Sponsors Link

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Akibat Ginjal

Sponsors Link

Sakit pinggang meski terdengar sepele namun sebenarnya bisa menjadi tanda penyakit serius seperti salah satunya gejala ginjal sedang bermasalah. Umumnya, sakit pinggang terjadi karena ginjal ada di punggung bawah tepatnya di antara tulang rusuk terendah dan juga bokong. Ginjal terletak di dua sisi tulang belakang bawah rusuk. Ginjal kanan akan menggantung sedikit lebih rendah dibandingkan dengan ginjal kiri sehingga akan lebih mudah mengalami sakit pinggang ketika terinfeksi, iritasi atau meradang.

Akan tetapi rasa sakit tersebut juga bisa menyerang kedua sisi tubuh dan tidak jarang bisa menyebar ke bawah panggul, selangkangan atau area perut. Sakit pinggang karena ginjal ini bisa disebabkan karena penyakit infeksi saluran kemih, infeksi ginjal kiri atau kanan atau bahkan batu ginjal. Namun untungnya masih ada beberapa cara mengatasi sakit pinggang akibat ginjal yang bisa anda lakukan seperti ulasan yang kami berikan berikut ini.

Gejala Sakit Pinggang karena Ginjal

Sebelum kami berikan beberapa cara mengatasi sakit pinggang akibat ginjal, ada beberapa gejala yang harus anda waspadai selain rasa sakit pinggang yang tidak hilang ketika anda sudah merubah posisi, seperti:

Cara Meredakan Sakit Pinggang Akibat Ginjal

Biasanya, sakit pinggang akan berkurang sesudah dipijat. Akan tetapi hal ini berbeda dengan sakit pinggang akibat ginjal  di mana ketika dipijat maka akan semakin terasa sakit karena tekanan yang terjadi.

Jika memang sakit pinggang yang anda rasakan semakin parah sampai mengganggu aktivitas sehari hari atau disertai juga dengan gejala lain seperti mual, muntah, demam atau inkontinensia urine, maka segera periksakan diri anda ke dokter supaya bisa mendapatkan pertolongan medis dan perawatan yang benar.

Sedangkan untuk meredakan sakit pinggang yang terjadi tiba tiba, anda dapat melakukan beberapa cara untuk meredakan rasa sakit tersebut, seperti:

Kompres es dibungkus handuk ke bagian pinggang yang sakit sekitar 20 hingga 30 menit setiap 2 sampai 3 jam. Selain itu, anda juga bisa menggunakan kompres panas yang dipakai dengan cara sama untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Jika rasa sakit pinggang terjadi karena infeksi ginjal, maka umumnya dokter akan meresepkan antibiotik untuk menghentikan infeksi yang menyebabkan ginjal rusak atau menyebar ke aliran darah. Selain itu, anda juga bisa mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Anda juga harus menjaga kesehatan ginjal dengan baik agar berbagai masalah ginjal tidak sampai terjadi karena bisa berakibat fatal. Beberapa cara menjaga ciri ginjal yang sehat diantaranya adalah:

  • Batasi asupan protein hewani dan juga garam.
  • Minum setidaknya 8 gelas air setiap hari yang sangat membantu untuk mengoptimalkan fungsi ginjal paling utama yakni untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh anda.
  • Ketika sesudah menggunakan kamar mandi, maka basuh area kelamin anda dari arah depan ke belakang untuk mencegah bakteri uus besar masuk ke dalam saluran kemih dan menyebabkan infeksi.
  • Lakukan olahraga yang tepat seperti mulai mencoba melakukan angkat beban dengan cara membungkuk rendah dan lutut dalam posisi jongkok serta pegang beban dekat ke area dada anda.
  • Luangkan juga waktu dalam setiap beberapa menit untuk meregangkan otot otot anda yang menegang dan mengencang.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan kali ini tentang cara mengatasi sakit pinggang akibat ginjal yang bisa anda lakukan. Selain itu, pastikan juga anda selalu menjaga kesehatan ginjal anda agar masalah ini tidak sampai terjadi pada diri anda.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan