Sponsors Link

Mendiagnosa Infeksi Ginjal – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Karena ginjal merupakan organ yang sangat penting di dalam tubuh, maka kesehatannya pun wajib dijaga. Tidak hanya itu, kita juga harus waspada dengan penyakit ginjal yang mungkin menyerang. Penyakit ginjal biasanya diawali dengan adanya gangguan ginjal terlebih dulu, seperti fungsi ginjal yang mulai menurun dan ginjal yang tidak bisa bekerja dengan maksimal lagi.

ads

Salah satu kondisi yang menunjukkan tanda tanda ginjal mulai rusak adalah ginjal bernanah. Ginjal bernanah adalah indikasi bahwa harus segera dilakukan tindakan medis yang tepat untuk mencegah ginjal rusak. Jika tidak segera diobati, hal tersebut akan sangat berbahaya bagi penderitanya.

Namun sebelumnya, perlu kita pahami tentang Mendiagnosa Infeksi Ginjal agar kita tahu bagaimana cara mengatasi dan langkah pencegahan yang paling tepat. Jika sampai muncul nanah pada ginjal, maka penyebabnya pun juga bukan sesuatu yang main main. Apabila kita sudah memahami penyebab ginjal bernanah dengan sempurna, maka kita dapat mencegah penyakit ginjal yang lebih parah lagi.

Mendiagnosa Infeksi Ginjal seperti mengenali apasaja penyebab, gejala dan pengobatan serta pencegahan yang wajib di ketahui.

Penyebab Ginjal Bernanah

Ginjal bernanah muncul bukan karena tidak ada penyebab. Agar bisa mengantisipasi dengan baik dan tahu cara mengatasi yang tepat, inilah Mendiagnosa Infeksi Ginjal yang wajib untuk diketahui:

1. Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal dalam istilah medis disebut dengan pielonefritis. Ini terjadi karena adanya bakteri yang bergerak dari kandung kemih naik ke ginjal. Gejala umum yang dirasakan adalah rasa tidak nyaman saat buang air kecil dan selalu terasa nyeri. Infeksi ginjal biasanya terjadi sebagai hasil komplikasi dari infeksi saluran kemih. Penyebabnya adalah bakteri E.coli yang masuk dari alat kemaluan lalu menyebar hingga sistem kemih. Atau bisa juga disebabkan oleh virus yang menyebar melalui aliran darah. Infeksi ginjal kiri atau kanan bisa terjadi pada siapa saja. Namun infeksi ginjal bisa sembuh total jika ditangani dengan baik.

2. Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal merupakan kondisi ketika ditemukan material keras yang menggumpal seperti batu di dalam ginjal. Batu ini terbentuk dari endapan zat oksalat yang ada di ginjal. Inilah mengapa konsumsi makanan dan minuman yang memicu terbentuknya zat oksalat di dalam ginjal menjadi penyebab utama batu ginjal. Minuman dengan kadar kafein yang tinggi seperti teh dan kopi jika dikonsumsi secara berlebihan akan memicu pembentukan batu ginjal dan menyebabkan penyakit ginjal yang lebih parah seperti penyumbatan pada saluran kemih. Hal ini karena batu ginjal dapat berpindah dari dalam ginjal bergerak hingga saluran kemih. Dalam pergerakannya, batu ginjal bisa menggores dinding ginjal dan saluran kemih sehingga menyebabkan pendarahan.

3. Luka Pada Ginjal

Luka yang ada pada ginjal bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah karena penyebaran bakteri, luka benturan dari luar, dan masalah lain yang mengakibatkan ginjal mengalami luka atau cedera. Luka ini lama kelamaan akan membusuk dan bernanah. Selain itu, jika luka ini dibiarkan saja akan membuat kondisi ginjal lebih parah dan menuju pada kondisi gagal ginjal kronis. Atasi luka pada ginjal dengan pengobatan secara medis atau dengan menggunakan obat herbal agar tidak menjadi penyebab ginjal bernanah.

Sponsors Link

Cara Mengatasi

Agar tidak memicu munculnya penyakit ginjal yang lebih parah lagi, kondisi ginjal bernanah harus segera diatasi dengan cara seperti berikut:

  • Antibiotik. Antibiotik adalah jenis obat gangguan ginjal yang ampuh untuk membunuh bakteri. Jenis obat yang banyak diberikan biasanya adalah amoxicillin. Namun pada wanita hamil biasanya diberikan cephalexin yang dosisnya lebih rendah. Meski keduanya adalah obat infeksi ginjal di apotik yang mudah ditemukan, jangan meminumnya tanpa pengawasan dokter.
  • Periksa ke dokter. Jika gejala ginjal bernanah sudah mulai terasa, seperti rasa nyeri setiap buang air kecil, segera periksakan diri ke dokter. Mintalah diagnosis yang lengkap untuk Mendiagnosa Infeksi Ginjal dan cara penanganan yang tepat. Jika segera diatasi, ginjal bernanah bisa cepat sembuh.
Sponsors Link

Pencegahan

  • Makan makanan yang sehat. Memakan makanan yang sehat akan sangat membantu ginjal untuk bisa menjalankan fungsinya dengan sangat baik. Karena ginjal harus menyaring berbagai racun dan kotoran setiap hari, maka di dalam ginjal akan terjadi penumpukan kotoran. Makan makanan pencuci ginjal untuk membantu ginjal mengeluarkan semua kotoran tersebut melalui urine.
  • Minum air putih. Air putih adalah obat dari segala penyakit. Dengan meminum air putih, tubuh akan memiliki cairan yang cukup untuk bisa beraktivitas. Selain itu air putih membantu organ orang yang ada di dalam tubuh untuk bisa bekerja dengan baik dan lancar. Hindari bahaya kurang minum air putih yaitu dehidrasi yang parah. Saat tubuh mengalami dehidrasi, metabolisme di dalamnya akan terganggu dan menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit.

Itu dia penjelasan tentang Mendiagnosa Infeksi Ginjal, beserta dengan cara mengatasi dan langkah pencegahan yang tepat. Ginjal yang bernanah menunjukkan bahwa organ ginjal telah mengalami masalah dan penyakit yang berlarut. Saat ginjal masih sehat dan belum terkena penyakit, lakukan cara merawat ginjal agar tetap sehat yang terbaik yang bisa dilakukan. Jika ginjal sampai bermasalah, maka akan sulit mengembalikan fungsinya seperti sedia kala.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :