Sponsors Link

Cara Mengatasi Nyeri Akibat Batu Ginjal Lengkap Dengan Tips

Sponsors Link

Batu ginjal adalah masalah yang sangat mengganggu dan bisa menimbulkan rasa nyeri bahkan hingga mengganggu aktivitas. Ketika nyeri akibat batu ginjal kambuh, maka dirasa mustahil untuk meredakan rasa sakit tersebut, berjalan mondar mandir, merangkak dan berguling yang semuanya tidak mengganggu. Meski begitu, masih ada beberapa cara untuk mengatasi nyeri akibat batu ginjal yang bisa anda lakukan dengan mudah seperti beberapa cara berikut ini.

ads
  1. Minum Banyak Cairan

Dari National Institute of Health memberi anjuran jika penderita batu ginjal harus minum air sebanyak 2 sampai 3 liter per hari meski bukan termasuk pengobatan tuntas batu ginjal. Apabila terasa mual, maka anda bisa minum air putih sedikit demi sedikit namun dilakukan dengan sering. Cara ini sangat baik untuk membantu mengeluarkan batu ginjal sekaligus mendorong batu ginjal agar bisa terus bergerak.

  1. Gunakan Bantalan Kompres

Menempelkan bantalan kompres pada area yang sakit juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi nyeri akibat batu pada rongga ginjal.Selain menggunakan bantalan kompres, mandi air panas juga sangat membantu untuk mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan di sekitar ginjal sehingga ketegangan otot bisa dikurangi serta mempermudah batu ginjal untuk bergerak turun.

  1. Konsumsi Obat Tanpa Resep

Advil atau beberapa jenis obat lainnya yang mengandung ibuprofen bisa dikonsumsi untuk membantu meredakan inflamasi akibat batu ginjal pada wanita ataupun pria. Namun untuk penderita batu ginjal yang sedang hamil tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi obat ini karena bisa berbahaya untuk ibu dan juga untuk janin.

  1. Menjerit atau Berteriak

Menjerit, berteriak atau menyuarakan rasa sakit bukan hal memalukan untuk dilakukan. Sebagian besar laki laki dewasa yang menderita penyebab batu ginjal pada pria juga mengatakan rasa sakit yang ditimbulkan ketika mengalami batu ginjal memang sangat parah. Sedangkan beberapa orang wanita mengatakan jika rasa nyeri yang ditimbulkan karena batu ginjal lebih parah dibandingkan nyeri karena melahirkan. Untuk itu, berteriak atau mengeluh kesakitan bukanlah hal memalukan yang sekaligus juga sedikit mengalihkan rasa sakit karena batu ginjal tersebut.

  1. Meminta Bantuan

Meminta bantuan seseorang untuk memijat area punggung atau menekankan tangan atau kepalan tangan dengan kuat pada area ginjal yang sakit dimana ini juga membantu untuk mengurangi rasa nyeri akibat penyebab batu ginjal kalsium oksalat. Berbaring telungkup dengan bantal yang mengganjal pada panggul yang juga membantu untuk meringankan sakit karena batu ginjal.

Tips Mengatasi Nyeri Batu Ginjal

Apabila nyeri yang terjadi ketika aliran urine terhalang dengan ciri ciri batu ginjal bisa terjadi karena ada lebih dari satu batu yang sedang bergerak. Apabila rasa nyeri yang terjadi cukup parah, maka cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan minum lebih banyak air putih. Namun jika rasa nyeri tidak berkurang, maka segera cari pertolongan medis secepatnya. Selain itu, ada beberapa hal yang juga sebaiknya tidak dilakukan karena bisa memperburuk rasa nyeri sekaligus memperparah kondisi batu ginjal. Beberapa pantangan tersebut diantaranya adalah:

  • Batasi dan sebisa mungkin hindari minuman yang bersifat diuretik seperti kopi, teh hitam dan juga minuman yang mengandung soda yang juga bisa menyebabkan menyebabkan tubuh semakin dehidrasi. Akan lebih baik, ganti minuman tersebut dengan jus buah atau air putih yang jauh lebih baik.
  • Apabila sedang dalam masa kehamilan dan mengalami ciri ciri batu ginjal awal, maka sebaiknya segera cari pertolongan medis profesional. Pemeriksaan akan dilakukan untuk memastikan jika janin sama sekali tidak terpengaruh dan akan diberikan obat medis untuk membantu meredakan rasa nyeri yang aman untuk janin.
  • Ciri ciri batu ginjal kalsium oksalat umumnya terjadi karena menyantap makanan yang mengandung oksalat tinggi seperti berry, coklat, sayuran berdaun hijau seperti bayam dan produk gandum sehingga sebaiknya dihindari.
  • Hindari minuman yang mengandung alkohol karena bisa menghambat saluran keluar batu ginjal sebab alkohol merupakan diuretik yang mengandung gula sehingga bisa membuat seseorang sering buang air kecil dan dehidrasi bisa terjadi.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan