Sponsors Link

Tips Mengatasi Rhabdomyolysis Beserta Gejalanya

Sponsors Link

Rhabdomyolysis merupakan sindrom yang cukup serius ditandai dengan gejala dan tanda yang terlihat seperti penyakit biasa sehingga sulit untuk didiagnosis. Sindrom ini biasanya menyebabkan penderita merasakan nyeri otot khususnya di area bahu, punggung bagian bawah dan juga paha. Sedangkan beberapa gejala lain yang ditimbulkan diantaranya adalah mual dan muntah, denyut jantung meningkat, demam, tidak bisa buang air kecil, dehidrasi dan kesadaran yang menurun. Rhabdomyolysis merupakan kondisi serius yang mempengaruhi otot, fungsi ginjal dan juga kesehatan tubuh secara serius yang sangat berbahaya. Untuk itu, sangat penting untuk memahami penyakit ini termasuk pengobatan potensial yang paling efektif untuk mengatasi Rhabdomyolysis. Rhabdomyolysis terjadi karena cedera otot langsung dan tidak langsung dimana pada saat serat otot mati, maka isi dalam otot tersebut akan dilepaskan dalam aliran darah sehingga cedera bisa terjadi. Rhabdomyolysis ini disebabkan karena mengkonsumsi alkohol dan beberapa jenis obat terlarang seperti afetamin, heroin atau kokain, kecelakaan, kompresi otot jangka panjang dan beberapa penyebab lainnya. Berikut ini, kami punya beberapa cara mengatasi Rhabdomyolysis sekaligus untuk meredakan gejala yang terjadi.

ads
  1. Terapi Cairan

Pengobatan alami Rhabdomyolysis ini kemungkinan hanya tepat dilakukan untuk tahap awal sindrom ini sebelum mempengaruhi beberapa organ penting seperti ginjal. Terapi cairan bisa diberikan untuk menyembuhkan syok yang bisa menyebabkan gangguan ginjal serius. Penderita Rhabdomyolysis nantinya akan membutuhkan cairan intravena dan saline umum sekitar 0.9% larutan NaCl. Selain itu, tubuh juga harus mendapatkan asupan cairan yang cukup mencakup bikarbonat yang penting untuk menghilangkan mioglobin dari ginjal.

  1. Mengkonsumsi Obat Obatan

Ada beberapa jenis obat yang bisa digunakan untuk mengatur produksi urin dan juga bisa mengendalikan Rhabdomyolysis. Dokter kemungkinan akan menyarankan beberapa jenis obat seperti diuretik dan juga bikarbonat yang bisa digunakan untuk menjaga fungsi ginjal agar bisa tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, konsentrasi elektrolit lain seperti kalium, kalsium dan juga natrium juga akan diberikan untuk mengatasi cara Rhabdomyolysis.

  1. Hentikan Konsumsi Obat yang Tidak Diperlukan

Selain diharuskan mengkonsumsi beberapa jenis obat, untuk cara mengatasi Rhabdomyolysis juga diharuskan untuk menghilangkan beberapa penggunaan obat tertentu atau kombinasi obat yang kuat. Penggunaan obat obata ilegal bisa menyebabkan sindrom Rhabdomyolysis semakin memburuk. Sebagai contoh penggunaan kokain bisa menyebabkan tanda tanda ginjal rusak sekaligus memperburuk gejala Rhabdomyolysis.

  1. Kurangi Olahraga Berlebihan

Ada beberapa kasus dimana gejala Rhabdomyolysis juga bisa disebabkan karena aktivitas fisik terlalu berlebihan setiap hari seperti seorang atlet yang melakukan latihan intensitas tinggi yang bisa menyebabkan kerusakan otot rangka. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter olahraga atau pelatih pribadi jika masih ingin berolahraga meski memiliki penyakit Rhabdomyolysis ini.

  1. Tingkatkan Sirkulasi

Meningkatkan sirkulasi juga menjadi cara yang baik untuk mengobati Rhabdomyolysis. Dengan meningkatnya sirkulasi yang baik, maka pasokan darah segar serta oksigen sekaligus membuag racun melalui organ ginjal juga bisa dilakukan dengan ginjal untuk mencegah ciri ciri penyakit ginjal. Selain meningkatkan sirkulasi, beberapa asupan makanan sehat juga sangat penting dikonsumsi seperti semangka, jeruk, bawang putih, goji berry, jahe, cabe rawit dan juga coklat hitam. 

Sponsors Link

  1. Tingkatkan Fungsi Ginjal Lebih Baik

Sindrom Rhabdomyolysis juga memiliki hubungan langsung dengan ginjal yang mengartikan ciri ciri ginjal sehat juga bekerja secara efektif selama proses pengobatan Rhabdomyolysis. Ginjal berfungsi untuk mengeluarkan racun dan proses detoksifikasi tubuh secara efektif. Dengan meningkatkan fungsi ginjal, maka risiko Rhabdomyolysis bisa dikurangi secara signifikan. Beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan ginjal diantaranya adalah paprika merah, apel, minyak zaitunm raspberry, bawang putih, putih telur dan juga kubis.

  1. Dialisis

Dialisis bisa dijadikan cara terakhir untuk mengobati Rhabdomyolysis yang juga sering dilakukan untuk beberapa kasus serius lainnya. Saat kerusakan ginjal terjadi seperti gagal ginjal kronis, maka dialisis menjadi cara paling tepat untuk dilakukan. Darah nantinya akan diambil dan dibersihkan memakai mesin khusus dalam prosedur dialisis sehingga bisa membuang limbah dan zat tidak berguna dari dalam darah. Nantinya sirkulasi darah bisa ditingkatkan sekaligus mengurangi risiko sindrom Rhabdomyolysis.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan