ hati dan juga penyebab gejala awal penyakit ginjal. Untuk itu, sebaiknya batasi atau lebih baik hindari mengkonsumsi makanan yang pedas berlebihan. 

Sponsors Link

  1. Herbal Angelica

Angelica merupakan salah satu jenis ramuan asal China yang sangat baik untuk kesehatan ginjal. Ramuan ini bisa melindungi jaringan ginjal dari kerusakan dan bahkan juga diresepkan bagi penderita faktor penyebab gagal ginjal.

  1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Kadmium merupakan logam yang terkandung dalam rokok dan saat dihisap maka akan tersimpan pada lapisan ginjal. Ini nantinya bisa menghambat fungsi ginjal yang bahkan bisa menjadi penyebab gagal ginjal kronis.

  1. Arugula

Arugula merupakan salah satu jenis sayuran berwarna hijau yang sangat baik dikonsumsi untuk mengeluarkan racun tersisa pada ginjal. Mengkonsumsi arugula dengan teratur juga sangat baik untuk penderita gangguan ginjal kronis. 

Sponsors Link

  1. Jangan Tahan Buang Air Kecil

Banyak orang yang memiliki kebiasaan buruk untuk menahan buang air kecil karena berbagai alasan dalam waktu yang cukup lama. Kebiasaan ini sangat tidak sehat dan bisa memberi tekanan pada ginjal sehingga harus dihentikan.

  1. Sawi Hijau

Semua sayuran berdaun hijau seperti sawi hijau memiliki kandungan vitamin K tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan suplai darah ke organ ginjal anda.

Demikian ulasan dari kami tentang beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari dan beberapa makanan yang sangat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan ginjal secara menyeluruh. Semua langkah mudah yang sudah kami berikan diatas sebaiknya mulai dijadikan kebiasaan baik agar anda bisa hidup lebih lama tanpa masalah pada organ ginjal.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips