Sponsors Link

6 Cara Tepat Mencegah Penyakit Ginjal Penderita Hipertensi

Sponsors Link

Mencegah penyakit ginjal penderita hipertensi sangat penting dilakukan sebab penderita tekanan darah tinggi memang sangat rentang dengan macam macam penyakit ginjal. Ginjal dan peredaran darah memiliki hubungan antara satu dengan yang lain. Ada banyak masalah ginjal yang bisa ditimbulkan karena hipertensi seperti bisa merusak arteri ginjal, merusak arteri di penyaring darah menuju ginjal bernama arteri nefron dan juga gangguan pengaturan tekanan darah. Cara terbaik untuk mencegah penyakit ginjal penderita hipertensi tentunya harus dilakukan dengan menurunkan tekanan darah agar stabil sebab penderita penyakit ginjal diharuskan menjaga tekanan darah di bawah 140/90. Sedangkan untuk beberapa langkah terbaik untuk mencegah penyakit ginjal penderita hipertensi bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini.

ads
  1. Obat Obatan

Obat penurun tekanan darah bisa dikonsumsi untuk menunda perkembangan ciri ciri penyakit ginjal. 2 jenis obat penurun tekanan darah yang bisa dikonsumsi adalah Angiotensin Converting Enzyme [ACE] dan juga Angiotensin Receptor Blockers [ARBs] yang keduanya sudah terbukti bisa menghambat perkembangan penyakit hinjal secara ampuh. Pasien biasanya akan membutuhkan 2 jenis obat ini atau bahkan lebih agar tekanan darah bisa terkontrol.

Selain dua jenis obat tersebut, obat diuretik yakni obat yang bisa membantu ginjal dalam menyaring darah kemungkinan juga akan diberikan dan juga beberapa obat lain seperti calcium channel blockers, beta blockers dan lain sebagainya.

  1. Mengkonsumsi Beberapa Jenis Makanan

Beberapa jenis makanan juga sangat membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Seseorang yang menderita hipertensi biasanya disarankan untuk mengikuti pola makan DASH dimana diet tersebut lebih mengutamakan konsumsi buah, sayuran, gandum dan makanan sehat lain untuk jantung sekaligus tidak banyak mengandung sodium yang biasa ditemukan dalam garam yang penting dilakukan untuk mencegah ginjal rusak. Untuk aturan makan DASH selengkapnya bisa dilihat berikut ini.

  • Konsumsi produk susu bebas lemak, makanan berbahan dasar susu, ayam, kacang kacangan dan juga ikan.
  • Mengkonsumsi makanan yang rendah kolesterol dan lemak.
  • Disarankan untuk tidak mengkonsumsi daging merah, makanan manis serta minuman mengandung gula.
  • Mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi, serat dan protein.

Selain itu, seseorang yang sudah mengidap gangguan ginjal kemungkinan juga direkomendasikan untuk melakukan diet DASH tersebut. Dengan menghindari sodium dan cairan, maka risiko edema atau pembengkakan bisa dikurangi. Sedangkan mengurangi makanan berlemak dan kolesterol akan mengontrol lemak dalam darah.

  1. Meningkatkan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik sangat baik dilakukan untuk menurunkan tekanan darah sekaligus menurunkan risiko tanda tanda ginjal rusak. Biasanya, seseorang diharuskan beraktivitas fisik antara 30 hingga 60 menit per hari yang bisa dilakukan sekaligus atau dibagi menjadi beberapa sesi masing masing 10 menit. Sedangkan untuk jenis aktivitas baik yang bisa dilakukan adalah bersepeda, menari, jalan cepat, membersihkan rumah dan lain sebagainya. 

Sponsors Link

  1. Menjaga Berat Badan

Penderita hipertensi yang juga mengalami obesitas sangat disarankan untuk menurunkan berat badan antara 7 hingga 10% pada tahun pertama memulai pengobatan yang bertujuan untuk menurunkan tekanan darah. Dengan berat badan yang berkurang, maka masalah kesehatan yang berkaitan dengan hipertensi seperti gejala awal penyakit ginjal juga bisa diminimalisir. Seseorang bisa dikatakan obesitas apabila indeks massa tubuh atau IMT berada antara skala 25 hingga 29. IMT sendiri merupakan pengukuran skala berat badan yang akan dikaitkan dengan tinggi badan. Apabila IMT sudah lebih dari 30, maka bisa dikatakan obesitas. Sedangkan untuk IMT kurang dari 25, maka bisa dikatakan berat badan ideal yang tentu bisa menjaga tekanan darah agar selalu stabil.

  1. Tidak Merokok

Seseorang yang memiliki kebiasaan buruk seperti merokok juga sangat disarankan untuk berhenti melakukan kebiasaan tersebut. Merokok tidak hanya bisa merusak paru paru, namun juga menyebabkan kerusakan pembuluh darah, meningkatkan risiko hipertensi dan juga penyakit akibat tekanan darah tinggi seperti ciri ciri penyakit ginjal stadium awal

Sponsors Link

  1. Hindari Stress Berlebihan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari dan mengurangi stress berlebih yang sangat penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang menderita masalah ginjal. Beberapa aktivitas yang sangat baik dilakukan untuk menghilangkan stress diantaranya adalah:

  • Yoga atau tai chi
  • Rajin olahraga
  • Melakukan meditasi
  • Mendengarkan musik
  • Lebih fokus pada hal yang bisa memberi ketenangan.

Demikian ulasan dari kami tentang beberapa cara mencegah penyakit ginjal karena hipertensi yang bisa anda lakukan mulai sekarang. Pencegahan tekanan darah tinggi menjadi jalan terbaik agar segala jenis penyakit ginjal seperti ciri ciri batu ginjal juga bisa diminimalisir. Semoga bisa bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Tips