Sponsors Link

Mengapa Gagal Ginjal Menyebabkan Hipertensi ? Ini Penjelasannya

Sponsors Link

Ada beberapa jenis penyakit yang menyerang ginjal. Dan salah satu yang cukup sering dibahas adalah gagal ginjal. Gagal ginjal dan hipertensi memang selalu memiliki hubungan yang erat. Hubungan Gagal Ginjal Kronis dengan Hipertensi yang banyak diketahui adalah hipertensi yang bisa menyebabkan gagal ginjal. Namun ternyata gagal ginjal pun bisa menyebabkan gangguan hipertensi pada pasien. Lalu, mengapa gagal ginjal menyebabkan hipertensi? Berikut beberapa penjelasannya.

ads
  • Kerusakan ginjal memicu naiknya tekanan darah

Pada dasarnya gagal ginjal memang sering terjadi pada pasien yang memiliki riwayat hipertensi. Namun jika ginjal mengalami kerusakan, ginjal pun bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Hal inilah yang disebut sebagai Hipertensi Sekunder, dimana tekanan darah tinggi karena adanya gangguan pada metabolisme tubuh.

Mengapa gagal ginjal menyebabkan hipertensi adalah karena pengaruh hormon pada tubuh. Ketika ginjal mengalami kerusakan, maka hormon renin dalam darah akan mengalami peningkatan. Dan hormon ini sendiri merangsang tekanan darah menjadi naik. Kenaikan tekanan darah ini pun akan berlangshng secara signifikan.

Selain karena peningkatan hormon renin, peningkatan tekanan darah pada pasien gagal ginjal juga bisa terjadi karena ginjal yang juga membantu dalam keseimbangan elektrolit tubuh menjadi tidak lagi bisa menjalankan tugas tersebut. Sehingga keseimbangan air dan garam pada tubuh tidak bisa terjaga lagi. Dan jika hal ini terjadi, maka akan berimbas juga pada tekanan darah yang menjadi tinggi.

  • Penumpukan cairan pada tubuh menyebabkan tekanan darah naik

Gagal ginjal juga menyebabkan pengeluaran limbah dari tubuh tidak berjalan maksimal. Akibatnya, urine yang tidak keluar secara maksimal bisa menjadi penyebab penumpukan cairan pada tubuh. Dalam istilah medis, penumpukan cairan ini disebut dengan edema. Edema akan menyebabkan cairan beserta zat limbah menumpuk di tubuh sehingga beberapa bagian tubuh akan membengkak karena cairan tersebut. Itulah mengapa pasien Gagal Ginjal Tidak Boleh Banyak Minum, karena jika banyak minum akan memperburuk edema yang ada.

Jika edema atau penumpukan cairan ini tidak segera diatasi dengan cuci darah maupun dengan obat diuretik, maka cairan dalam tubuh akan menyebabkan tekanan darah menjadi naik dengan cepat. Dan jika tekanan darah sudah sangat tinggi, maka hal ini akan semakin memperburuk keadaan dan memperburuk gejala dari gagal ginjal itu sendiri.

Itulah beberapa alasan mengapa gagal ginjal menyebabkan hipertensi ata tekanan darah tinggi. Bisa dikatakan bahwa gagal ginjal dengan tekanan darah memang berhubungan dengan erat. Selain riwayat hipertensi yang bisa menyebabkan gagal ginjal, gagal ginjal itu sendiri pun juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Sehingga perawatan pada pasien gagal ginjal tetap perlu untuk dilakukan dan tidak bisa dihentikan.

Sponsors Link

Salah satu perawatan pasien gagal ginjal untuk mencegah semakin parahnya gejala dan komplikasi adalah cuci darah atau dialisis. Macam Macam Cuci Darah atau proses dialisis itu sendiri memang tidak bisa menyembuhkan gagal ginjal. Namun cuci darah akan membantu meningkatkan harapan hidup dan kualitas hidup dari pasien gagal ginjal itu sendiri.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai mengapa gagal ginjal menyebabkan hipertensi yang perlu diketahui. Ketahui juga Macam Macam Penyakit Ginjal Bawaan yang bisa terjadi kepada anak. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,