Sponsors Link

9 Cara Mengatasi Gejala ISK Anak dan Remaja

Sponsors Link

Penyakit infeksi saluran kemih, infeksi sistem  urine atau ISK merupakan penyakit yang biasa terjadi pada anak anak. Infeksi tersebut bisa menimbulkan rasa sakit serta iritasi sehingga harus segera diatasi ketika gejalanya mulai muncul. Obat obatan, perawatan alami dan juga perubahan gaya hidup bisa sangat membantu untuk menyembuhkan dan juga mencegah infeksi jika terjadi kembali di kemudian hari. Berikut ini kami punya beberapa cara untuk mengatasi gejala ISK anak dan remaja yang bisa anda lakukan.

ads
  1. Gunakan Antibiotik

Cara pertama untuk mengatasi gejala ISK anak dan remaja adalah berkonsultasi dengan dokter mengenai pemakaian antibiotik. Jika yang terjadi adalah ISK standar seperti infeksi pada saluran kemih bagian bawah dan kandung kemih serta tidak berulang, maka antibiotik bisa diberikan untuk mengatasi infeksi tersebut. Perawatan standar penyakit infeksi saluran kemih atau ISK adalah dengan pemberian antibiotik oral selama 4 hari meski terkadang juga bisa digunakan lebih dari 4 hari tergantung dari jenis antibiotik yang diberikan.

  1. Berikan Yogurt

Yogurt mengandung probiotik yang bisa membantu untuk melawan bakteri jahat penyebab ISK atau infeksi kandung kemih. Probiotik mengandung bakteri baik lactobacillus yang dalam beberapa penelitian terbukti bisa menurunkan tingkat kekambuhan ISK pada anak, remaja dan juga orang dewasa. Berikan yogurt plain setiap hari untuk membantu sekaligus mencegah ISK.

  1. Berikan Cranberry

Cranberry adalah buah yang tidak hanya nikmat namun juga bisa menurunkan risiko ISK serta masalah kandung kemih pria yang bahkan sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian medis. Dalam cranberry mengandung beberapa senyawa yang bisa memberikan efek antibakteri. Minum setidaknya 240 ml sari buah cranberry setiap hari. Jika anak anak atau remaja tidak menyukai sari buah cranberry, maka bisa diberikan ekstrak buahnya dalam bentuk tablet.

  1. Konsumsi Nanas

Buah nanas secara alami memiliki campuran enzim bromelain yang bisa menghancurkan protein pemicu inflamasi. Bersama dengan enzim serupa yakni tripsin, bromelain bisa sangat efektif untuk meningkatkan efek antibiotik dalam pengobatan ISK dan ciri ciri kandung kemih bermasalah lainnya. Dalam penelitian juga sudah dibuktikan jika efek buah nanas juga sangat baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

  1. Hindari Pemberian Kafein

Pastikan anda tidak memberikan kafein pada anak anak karena bisa menstimulasi kandung kemih yang akhirnya membuat rasa haus dan kandung kemih cepat penuh sehingga memicu ingin kencing sering terjadi. Kafein juga bisa mengurangi kapasitas kandung kemih dalam menampung urine. Kafein juga bisa memperburuk dua gejala ISK yakni dorongan dan frekuensi buang air kecil. Untuk itulah, jangan berikan kafein pada anak dan remaja yang menderita ISK bahkan sebaiknya tetap tidak diberikan meski tidak menderita ISK.

  1. Gunakan Celana Dalam Katun

Penderita ISK khususnya ISK kambuhan sebaiknya diberikan celana dalam berbahan katun sehingga bisa memungkinkan udara bisa berjalan dengan lancar.

  1. Jaga Kebersihan Tubuh

Ajarkan pada anak anak tentang cara membersihkan tubuh khususnya area bokong. Anak anak harus mengetahui dengan baik bagaimana cara membersihkan bokong dan alat kelamin ketika mereka mandi. Untuk anak perempuan, ajarkan ia untuk membasuh dari arah depan ke belakang agar bisa terhindar dari infeksi seperti kandung kemih bengkak. Untuk perempuan, bakteri dari kolon sangat mudah menyerang area sekitar vagina dan juga uretra. Dari uretra tersebut, bakteri hanya butuh masuk sedikit ke dalam kandung kemih dan infeksi terjadi. 

Sponsors Link

  1. Hindari Berendam

Jangan biarkan anak anak dan juga remaja untuk mandi berendam apabila bermasalah dengan ISK. Hal ini disebabkan karena air rendaman bisa terkontaminasi bakteri dari bagian tubuh lainnya dengan sangat cepat. Sebaiknya, pastikan anak anak mandi menggunakan pancuran dibandingkan berendam khususnya jika bermasalah dengan ISK kambuhan. Hindari juga penggunaan cairan sabun mandi yang juga bisa mengiritasi area sekitar uretra dan bisa meningkatkan risiko ISK serta radang kandung kemih.

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan Anak

Bantu juga untuk memenuhi kebutuhan cairan anak sekaligus ajarkan juga agar mereka tidak menahan urine saat ingin buang air kecil. Mengosongkan kandung kemih secara teratur sangat membantu untuk terbebas dari bakteri jahat. Buang air kecil dengan teratur juga bisa mengeluarkan bakteri jahat yang berusaha masuk ke dalam kandung kemih.

Sponsors Link
>
, , ,