Sponsors Link

Batas Maksimal Mengkonsumsi Lemak Untuk Pasien Gagal Ginjal

Sponsors Link

Pasien gagal ginjal kronis dituntut agar bisa menjaga pola makan yang sehat mengingat ada begitu banyak jenis makanan yang bisa memperburuk penyakit ginjal tersebut. Sebagai contoh, pasien gagal ginjal tidak bisa mengkonsumsi sayur sayuran dan buah buahan secara bebas seperti yang dilakukan pada orang dengan ginjal sehat. Pasien sakit ginjal kronis juga tidak boleh mengkonsumsi daging sebanyak mungkin karena bisa memperburuk gejala penyakit. Lalu bagaimana dengan lemak dan seberapa banyak mengkonsumsi lemak untuk pasien gagal ginjal boleh dilakukan?, berikut penjelasannya untuk anda.

ads

Pola Makan Pasien Gagal Ginjal

Pasien gagal ginjal kronis seperti gejala gagal ginjal kronik memiliki banyak batasan termasuk juga tidak boleh mengkonsumsi makanan secara sembarangan. Penderita gagal ginjal dianjurkan untuk membatasi asupan cairan, lemak, protein dan juga kadar elektrolit setiap hari supaya kerja ginjal yang sudah kehilangan fungsinya tidak semakin terbebani. Namun dengan banyaknya pantangan pasien gagal ginjal, bukan berarti masalah nutrisi juga bisa diabaikan.

Pola makan sehat untuk pasien gagal ginjal atau ciri ciri gagal ginjal awal dilakukan agar bisa memperbaiki sekaligus mempertahankan status gizi agar tetap optimal, mengatur keseimbangan air dan juga elektrolit, mencegah timbunan sisa metabolisme dan juga mengendalikan kondisi yang berhubungan dengan penyakit ginjal kronis seperti penyakit kardiovaskular, anemia, penyakit tulang, tekanan darah tinggi dan dislipidemia. Selain itu, nutrisi yang tepat juga harus dijaga sebab bisa mencegah infeksi terjadi, terhindar dari hilangnya massa otot dan juga membantu mempertahankan berat badan ideal dan sehat.

Rekomendasi Asupan Gizi Pasien Gagal Ginjal

Untuk menjawab seberapa banyak mengkonsumsi lemak untuk gangguan ginjal seperti pasien gagal ginjal bisa dilakukan termasuk juga beberapa asupan penting lainnya, berikut akan kami jelaskan rekomendasi asupan gizi harian yang sebaiknya diterapkan untuk penderita gagal ginjal.

  • Asupan protein: 1.2 gram per kg bb per hari yakni protein hewani minimal 50%. Namun untuk pasien yang melakukan macam macam cuci darah secara rutin harus mempertimbangkan mengenai hilangnya asam amino sebesar satu hingga dua gram per jam dialisis sehingga asupan protein harus diperbanyak menjadi satu hingga 1.2 gr / kg bb / hari.
  • Asupan energi: 30 hingga 35 kilo kalori per kilogram berat badan ideal setiap harinya.
  • Asupan lemak: Asupan lemak untuk pasien gagal ginjal berkisar antara 25 hingga 30% dari total kalori. Sedangkan pembatasan lemak jenuh kurang dari 10% dilakukan jika terjadi dislipidemia yakni kelainan pada lemak darah dan juga disarankan kadar kolesterol yang terkandung di dalam makanan tidak sampai 300 mg/hari. 
    Sponsors Link

Asupan Lemak Pasien Gagal Ginjal

Pasien gagal ginjal harus bisa lebih memperhatikan asupan lemak mereka sebab jika mengkonsumsi makanan yang mengandung jenis lemak salah dilakukan, maka bisa meningkatkan risiko seperti penyumbatan pembuluh darah dan juga risiko penyakit jantung serta menyebabkan ginjal rusak. Semua orang sebenarnya sangat membutuhkan lemak sebagai sumber penyedia energi, membantu dalam produksi zat serupa dengan hormon yang mengatur tekanan darah dan juga mengandung vitamin.

Pasien gagal ginjal memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap stroke atau serangan jantung sehingga harus lebih berhati hati sebab kadar lemak menjadi jenis makanan yang sangat berpengaruh pada kesehatan jantung. Inilah yang menyebabkan batasan mengkonsumsi lemak untuk pasien gagal ginjal harus dilakukan berbeda dengan kista ginjal. Pasien harus membedakan antara sumber lemak yang sehat dengan yang tidak sehat. Jika anda memiliki kesulitan dalam mengatur kadar lemak, maka bisa dikonsultasikan dengan para ahli gizi. 

Sponsors Link

Jenis lemak jenuh dan asam lemak trans merupakan jenis lemak yang bisa meningkatkan kolesterol darah dan kemudian akan menyumbat pembuluh darah. Lemak jenuh tersebut bisa ditemukan di beberapa produk hewani seperti unggas, daging merah, mentega dan juga susu. Apabila anda tetap ingin mengkonsumsi daging merah, maka porsi yang disarankan adalah 3 ons atau segenggam tangan orang dewasa. Sementara untuk asam lemak trans umumnya bisa ditemukan dalam kentang goreng, donat, kue yang dipanggang dan juga gorengan dan tidak boleh dikonsumsi pasien gagal ginjal terlalu sering karena bisa menyebabkan efek samping gagal ginjal. Untuk mengganti asupan lemak, maka anda bisa mengkonsumsi lemak tak jenuh tunggal seperti minyak kanola, minyak zaitun dan juga minyak jagung.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pantangan