Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kencing

Sponsors Link

Infeksi saluran kencing atau disebut dengan urinary tract infection bisa terjadi karena bakteri yang berkembang biak di dalam saluran kencing dan menjadi salah satu jenis penyakit infeksi ginjal. Infeksi saluran kencing ini bisa terjadi pada semua orang baik pria dan wanita meski wanita umumnya lebih rentan dengan infeksi tersebut dibandingkan pria. Dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases mengatakan jika bakteri yang menjadi penyebab infeksi saluran kencing adalah bakteri bernama escherichia coli yang umumnya berada di usus besar. Selain itu, klamidia dan juga mycoplasma juga bisa menjadi penyebab infeksi saluran kencing tersebut namun ditularkan karena penyakit menular seksual. Lalu, apakah ada cara untuk mengatasi infesi saluran kencing tersebut?, berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

ads

Penyebab Infeksi Saluran Kencing

Ada beberapa faktor yang bisa memicu infeksi saluran kencing tersebut bisa terjadi. Beberapa penyebabnya adalah:

  • Ada sesuatu yang menghalangi saluran kencing seperti batu ginjal.
  • Kesulitan untuk mengeluarkan seluruh urin dari kandung kemih.
  • Memakai alat kontrasepsi seperti kondom atau diafragma.
  • Memiliki daya tahan tubuh lemah karena kemoterapi atau penyakit.
  • Terjadi pembesaran kelenjar prostat pada pria.

Pengobatan Infeksi Saluran Kencing

Mengatasi infeksi saluran kencing tidak hanya bisa dilakukan secara medis, namun juga bisa menggunakan cara alami yang bisa anda coba di rumah untuk mengobati infeksi sistem urin seperti beberapa cara berikut ini.

  1. Minum Banyak Air Putih

Minum air putih dengan teratur setiap hari menjadi langkah awal terbaik untuk mengatasi penyakit infeksi saluran kemih. Selain itu, anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai berapa gelas aturan mengkonsumsi minuman pembersih ginjal ini setiap hari. Faktanya, 8 sampai 10 gelas air putih per hari memang sangat membantu untuk menghilangkan bakteri bersama dengan urin yang dikeluarkan. Namun jika anda memiliki penyakit batu ginjal, maka sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter mengenai banyak air putih yang harus diminum. Selain itu, kurangi juga minuman yang berwarna serta mengandung kafein seperti soda, teh dan kopi karena bisa memperburuk infeksi saluran kencing yang sedang diderita.

  1. Hindari Menahan Buang Air Kecil

Hal yang harus dihindari adalah menahan buang air kecil dan lakukan cara mengosongkan kandung kemih yang benar sebab ini bisa membuat bakteri semakin berkembang di dalam kandung kemih. Selain itu, usahakan juga untuk selalu buang air kecil sesudah berhubungan seksual untuk mengurangi risiko bakteri yang masuk ke saluran kencing.

  1. Konsumsi Vitamin C

Meski penderita infeksi saluran kencing atau radang kandung kemih memang tidak disarankan untuk minum minuman seperti jeruk, akan tetapi anda juga bisa mendapatkan sumber vitamin C dari buah berwarna hijau atau tomat. Pada saat anda mengkonsumsi vitamin C, maka urin akan menjadi asam dan sangat baik untuk mengurangi bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

  1. Pakai Kompres Panas

Bantal kompres panas bisa anda temukan di toko kesehatan yang bisa dipakai untuk meringankan rasa perih dan sakit di area kandung kemih. Namun untuk menggunakan kompres panas ini tidak disarankan langsung mengenai kulit akan tetapi gunakan kain sebagai pemisahnya. Pakai kompres panas ini selama 15 menit dan jangan terlalu lama untuk menghindari sensasi terbakar.

  1. Kenakan Pakaian Nyaman

Selalu menggunakan pakaian yang nyaman akan membantu kulit untuk bernafas seperti contohnya celana yang longgar dan bukan jeans, celana katun, baju yang longgar dan sebagainya. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menghindari area lembab sehingga jumlah bakteri juga bisa berkurang. 

Sponsors Link

  1. Jaga Kebersihan Kandung Kemih

Untuk mengatasi infeksi kandung kemih dan kandung kemih bermasalah selanjutnya bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan sanitasi yang digunakan. Pastikan anda tidak memakai spray atau sabun pembersih kewanitaan dan sebaiknya bilas area genital dari arah depan ke belakang kemudian dikeringkan. Ini sangat disarankan agar bisa menghindari kuman berpindah ke saluran kencing. Sedangkan ketika mandi, sebaiknya gunakan shower dibandingkan berendam di bathtub dan pakai juga sabung yang bebas pewangi.

  1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Sebaiknya, perhatikan pola hidup sehat seperti lebih sering mengkonsumsi buah dan juga sayuran. Perbanyak juga minum air putih yang juga menjadi minuman yang baik untuk ginjal dibandingkan minuman yang memiliki rasa seperti minuman kemasan atau jus. Selain itu, pastikan juga anda tidak atau berhenti merokok dan selalu menjaga kebersihan pakaian yang semuanya ini sangat penting dilakukan untuk mengatasi infeksi saluran kencing yang sedang anda derita.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan