Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Infeksi Ginjal Alami dan Medis

Sponsors Link

Ginjal memiliki beberapa fungsi, namun kegunaan utamanya adalah menyaring cairan di dalam tubuh. Ginjal akan membuang limbah sambil mempertahankan kadar mineral fluida seperti kalium, natrium, fosfat dan kalsium. Infeksi ginjal kiri dan kanan yang disebut juga dengan pielonefritis biasanya akan berawal dari saluran kemih dan menjalar ke uretra ke ginjal. Ini merupakan kondisi serius yang bisa menimbulkan rasa menyakitkan. Ketika anda mencurigai terkena infeksi ginjal, maka sebaiknya segera diobati seperti cara mengatasi infeksi ginjal secara alami dan medis yang kami berikan berikut ini.

ads
  1. Minum Air Sebanyak Mungkin

Sebelum penyakit infeksi ginjal semakin berbahaya dan harus diobati dengan antibiotik, maka ada banyak cara mengatasi infeksi ginjal lain yang bisa anda lakukan untuk membantu proses penyembuhan seperti minum banyak air yang bisa membantu mengeluarkan bakteri penyebab infeksi.

  • Hindari kopi dan juga alkohol karena bisa mengiritasi kandung kemih dan menyebabkan dehidrasi.
  • Konsumsi jus cranberry yang sudah terbukti bisa mencegah infeksi ginjal.
  1. Istirahat Cukup

Ciri ciri infeksi ginjal bisa membuat tubuh menjadi tegang sehingga anda harus mempertahankan energi untuk pemulihan sebanyak mungkin. Untuk mendapatkan energi pemulihan yang lebih banyak, maka anda harus istirahat cukup dan imbangi dengan makan porsi kecil namun sering dan pastikan semua makanan tersebut bergizi.

  1. Atasi Rasa Sakit

Anda bisa memakai bantal pemanas di samping dan punggung anda sebagai cara mencegah penyakit infeksi ginjal. Panas yang dihasilkan bisa mengurangi meski tidak menghilangkan rasa sakit sepenuhnya. Meski bukan cara yang alami, namun pereda nyeri OTC dan juga pereda demam seperti acetaminophen bisa mengontrol gejala infeksi ginjal dengan efektif.

  1. Perhatikan Gejala

Anda harus mencurigai terkena infeksi ginjal jika mengalami beberapa gejala seperti nyeri pada pangkal paha dan panggul serta punggung, demam, sakit perut, sering buang air kecil, nyeri saat buang air kecil, nanah atau darah dalam urin yang disebut hematuria dan air kencing yang berbau serta keruh. Jika beberapa gejala tersebut anda alami, maka segera periksakan diri anda ke dokter.

  1. Hubungi Dokter

Apabila anda memiliki gejala dan penyebab infeksi ginjal, maka segera temui dokter secepatnya. Infeksi ginjal bisa sangat merusak ginjal dan dapat menyebar ke seluruh tubuh. Infeksi ginjal bisa sangat serius sehingga tidak bisa diperlakukan dengan sembarangan dan bahkan terkadang juga membutuhkan rawat inap.

  1. Dapatkan Diagnosis

Infeksi ginjal harus didiagnosis oleh dokter dengan kombinasi simptomalogi dan juga urinalisis selain juga harus menghindari pantangan makanan infeksi ginjal. Ini mengartikan jika dokter akan menanyakan tentang semua gejala yang anda alami dan anda juga harus memberikan sampel urin jika dokter memang mencurigai infeksi ginjal. Beberapa tes lain seperti sinar X atau ultrasound juga terkadang dibutuhkan untuk memperoleh diagnosis lebih pasti.

  1. Ikuti Saran Perawatan Dokter

Infeksi ginjal umumnya bisa diatasi dengan antibiotik seperti ciprofloxacin atau levofloxacin. Sedangkan beberapa antibiotik lain juga mungkin dibutuhkan apabila anda tidak merespon dengan baik pada obat yang diberikan sejak awal. Untuk itu, patuhilah semua saran perawatan dari dokter dan sesuaikan jadwal serta dosis obat sesuai dengan anjuran dokter supaya infeksi ginjal bisa lebih cepat sembuh selain juga harus menghindari makanan penyebab infeksi ginjal.

  1. Minum Jus Lidah Buaya

Lectin adalah zat yang terkandung di dalam lidah buaya yang bisa merangsang produksi makrofag yakni sel yang bertanggung jawab untuk melawan berbagai benda asing. Ini sangat membantu untuk mengatasi penyebab dari infeksi ginjal dan saluran kemih dengan cara yang mudah sekaligus aman. Lidah buaya bisa anda beli dalam bentuk jus yang disarankan dikonsumsi sebanyak 50 ml jus lidah buaya per hari. 

Sponsors Link

  1. Makan Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai antibiotik alami yang memiliki bahan aktif bernama allicin dengan kemampuan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan merangsang aktivitas sejenis sel darah putih bernama makrofag penyebab infeksi ginjal. Untuk hasil terbaik, anda bisa mengkonsumsi bawang putih setiap 4 jam sebagai salah satu cara menyembuhkan infeksi ginjal secara alami.

  1. Minum Teh Peppermint

Teh peppermint mengandung derivat fenol yang disebut dengan phenolic yang merusak membran plasma mengandung lipid bakteri. Hal ini nantinya akan menyebabkan kebocoran isi seluler dari bakteri dan tanpa kandungan seluler tersebut, akhirnya bakteri penyebab tidak dapat bertahan hidup sehingga mati.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan