Sponsors Link

Mengapa Gagal Ginjal Menyebabkan Anemia ? Ini Penjelasannya

Sponsors Link

Gagal ginjal merupakan penyakit pada ginjal yang ditandai dengan menurunnya fungsi ginjal sehingga proses ekskresi terganggu. Gagal ginjal kronis seringkali disebabkan oleh hipertensi atau diabetes. Selain menjadi penyebab dari tidak lancarnya organ ekskresi dalam mengeluarkan limbah, gagal ginjal juga seringkali menjadi penyebab dari anemia pada tubuh karena memang Hubungan Anemia dengan Ginjal sangat erat. Tubuh akan menjadi lemas, pucat, dan menunjukkan gejala lain yang khas dengan anemia. Lalu sebenarnya mengapa gagal ginjal menyebabkan anemia?

ads

Anemia pada Gagal Ginjal

Sebelum mengetahui penyebab dari mengapa gagal ginjal menyebabkan anemia, ada baiknya mengetahui dulu sekilas tentang anemia yang terjadi pada gagal ginjal. Anemia itu sendiri biasa terjadi pada pasien Gagal Ginjal Kronis, terutama yang memiliki fungsi ginjal normal hanya 20 persen hingga 50 persen. Sehingga, jika gejala anemia sudah muncul pada pasien gagal ginjal, itu berarti fungsi ginjalnya maksimal hanya tinggal 50 persen saja.

Apa yang menyebabkan anemia pada gagal ginjal kronis?

Berikut beberapa penyebab anemia pada pasien gagal ginjal.

  • Penurunan fungsi ginjal

Munculnya anemia pada pasien gagal ginjal tergantung dari fungsi ginjal itu sendiri. Fisiologi Ginjal yang normal akan menghasilkan EPO yang merupakan sebuah hormon yang berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah di sumsum tulang. Jika ginjal fungsinya hanya tinggal 50 persen atau bahkan kurang dari itu, maka hormon EPO pun tidak akan dihasilkan secara maksimal. Akibatnya, produksi sel darah merah akan berkurang di sumsum tulang. Sehingga dengan demikian, gejala anemia akan mulai terlihat.

  • Hemodialisis

Cuci darah atau hemodialisis adalah salah satu terapi yang umum dilakukan pada pasien gagal ginjal, terutama pada pasien Gagal Ginjal Stadium 5 yang fungsi ginjalnya sudah semakin sedikit. Proses Hemodialisis ini sedikit banyak akan menyebabkan kehilangan darah. Dan jika kehilangan darah pada proses cuci darah berlangsung lama, maka bisa jadi menyebabkan anemia.

  • Rendah nutrisi

Anemia pada gagal ginjal juga bisa disebabkan oleh rendahnya nutrisi dari makanan yang dikonsumasi. Beberapa nutrisi penting yang perlu dikonsumsi agar mencegah atau mengatasi anemia antara lain zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Beberapa nutrisi di tersebut berguna untuk membantu pembuatan hemoglobin, dan membantu membawa oksigen ke dalam sel darah. Sehingga anemia bisa diperingan gejalanya dengan mengonsumsi makanan yangbtinggi asam folat, zat besi, dan juga vitamin B12.

Sponsors Link

  • Masalah lain

Pada dasarnya anemia juga bisa terjadi, bahkan menciptakan gejala yang parah pada pasien gagal ginjal yang juga memiliki permasalahan lain dalam tubuhnya, seperti misalnya jika ada masalah dengan sumsum tulang sehingga proses pembentukan sel darah merah tidak berjalan lancar. Atau jika ada masalah inflamasi yang menyebabkan pasien mengalami pendarahan sehingga darah banyak yang terbuang. Juga jika terjadi pada kasus infeksi kronis atau infeksi berkepanjangan seperti kasus ulkus diabetik.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai mengapa gagal ginjal menyebabkan anemia yang perlu diketahui. Anemia memang merupakan salah satu ciri penderita gagal ginjal, karena ginjal memang berhubungan dengan darah. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,